8 Rahasia Wanita Agar Tampil Cantik Alami, Luar dan Dalam!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 April 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Memiliki paras cantik alami tentu jadi idaman banyak orang. Anda bisa mewujudkan impian tersebut dengan melakukan beberapa langkah berikut yang tak cuma menjaga kecantikan, melainkan bisa menyehatkan tubuh juga. Penasaran apa saja?

Tips menjaga kesehatan agar penampilan Anda cantik alami

Kulit dan tubuh harus dirawat dengan baik kalau Anda mau tampil cantik alami tanpa perlu menggunakan berbagai jenis produk kecantikan. Jadi Anda tak hanya cantik dari luar, tapi juga cantik dari dalam. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mewujudkannya.

1. Banyak minum air putih

air putih obat infeksi saluran kencing alami

Minum air putih dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Pasalnya, air mengandung oksigen yang diperlukan oleh kulit Anda. Namun, bukan berarti minum air berlebih bisa jadi cara untuk menghilangkan keriput atau garis halus.

Dehidrasi (kekurangan cairan) membuat kulit Anda terlihat lebih kering dan keriput. Jadi minum air putih dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dan mencegah penuaan dini. Usahakan untuk minum 8-10 gelas air putih dalam sehari. Tidak perlu memaksakan diri untuk minum sampai berliter-liter.

Selain itu, minum air putih juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal Anda. Saat cairan tubuh tercukupi, urine akan mengalir banyak, berwarna kuning jernih, dan tidak berbau. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine menjadi lebih pekat, warna menjadi kuning pekat, dan berbau karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

2. Batasi minum alkohol atau hindari sama sekali

alkohol

Minuman beralkohol dapat merusak kulit Anda, karena dapat membuat tubuh dan kulit Anda dehidrasi. Minum minuman beralkohol yang berlebihan, misalnya lebih dari 1-2 gelas sehari dapat merusak organ hati, yang berperan dalam menghilangkan racun dalam tubuh. Sehingga racun akan bercampur dalam darah karena tidak dapat dibuang. Hal ini dapat membuat kulit Anda kurang sehat, kusam, dan berjerawat.

Selain itu, minum alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan pori-pori melebar, pembuluh darah melebar dan bisa pecah, serta pertumbuhan berlebih dari kelenjar minyak.

3. Mengangkat kulit mati

Pengangkatan atau pengelupasan sel kulit mati dikenal dengan metode exfoliation. Sel kulit mati memiliki warna yang hampir sama dengan kulit kusam. Karenanya, perlu dilakukan exfoliation untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya.

Anda bisa melakukan exfoliation di rumah dengan menggunakan body scrub atau dengan bantuan dokter kulit agar bisa mendapatkan kulit yang cantik alami.

4. Olahraga secara teratur

latihan kekuatan untuk wanita

Olahraga tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Olahraga teratur dapat membuat Anda memiliki lebih banyak energi dan tetap bugar. Sebuah penelitian melaporkan bahwa olahraga ketahanan dapat membantu melawan, bahkan membalikkan tanda-tanda penuaan seperti kebotakan, rambut beruban, dan kulit menipis serta mengeriput.

Latihan ketahanan adalah aktivitas aerobik, seperti jalan cepat, berlari atau bersepeda. Olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan. Semakin lama Anda bisa melakukan latihan aerobik, semakin kuat daya tahan yang Anda miliki.

5. Berhenti memencet jerawat

kebiasaan buruk rambut kotor penyebab jerawat

Jika Anda senang memencet atau memecahkan jerawat, stop kebiasaan ini mulai dari sekarang. Karena memencet jerawat dapat menyebabkan jaringan parut dan infeksi. Selain itu, kebiasaan ini dapat memperparah peradangan dan meningkatkan risiko munculnya bekas jerawat.

6. Bersihkan makeup sebelum tidur

berhenti pakai makeup

Pastikan wajah Anda sudah bersih dari makeup sebelum Anda tidur. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur dapat membuat pori-pori tersumbat makeup, kotoran, dan keringat yang tersisa.

Akibatnya kulit menjadi kusam dan keriput. Jika tidak dibersihkan, saat tidur riasan mata juga dapat menyebabkan iritasi mata dan rontoknya bulu mata.

7. Jangan keramas setiap hari

berhenti keramas pakai shampo

Beberapa orang mungkin merasa belum mandi jika tidak keramas. Padahal, mencuci rambut setiap hari atau terlalu sering bisa membasuh minyak alami di kulit kepala. Padahal, minyak ini sebetulnya diperlukan untuk menjaga nutrisi serta kilau alami rambut.

Maka, untuk mendapatkan rambut yang cantik alami, sebaiknya keramas setiap dua hari sekali saja. Anda juga tidak disarankan untuk memakai hair dryer atau catokan setiap hari.

8. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

memilih sunblock

Paparan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet secara berlebihan bisa merusak kulit. Gunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Oleskan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Dengan begitu, tak perlu khawatir kalau harus menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Kulit Anda tetap akan tampak cantik alami.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Cara Mengencangkan Payudara Kendur

Payudara kendur bisa disebabkan oleh penurunan dan kenaikan berat badan. Berikut cara mengencangkan payudara kendur yang dapat Anda lakukan sehari-hari.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Wanita 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Gangguan Kesehatan Penyebab Gatal di Jari Tangan

Kondisi kulit yang kering sering dikaitkan sebagai penyebab jari tangan gatal. Namun ternyata, ada beberapa penyakit yang bisa memicu rasa gatal juga.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 9 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Mendeteksi Penyakit dari Kondisi Kaki?

Mendeteksi penyakit dari kaki bisa dilihat dengan melihat kondisi luarnya serta rasa yang muncul seperti nyeri, kram, hingga mati rasa.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 4 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Apakah Benar Sering Pakai Makeup Bisa Bikin Jerawatan?

Pada beberapa orang, memakai makeup bikin jerawat makin mengganas di wajah, sementara pada yang lain tidak demikian. Apa sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Jerawat, Kesehatan Kulit 3 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

tips pendinginan setelah lari

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara membersihkan make up

Bagaimana Cara Membersihkan Make Up yang Tepat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga saat musim hujan

7 Tips Aman Berolahraga saat Musim Hujan yang Dingin dan Berangin

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
adaptogen adalah

Mengenal Khasiat Adaptogen, Zat Penangkal Stres di Dalam Tanaman Herbal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit