home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Membuat Serum Wajah Sendiri di Rumah

Cara Membuat Serum Wajah Sendiri di Rumah

Di antara beragam produk skincare, serum wajah termasuk salah satu yang penting. Namun, daripada harus membeli serum yang kerap dibandrol dengan harga mahal, Anda bisa mengasah kreativitas dengan membuat serum wajah sendiri di rumah!

Seberapa pentingkah produk serum?

makanan untuk menjaga kulit cantik alami

Selain rutin menggunakan produk tabir surya, pelembap, sabun cuci muka, hingga scrub, kulit juga membutuhkan hidrasi ekstra.

Penggunaan serum wajah tidak hanya akan membantu kulit lebih lembap, tapi juga menargetkan masalah kulit yang cukup spesifik. Ini dijelaskan oleh Howard Murad, MD, selaku dokter spesialis kulit dan dosen di University of California.

Mulai dari mencerahkan kulit, mempercepat proses regenerasi, menghambat penuaan, melawan noda hitam bekas jerawat, serta meratakan warna kulit merupakan beberapa fungsi serum setelah diaplikasikan pada wajah Anda.

Uniknya, sebagian besar bahan serum mengandung air yang dicampur dengan berbagai nutrisi untuk kulit. Kandungan inilah yang membuat serum berwarna jernih dengan tekstur ringan sehingga mudah diserap kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.

Jangan takut kulit akan semakin kering atau bahkan berminyak usai menggunakan serum. Sebab, sudah tersedia berbagai pilihan serum yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

Cara membuat serum wajah sendiri di rumah

mengobati bekas luka

Sebenarnya, tidak ada aturan baku mengenai bahan apa saja yang harus terkandung dalam serum buatan Anda. Akan tetapi, penting untuk menyesuaikan bahan yang akan digunakan sebagai komposisi utama serum dengan tipe kulit yang Anda miliki.

Tidak perlu bingung, Anda bisa cermati cara membuat serum wajah di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 2 sdm lidah buaya
  • 4 sdm vegetable glycerin

Selanjutnya, Anda bisa memilih komposisi bahan tambahan yang sesuai kondisi kulit Anda dengan jabaran berikut ini.

  • Untuk mencerahkan kulit, gunakan ½ sdt bubuk vitamin C.
  • Untuk meredakan kulit sensitif, gunakan 3 tetes minyak esensial bunga chamomile.
  • Untuk mencegah penuaan kulit, gunakan 3 tetes minyak esensial bunga mawar.
  • Untuk kulit bermasalah, seperti kering, berjerawat, kemerahan, gunakan 3 tetes minyak esensial bunga lavender.

Atau pilihan lainnya, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung Centella asiatica (daun pegagan). Ini merupakan bahan herbal alami yang diyakini ampuh untuk mempercepat regenerasi kulit dan menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi.

Cara pembuatan

  1. Campurkan semua bahan, lalu aduk sampai rata.
  2. Selanjutnya, pindahkan bahan tersebut ke dalam botol kaca yang telah dibersihkan sebelumnya.
  3. Sebaiknya letakkan di dalam lemari les agar daya simpannya lebih tahan lama.

Serum yang dingin biasanya dapat lebih menenangkan kulit, terutama bagi kondisi kulit yang kemerahan dan sedang mengalami peradangan.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Cara memakai serum

panduan facial wajah ala salon di rumah

Umumnya, serum digunakan di urutan awal rangkaian skincare. Atau dengan kata lain, karena tekstur serum yang mudah meresap di kulit, ia bisa dipakai sebelum produk perawatan kulit yang lebih berat, seperti krim atau produk pelembap.

Gunakan serum setiap pagi dan malam hari, khususnya sebelum Anda pakai pelembap, tabir surya, dan krim malam. Cara pakainya pun terbilang mudah, berikut panduan yang tepat.

  1. Bersihkan wajah dengan cuci muka yang benar seperti biasa, lalu lanjutkan dengan penggunaan produk toner setelah wajah kering.
  2. Saat kulit masih dalam keadaan cukup lembap usai pakai toner, tuangkan serum ke telapak tangan sebanyak 1 – 2 tetes. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher secara merata. Serum akan lebih mudah diserap ketika kulit sedang dalam kondisi lembap.
  3. Jika sudah, lanjutkan tahapan pemakaian skincare Anda seperti biasa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Truth About Facial Serums. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1 Diakses pada 1 November 2018.

All About Serum. https://www.webmd.com/beauty/features/serums#1 Diakses pada 1 November 2018.

Face Serums: Why You Need Them in Your Skin Care Regime ASAP.. https://www.huffingtonpost.ca/2017/06/05/what-are-face-serums_n_16959110.html Diakses pada 1 November 2018.

Everything You Need to Know About Face Serum, Explained. https://www.self.com/gallery/face-serum Diakses pada 1 November 2018.

DIY: At Home Skin-Care Treatments That Work. https://www.womenshealthmag.com/style/a19920621/diy-at-home-skin-care-treatments-that-work/ Diakses pada 1 November 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 2 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x