home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Hanya Menghangatkan, Minyak Telon Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Tak Hanya Menghangatkan, Minyak Telon Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Penggunaan minyak telon sehabis mandi memang sering dilakukan oleh orang Indonesia, terutama untuk menghangatkan bayi. Akan tetapi, minyak ini mempunyai manfaat lain selain untuk menghangatkan tubuh. Simak ulasan berikut ini seputar manfaat minyak telon baik untuk orang dewasa dan bayi.

Manfaat minyak telon yang mungkin belum Anda ketahui

Pada dasarnya, minyak telon merupakan campuran dari minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa sebagai minyak pembawa. Oleh karena itu, sifat dan manfaatnya pun tidak jauh berbeda dengan ketiga minyak tersebut, seperti:

1. Membantu melindungi dari gigitan serangga

mengatasi gigitan serangga

Campuran minyak kayu putih dengan minyak lainnya pada minyak telon membuat minyak ini memiliki aroma yang kuat. Aroma yang kuat tersebut menyebabkan serangga pun enggan mendekati Anda.

Pada tahun 2011, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak cajuput yang merupakan bahan utama dari minyak kayu putih memiliki aroma yang dapat mengusir serangga.

Maka itu, ketika Anda menggunakan minyak telon yang mengandung kayu putih, serangga pun akan enggan mendekati tubuh Anda.

2. Mengatasi masalah pernapasan

sistem pernapasan manusia

Tidak hanya untuk melindungi dari gigitan serangga, minyak telon juga punya manfaat untuk membantu mengatasi masalah pernapasan. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak kayu putih pada minyak telon bersifat dekongestan, sehingga membantu Anda meringankan gejala, seperti:

  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung beringus

Maka itu, menghirup aroma minyak telon juga dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pernapasan yang Anda alami.

3. Meringankan kejang otot

kejang otot

Jika Anda mengalami kejang otot dengan rasa sakit yang masih dapat ditoleransi, mengoleskan minyak telon ternyata dapat membantu untuk meredakan kejang tersebut.

Hal tersebut dikarenakan campuran minyak kayu putih dan adas pada minyak telon ini mempunyai efek relaksasi pada otot. Selain itu, eucalyptamint pada minyak kayu putih digunakan sebagai obat untuk mengatasi kejang otot dan radang sendi.

4. Meredakan perut kembung

Bagi Anda yang sering mengalami perut kembung, cobalah untuk mengolesi minyak telon pada perut Anda untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak adas pada minyak telon dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada perut.

Pada sebuah penelitian tahun 2016 ditemukan bahwa campuran minyak adas dan minyak yang mengandung kurkumin dapat mengurangi gejala pada penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) ringan.

Penelitian tersebut berlangsung selama 30 hari dan hampir semua peserta melaporkan bahwa perut kembung dan nyeri yang mereka rasakan membaik.

Meski minyak esensial ini sering digunakan untuk bayi, nyatanya minyak telon juga membawa manfaat untuk orang dewasadengan kondisi tertentu, seperti tergigit serangga, hidung tersumbat, atau perut kembung.

Akan tetapi, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak telon sebagai obat alternatif.

Efek samping pengunaan minyak telon

Campuran minyak kayu putih dan minyak adas ini sebenarnya sangat aman untuk digunakan. Akan tetapi, masih belum ada penelitian yang benar-benar menunjukkan batas aman manfaat penggunaan minyak telon dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, kemungkinan besar bagi beberapa orang minyak telon akan menimbulkan nyeri perut dan usus.

Manfaat minyak telon sebenarnya hampir sama dengan minyak kayu putih. Akan tetapi, karena ada campuran bahan lainnya membuat minyak telon memiliki aroma yang berbeda. Jangan lupa tanyakan kepada dokter Anda apakah kondisi Anda memungkinkan memakai minyak telon untuk penggunaan sehari-hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Curcumin And Fennel Essential Oil Improve Symptoms And Quality Of Life In Patients With Irritable Bowel Syndrome”. Vol 25, no. 2, 2016. Romanian Society Of Gastroenterology And Hepatology, doi:10.15403/jgld.2014.1121.252.ccm. Accessed 16 Aug 2019.

The health benefits of eucalyptus https://www.medicalnewstoday.com/articles/266580.php acessed Aug 16 2019. 

Fennel https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-311/fennel accessed Aug 16 2019.

Maia, Marta Ferreira, and Sarah J Moore. “Plant-based insect repellents: a review of their efficacy, development and testing.” Malaria journal vol. 10 Suppl 1,Suppl 1 S11. 15 Mar. 2011, doi:10.1186/1475-2875-10-S1-S11 acceessed Sep 13 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 07/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x