Berbagai Efek Samping Obat Flu dari yang Ringan Sampai Berat, Tergantung Jenisnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sedang tidak semangat beraktivitas karena kena flu? Untungnya, penyakit menular ini bisa diatasi dengan beberapa obat-obatan di apotek. Namun, Anda perlu tahu bahwa obat flu juga bisa menimbulkan efek samping. Apa saja?

Efek samping obat flu yang mungkin terjadi

Flu atau influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga lansia. Gejalanya pun bervariasi, seperti demam, hidung gatal, meler atau tersumbat, tenggorokan sakit, telinga bindeng, batuk, dan tubuh terasa lemah.

Walaupun bisa diatasi dengan beberapa obat, kemungkinan efek samping juga bisa terjadi. Beberapa risiko efek samping obat flu yang mungkin muncul, antara lain:

Efek samping obat dekongestan

obat tbc

Dekongestan diresepkan sebagai obat flu untuk meredakan gejala hidung tersumbat dan telinga bindeng. Efek samping ringan dari obat flu ini adalah mengantuk, pusing, mulut dan tenggorokan terasa kering, sakit perut, sembelit, dan kesulitan untuk tidur.

Sementara efek samping berat dari dekongestan adalah perubahan mood, telinga berdenging, halusinasi, kesulitan buang air kecil, dan penglihatan kabur.

Efek samping obat acetaminophen (paracetamol)

obat sakit gigi

Acetaminophen dapat menurunkan suhu tubuh saat demam karena flu. Efek samping penggunaan obat ini sangat jarang terjadi.

Kemungkinan efek samping yang muncul akibat obat flu ini meliputi mual, sakit perut, nafsu makan menurun, dan sakit kepala.

Jika efek sampingnya berat maka akan terjadi perubahan warna urin dan feses jadi lebih gelap, ruam dan gatal pada kulit, serta jaundice.

Efek samping obat antihistamin

ibuprofen
Sumber: NBC News

Antihistamin diresepkan sebagai obat flu untuk meringankan gejala mata berair, hidung dan tenggorokan gatal, dan bersin. Kemungkinan efek samping dari penggunaan obat flu ini adalah mulut kering, pusing, mual dan muntah, mengantuk, kesulitan buang air kecil, gelisah, dan penglihatan kabur.

Yang perlu Anda perhatikan sebelum minum obat flu

Agar terhindar dari efek samping, baca dulu label yang tertera pada kemasan obat dengan teliti. Tanyakan kepada apoteker atau dokter cara aman penggunaan obat serta beri tahu riwayat kesehatan Anda, apakah Anda memiliki alergi obat atau penyakit selain flu.

Untungnya, banyak orang yang menggunakan obat flu tidak mengalami efek samping serius, sehingga dokter menilai obat ini aman digunakan. Hubungi petugas medis jika terjadi kejang atau denyut jantung tidak teratur setelah minum obat ini.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca