Apa itu sakit pinggang belakang?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu sakit pinggang belakang?

Sakit pinggang belakang alias low back pain adalah rasa sakit di punggung bawah dekat bokong, di atas tulang ekor. Dalam dunia kedokteran, kondisi ini lebih tepat disebut sebagai sakit punggung bawah.

Bagian belakang terdiri dari susunan tulang belakang, cakram antara vertebrata, sumsum tulang belakang (fungsi saraf), otot, dan ligamen. Otot perut membantu mendukung tulang belakang. Nah, trauma yang terjadi di daerah tersebut bisa menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa hari atau kronis.

Seberapa umumkah sakit pinggang belakang?

Sakit punggung bawah atau yang sering disebut sakit pinggang belakang termasuk salah satu penyakit yang umum. Hampir semua orang pernah mengalami kondisi ini setidaknya sekali dalam hidupnya.

Anda bisa membatasi risiko mengalami penyakit ini dengan mengurangi faktor pemicunya. Silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala sakit pinggang belakang?

Gejala sakit pinggang belakang biasanya muncul ketika punggung bagian bawah Anda cedera. Beberapa tanda khas dari kondisi ini meliputi:

  • Sensasi terbakar atau panas di pinggang bagian belakang
  • Kesemutan
  • Rasa sakit ringan atau bahkan tajam yang menyebabkan Anda tidak bisa bergerak

Tergantung pada penyebabnya, Anda mungkin mengalami rasa sakit di kaki, pinggul, atau telapak kaki. Kaki Anda juga mungkin jadi lemah. Gejala biasanya hilang setelah beberapa hari atau minggu pengobatan atau bisa juga memerlukan pengobatan kronis dan berkepanjangan.

Mungkin ada gejala lain yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tanda-tandanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan atau kekhawatiran silakan konsultasikan ke dokter Anda. Status dan kondisi bisa berbeda bagi setiap orang. Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk metode diagnosis, perawatan, dan pengobatan terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab sakit pinggang belakang?

Benturan keras di punggung bawah karena trauma atau cedera dapat menyebabkan rasa nyeri yang berlangsung selama 1 sampai 7 hari. Bahkan rasa nyeri ini bisa bersifat kronis dan berlangsung lebih lama, sekitar 3 bulan.

Penyebab sakit pinggang belakang lainnya adalah:

  • Gerakan tiba-tiba bisa menyebabkan nyeri pinggang belakang
  • Lemak
  • Postur tubuh yang buruk
  • Lemah otot dan sakit perut
  • Banyak orang sakit setelah duduk terlalu lama
  • Mencoba untuk mengambil sesuatu

Kondisi ini juga bisa terjadi dengan penyakit lain, seperti radang sendi atau fibromyalgia dan beberapa penyakit serius (tapi jarang) seperti kanker, penyakit ginjal, atau penyakit darah.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya terkena sakit pinggang belakang?

Siapa pun bisa mengalami sakit di bagian punggung bawah. Bahkan anak-anak dan remaja pun bisa mengalaminya. Namun, beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko sakit punggung bawah adalah:

Berdasarkan statistik, orang-orang dengan masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan berisiko tinggi terkena sakit pinggang, meskipun penyebab dan kaitan pastinya belum diketahui.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan sakit pinggang belakang?

Pengobatan sakit punggung bawah tergantung pada penyebab dan berapa lama sakitnya berlangsung. Jika penyakitnya disebabkan oleh cedera, dokter akan menyarankan untuk kompres dingin. Obat anti-peradangan (NSAID) dapat membantu meringkankan rasa sakit. Nyeri yang lebih parah mungkin perlu diobati menggunakan obat yang lebih kuat yang mengandung opium untuk pemakaian jangka pendek. Untuk gejala otot kejang, dokter akan meresepkan obat pelemas otot.

Namun, memang semua obat berpotensi menimbulkan efek samping. Obat antiradang dapat menyebabkan sakit perut, bisul, ruam, dan masalah hati dan ginjal. Relaksan otot dapat menyebabkan kantuk, pusing, atau ruam.

Selain itu, Anda dapat menggunakan metode fisioterapi untuk membantu mengurangi rasa sakit. Metode ini lebih efektif untuk pasien dengan nyeri lumbar kronis, kondisi pasien dapat diperbaiki berkat latihan untuk punggung bawah dan perut.

Apa tes yang umum dilakukan untuk sakit pinggang belakang?

Dokter Anda akan melakukan diagnosis dengan mengambil riwayat medis dan pemeriksaan klinis. Rontgen atau MRI dapat dilakukan jika diperlukan gambar tulang, saraf, cakram, atau daerah lain yang lebih jelas.

Dokter Anda dapat melakukan tes darah untuk mengetahui apakah rasa sakit adalah karena penyakit lain dengan gejala yang sama.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan untuk mengatasi sakit pinggang belakang?

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah yang dapat membantu Anda mengatasi sakit pinggang belakang adalah:

  • Minum obat teratur, sesuai dengan resep dokter
  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan
  • Sebaiknya latihan peregangan untuk memperkuat pinggang setiap hari
  • Jaga postur tubuh yang tepat saat duduk, berjalan, atau mengangkat beban

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 9, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 9, 2018