backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Cara Membuat Serum Wajah Sendiri di Rumah

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 05/09/2023

Cara Membuat Serum Wajah Sendiri di Rumah

Di antara beragam produk skincare, serum wajah berfungsi penting karena konsentrasi zat aktifnya paling tinggi. Namun, Anda tidak selalu harus membeli serum dengan harga mahal. Anda bisa mencoba cara menggunakan bahan alami untuk membuat serum wajah sendiri. Bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat serum wajah sendiri di rumah

Dalam rangkaian skincare, serum biasanya diaplikasikan setelah wajah dibersihkan dan dikembalikan kelembapan aslinya dengan toner. 

Produk serum biasanya diformulasikan untuk memberikan efek perawatan yang lebih kuat dan efektif dibandingkan produk skincare lainnya.

Serum memiliki konsentrasi zat aktif yang tinggi dengan sifat molekul yang lebih mudah meresap ke lapisan terdalam kulit (dermis). Dengan begitu, serum bisa mempercepat berbagai tujuan perawatan, mulai dari mencerahkan kulit, menghambat penuaan, hingga meratakan warna kulit.

Nah, Anda juga bisa membuat serum wajah sendiri di rumah dengan bahan alami berikut ini. 

1. Air mawar

manfaat air mawar untuk kecantikan kulit

Air mawar merupakan salah satu bahan alami yang cocok untuk kulit sensitif karena air mawar merupakan bahan yang ringan di kulit.

Studi dalam jurnal Food Science and Nutrition juga menunjukkan bahwa air mawar memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi kulit kerusakan akibat radikal bebas. 

Cara membuat serum wajah dari air mawar cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 4 sendok makan air mawar dan 2 sendok teh minyak zaitun.

Kemudian, masukkan kedua bahan tersebut ke dalam botol semprot yang telah berisi air. Lalu, semprotkan ke wajah.

Selain disemprot, cara memakai serum ini bisa dengan menggunakan bantuan kapas. 

2. Teh hijau

Teh hijau (green tea) merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai serum wajah untuk kulit berminyak.

Bahan alami satu ini memiliki kandungan polifenol yang membantu mengurangi produksi minyak serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat serum dari teh hijau adalah dengan mencampurkan bubuk teh hijau ke dalam satu gelas air. Selanjutnya, rebus hingga mendidih.

Setelah dingin, Anda dapat mengaplikasikan serum wajah ini dengan kapas atau bisa juga memasukkannya ke dalam botol semprot.

3. Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai serum wajah. Hal ini karena lemon diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Penelitian dalam jurnal Nutrients mengungkapkan bahwa vitamin C mampu menstimulasi pertumbuhan kolagen dan mencerahkan kulit. 

Cara membuat serum vitamin C untuk kulit wajah dari bahan lemon adalah dengan menyiapkan satu sendok teh perasan lemon, satu sendok makan lidah buaya, dan dua sendok makan air mawar.

Aduk semua bahan di dalam mangkuk kecil. Selanjutnya, oleskan ke wajah. Tunggu beberapa saat hingga bahan meresap ke kulit. 

4. Madu

Selain menggunakan lemon, Anda bisa membuat serum sendiri di rumah dengan memanfaatkan madu.

Madu diketahui mampu meredakan peradangan pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, madu cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Cara membuat serum dari madu pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis.

Campur kedua bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan ke wajah Anda. Pijat kulit dengan lembut hingga bahan meresap sempurna ke dalam kulit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan pelembab alami yang mampu untuk mengatasi kulit kering. Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan senyawa asam oleat serta linoleat.

Kedua senyawa tersebut meningkatkan kelembapan di kulit dan mencegah kulit dehidrasi. 

Sebagai cara membuat serum wajah dari minyak zaitun, Anda dapat menyiapkan satu sendok teh minyak zaitun, satu sendok makan air mawar secukupnya.

Masukkan semua bahan di dalam mangkuk kecil dan aduk hingga merata. Oleskan serum pada wajah Anda untuk membantu melembapkan kulit.

6. Lidah buaya

manfaat lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya cocok digunakan untuk kulit kering karena bahan ini dikenal mampu untuk menghidrasi kulit sekaligus mengunci kelembapan kulit. 

Selain itu, bahan alami yang satu ini juga mampu meredakan peradangan pada kulit.

Cara membuat serum dari lidah buaya juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan dua sendok makan gel lidah buaya dan air mawar secukupnya.

Campurkan kedua bahan dan aplikasikan pada kulit wajah Anda. Tunggu selama sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa merubahan bahan alami yang bisa digunakan sebagai serum untuk kulit sensitif. Hal ini karena minyak kelapa bersifat antioksidan serta anti-inflamasi.

Antioksidan mampu untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Kandungan anti-inflamasi di dalam minyak kelapa meredakan peradangan dan iritasi di kulit wajah.

Cara membuat serum dari bahan alami satu ini juga cukup mudah, yaitu dengan memasukan 10 hingga 15 tetes minyak kelapa ke dalam botol semprot yang berisi air.

Setelah itu, semprotkan serum ke wajah Anda dan biarkan selama 30 menit hingga bahan meresap sempurna ke dalam kulit.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai serum wajah untuk berbaga tipe kulit.

Perlu diingat, beberapa bahan alami di atas mungkin dapat menimbulkan gejala alergi. Oleh karena itu, lakukan uji coba pada kulit Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan serum alami ini untuk merawat kulit wajah

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 05/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan