Nama Generik: Fenugreek

Manfaat

Untuk apa fenugreek?

Fenugreek adalah buah dari tanaman herbal digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan. Rasa dan aroma dari fenugreek menyerupai sirup maple, dan biasa digunakan untuk menutupi rasa obat yang cenderung pahit.

Umumnya, fenugreek adalah herbal yang digunakan untuk masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan, sakit perut, sembelit, dan peradangan perut (gastritis). Herbal ini juga digunakan untuk kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung seperti “pengerasan arteri” (artherosclerosis) dan tingkat darah tinggi untuk lemak tertentu termasuk kolesterol dan triglsserida.

Fenugreek juga digunakan untuk penyakit ginjal, penyakit kekurangan vitamin yang disebut beri-beri, sariawan, bisul, bronkitis, infeksi pada jaringan permukaan kulit (selulit), tuberkulosis, batuk kronis, bibir pecah-pecah, kebotakan, kanker, dan merendahkan gula darah pada penderita diabetes.

Beberapa pria menggunakan fenugreek untuk hernia, disfungsi ereksi, dan masalah pria lainnya. Wanita yang sedang menyusui terkadang menggunakan fenugreek untuk menambahkan produksi ASI.

Fenugreek terkadang digunakan sebagai tapal untuk mengobati nyeri ringan dan pembengkakan (peradangan), nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening (lymphadenitis), nyeri pada jari kaki (gout), luka, leg ulcers, dan eksim.

Akan tetapi sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang menentukan apakah fenugreek berpengaruh atau tidak pada masing-masing kondisi tersebut.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa fenugreek sepertinya memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan dan merangsang insulin. Kedua efek ini menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk fenugreek untuk orang dewasa?

Berapa dosis  yang biasa digunakan untuk fenugreek?

Fenugreek adalah tanaman yang bisa digunakan untuk diabetes dan menurunkan kolesterol. Biasanya digunakan dalam dosis 5 g/hari dari biji fenugreek atau 1 g dari ekstrak hidro-alkohol.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja fenugreek tersedia?

Fenugreek adalah tanaman herbal yang dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai kapsul, herbal mentah, bubuk fenugreek yang telah dihilangkan lemaknya, ekstrak cairan, bubuk (terbuat dari biji yang dikeringkan).

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh fenugreek?

Fenugreek dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk:

  • Reaksi hipersensitif
  • Memar, petechiae, perdarahan

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi fenugreek?

Simpan produk fenugreek dalam kemasan yang tertutup rapat jauh dari panas dan lembap. Awasi untuk reaksi hipersensitif. Jika terjadi, hentikan penggunaan herbal ini dan berikan antihistamine atau pengobatan lainnya. Urin atau air seni akan berbau seperti sirup maple.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah fenugreek?

Fenugreek adalah salah satu herbal yang cenderung tidak aman bagi kehamilan saat digunakan dalam jumlah yang lebih banyak dari yang biasa terkandung dalam makanan. Ini mungkin dapat mengakibatkan kontraksi dini. Mengonsumsi fenugreek sebelum persalinan dapat menyebabkan bau yang tidak normal pada bayi yang baru lahir, dan dapat dikira mengidap penyakit “urin sirup maple.” Tidak ada bukti dapat mengakibatkan efek jangka panjang. Fenugreek juga tidak baik digunakan pada anak-anak.

Sesorang dengan hipersensitivitas terhadap fenugreek sebaiknya tidak menggunakannya. Fenugreek dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Waspadai tanda gula darah rendah (hypoglycemia) dan awasi gula darah Anda dengan hati-hati bila Anda menderita diabetes dan menggunakan fenugreek.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi fenugreek?

Fenugreek adalah tanaman herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Pengaruh obat antikogulan seperti warfarin mungkin terjadi. Pasien yang menggunakan antikogulan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum menggunakan fenugreek; penyesuain dosis mungkin dibutuhkan.

Karena cepatnya herbal ini bergerak melalui usus dan melapisi sistem gastrointestinal, fenugreek bisa mengurangi penyerapan obat apapun jika digunakan secara bersamaan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 6, 2018 | Terakhir Diedit: April 6, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan