Waktu yang Baik untuk Maskeran, Pagi atau Malam?

    Waktu yang Baik untuk Maskeran, Pagi atau Malam?

    Salah satu tahapan yang sering dilakukan untuk merawat kecantikan wajah yaitu memakai masker. Tergantung jenisnya, masker bisa memberikan berbagai manfaat seperti mengangkat sel kulit mati atau mencerahkan kulit. Nah, tahukah Anda kapan waktu yang baik untuk maskeran?

    Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker?

    waktu terbaik untuk maskeran
    Sumber: Wish Trend

    Beberapa orang mungkin lebih senang menggunakan masker pada malam hari, terutama sebelum tidur dengan tujuan agar wajah terlihat bersinar dan lembap pada keesokan hari.

    Ada juga beberapa orang yang lebih memilih untuk memakai masker pada pagi hari sebagai salah satu tahapan untuk mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasikan make up.

    Namun, manakah sebenarnya waktu yang baik untuk maskeran? Apakah akan ada perbedaan bila Anda menggunakannya pada pagi hari atau malam hari?

    Menjawab pertanyaan ini, Dr. Gervaise Gerstner, MD, seorang ahli dermatologi, mengatakan dalam wawancaranya bersama Refinery29 bahwa menggunakan masker pada pagi hari sangatlah baik dilakukan.

    Hal tersebut terutama saat Anda akan merias wajah, perawatan ini dapat berperan sebagai primer yang menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap sehingga pengaplikasian produk make up bisa lebih mudah.

    Ahli dermatologi lainnya, Heather Woolery-Lloyd, MD, mengatakan maskeran pada pagi hari bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti kelembapan, warna kulit, atau kecerahan dengan lebih baik.

    Meski demikian, sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai kapan harus memakainya. Kecuali bila masker yang Anda pilih yaitu sleeping mask atau overnight mask yang fungsinya memang akan lebih maksimal jika dipakai saat tidur malam hari.

    Selain itu, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan ketika Anda melakukannya pada pagi atau malam hari, keduanya tetap baik untuk dilakukan.

    Sesungguhnya, langkah perawatan satu ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan Anda. Jika Anda tidak ingin kulit menjadi kering saat terbangun esok paginya, Anda bisa menggunakan masker pada malam hari.

    Akan tetapi, jika Anda takut tertidur saat masker masih menempel di wajah, lebih baik aplikasikanlah masker wajah pada pagi hari.

    Memilih masker yang sesuai dengan tipe kulit lebih penting

    waktu yang baik untuk maskeran

    Terlepas dari waktu pemakaiannya, hal paling penting dalam pemakaian produk kecantikan atau produk skincare yang satu ini sebenarnya bergantung pada jenis apa yang Anda pilih.

    Pada dasarnya, masker dibuat untuk membantu memperbaiki masalah pada kulit. Oleh karena itu, Anda juga perlu berhati-hati saat memilih produk yang akan dibeli, sebab bahan yang berbeda juga akan menghasilkan khasiat yang berbeda.

    Contohnya, Anda mungkin akan lebih cocok menggunakan clay mask atau masker arang sebagai salah satu varian dari masker alami untuk kulit berminyak. Pemakaian masker dari dua bahan itu akan membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih.

    Bagi Anda yang jenis kulitnya lebih kering, produk sheet mask bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini mengandung antioksidan yang dapat melembapkan kulit dan terkadang bisa menenangkan kulit sensitif setelah terkena paparan sinar matahari.

    Sedangkan sleeping mask dapat digunakan bila Anda ingin tetap menjaga kelembapan kulit. Beberapa produk sleeping mask juga dirancang sebagai produk anti-aging.

    Jangan lupa cuci muka sebelumnya

    Maskeran bisa memberikan manfaat yang maksimal bila Anda melakukannya dengan benar. Selain menggunakannya sesuai aturan pakai yang ada pada kemasan, pastikan juga untuk mencuci muka sebelum mulai maskeran.

    Hal tersebut penting dilakukan sebab kotoran yang masih tersisa pada wajah justru akan menimbulkan masalah seperti iritasi kulit atau jerawat bila Anda langsung menimpanya dengan masker.

    Begitu juga setelah waktu pemakaiannya selesai. Bilas wajah perlahan menggunakan air hangat dan kain lap berbahan lembut. Lalu, Anda bisa langsung melanjutkan tahapan perawatan untuk kulit yang berikutnya.

    Bila masker menimbulkan gejala seperti rasa panas pada wajah, jerawat, atau kulit yang terkelupas, hentikan pemakaian dan segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Winona Katyusha · Tanggal diperbarui 27/10/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan