Atasi Gatal di Selangkangan dengan Obat dan Perawatan di Rumah

    Atasi Gatal di Selangkangan dengan Obat dan Perawatan di Rumah

    Gatal di selangkangan bisa sangat membuat tidak nyaman, tapi hindari terus menggaruknya sebab bisa memicu infeksi. Alih-alih menggaruk, cobalah cara mengobati gatal di selangkangan yang lebih tepat. Apa kira-kira obatnya?

    Beragam cara ampuh mengobati gatal di selangkangan

    Pada dasarnya, cara mengobati gatal di selangkangan bisa dilakukan dengan perawatan di rumah.

    Namun, jika gejalanya tak kunjung hilang selama lebih dari dua minggu, sudah saatnya Anda menggunakan obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter.

    Berikut ini cara mengobati gatal di selangkangan dengan obat-obatan.

    1. Obat kortikosteroid

    obat sakit gigi

    Obat kortikosteroid diberikan sebagai cara untuk mengobati gatal di selangkangan akibat dermatitis kontak.

    Umumnya, ada dua sediaan obat, yakni krim oles dan obat minum. Krim ini digunaan sebanyak 1–2 kali sehari selama 2–4 minggu.

    Pada kasus yang lebih parah, dokter akan memberikan obat minum untuk mengurangi peradangan, seperti prednisone.

    2. Obat antivirus

    Perlu Anda ketahui, sebenarnya gatal di selangkangan akibat herpes belum bisa disembuhkan hingga saat ini.

    Meski demikian, ada obat-obatan yang mampu mencegah atau mempersingkat masa aktif herpes di kelamin.

    Obat gatal ini juga mengurangi dan membantu gejala selangkangan gatal agar lebih cepat hilang. Beberapa obat antivirus untuk herpes kelamin, yaitu acyclovir dan valacyclovir.

    3. Minum obat antijamur

    Jika krim antijamur tak juga meredakan gatal di selangkangan akibat kurap atau intertrigo, ini bisa jadi pertanda bahwa infeksi di selangkangan Anda sudah meluas.

    Dokter biasanya akan meresepkan sejumlah obat oral untuk mengurangi gatal-gatalnya, misalnya itraconazole (Sporanox®) atau fluconazole (Diflucan®).

    Sama seperti jenis obat lainnya, obat-obatan tersebut juga memiliki efek samping yang perlu Anda perhatikan. Efek samping tersebut dapat berupa sakit perut atau sakit kepala.

    Jika Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat lain yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

    4. Sampo antikutu

    Cara mengobati gatal di selangkangan akibat kutu ternyata bisa menggunakan sampo.

    Mengutip situs Mayo Clinic, Anda bisa mengatasi kutu di kelamin menggunakan sampo yang mengandung permethrin atau pyrethrin. Gunakan produk sesuai dengan petunjuk di label. Pakai sampo selama 7–10 hari.

    Apabila masih ditemukan kutu, dokter akan memberikan losion malathion yang dioles ke selangkangan dan dibilas setelah 8–12 jam pemakaian.

    Dokter mungkin juga mempertimbangkan pemberian obat ivermectin sebanyak dua pil selama sepuluh hari.

    5. Pelembap

    Kulit yang kering biasanya memiliki skin barrier atau lapisan pelindung yang lemah. Skin barrier yang tidak kokoh membuat kulit rentan mengalami iritasi dan berujung pada infeksi.

    Untuk itu, mengoleskan pelembap adalah salah satu cara untuk memulihkan selangkangan yang gatal.

    Beberapa masalah kulit yang memerlukan hidrasi, di antaranya dermatitis dan intertrigo. Nah, jenis pelembap yang cocok, yaitu:

    6. Obat antibiotik

    Pemberian antibiotik adalah salah satu cara mengobati gatal di selangkangan bila terkena infeksi bakteri.

    Luka akibat dermatitis rentan terkena bakteri sehingga dokter mungkin akan meresepkan antibiotik berupa krim atau obat minum.

    Mengutip riset yang diterbitkan American Family Physician, dokter akan memberikan obat krim atau obat minum antibiotik untuk penderita intertrigo yang mengalami infeksi bakteri.

    Pemberian antibiotik juga berguna sebagai cara mengobati gatal di selangkangan akibat infeksi menular seksual.

    Untuk penyakit gonore, dokter akan memberikan antibiotik dengan jenis:

    Gatal akibat infeksi klamidia biasanya diobati dengan jenis antibiotik:

    7. Pakai krim antijamur

    Cara mengobati gatal di selangkangan akibat kurap dan intertrigo bisa diawali dengan penggunaan krim antijamur yang dijual bebas di pasaran.

    Obat-obatan topikal ini dapat membantu meredakan sensasi gatal di selangkangan dalam 2 sampai 4 minggu.

    Berikut adalah contoh obat-obatan topikal antijamur.

    • clotrimazole (krim Canesten AF®)
    • miconazole (Zeasorb®, Daktarin®, atau Lotrimin®)
    • ketoconazole (Nizoral®, Xolegel®, atau Extina®)
    • oxiconazole (Oxistat®)
    • terbinafine (Lamisil® atau Terbinex®)
    • krim hidrokortison

    Jika Anda bingung harus pilih krim atau losion, Anda bisa membandingkan keduanya di artikel ini.

    Perawatan di rumah untuk atasi gatal di selangkangan

    Anda bisa melakukan beberapa perawatan di bawah ini agar semakin mengurangi rasa gatal.

    1. Jangan digaruk

    Kulit lembap di sekitar selangkangan dapat membuat gatal semakin parah. Namun, pastikan Anda menahan untuk tidak menggaruknya.

    Pasalnya, menggaruk selangkangan justru menyebabkan kulit semakin iritasi, bahkan akan menimbulkan infeksi baru lainnya.

    2. Menghindari pemicu gatal

    Apabila gatal muncul akibat karena alergi, satu-satunya cara mengobati gatal di selangkangan adalah tidak bersentuhan langsung dengan bahan kimia atau bahan-bahan pemicu alergi.

    Sebagai contoh, Anda tidak memakai selimut jika Anda sensitif terhadap produk wol dan nilon.

    Gunakan celana berbahan katun untuk mengurangi risiko kambuhnya alergi di selangkangan.

    3. Pastikan alat kelamin kering dan bersih

    penyebab kutil kelamin

    Selain mengetahui cara mengobati gatal di selangkangan menggunakan obat, menjaga alat kelamin agar tetap bersih dan kering adalah hal yang sangat penting.

    Pastikan Anda selalu mengeringkan alat kelamin menggunakan handuk lembut atau tisu setelah buang air kecil atau berhubungan seksual.

    Gunakan pakaian dalam yang bersih, ganti setidaknya 2–3 kali sehari. Pilihlah celana dalam berbahan katun untuk melancarkan sirkulasi udara di area kelamin Anda.

    4. Hindari pakaian yang terlalu ketat

    Hindari memakai pakaian ketat selama beraktivitas, apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama.

    Celana ketat membuat area selangkangan dan kelamin mengalami gesekan. Hal ini akan memicu selangkangan lecet, gatal, dan memerah.

    Salah satu jenis pakaian ketat yang sebaiknya dihindari adalah pakai celana jeans. Celana jeans memiliki bahan yang keras sehingga lebih rentan menimbulkan lecet.

    Pilihlah pakaian yang agak longgar dengan bahan yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan yang membahayakan alat kelamin Anda.

    Cara mengobati gatal di selangkangan bisa dimulai dengan perawatan di rumah pada bagian kulit untuk mengurangi risiko penyakit kulit yang timbul.

    Namun, jika selangkangan Anda masih terasa sangat gatal walaupun sudah melakukan usaha seperti di atas, sebaiknya periksakan ke dokter segera. Anda bisa booking dokter spesialis kulit melalui Hello Sehat atau datang langsung ke klinik terdekat.

    Pemeriksaan fisik, seperti tes urine, membantu menemukan penyebab munculnya gatal di selangkangan dan pengobatan yang sesuai.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    What Causes Jock Itch? Causes & Home Remedies. (2021). Retrieved 22 December 2021, from https://www.emedicinehealth.com/jock_itch/article_em.htm

    Pubic lice (crabs) – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 22 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pubic-lice-crabs/diagnosis-treatment/drc-20350306

    Contact dermatitis – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 22 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/contact-dermatitis/diagnosis-treatment/drc-20352748

    Contact dermatitis | DermNet NZ. (2021). Retrieved 22 December 2021, from https://dermnetnz.org/topics/contact-dermatitis

    Janniger, C., Schwartz, R., Szepietowski, J., & Reich, A. (2005). Intertrigo and Common Secondary Skin Infections. American Family Physician, 72(5), 833-828. Retrieved from https://www.aafp.org/afp/2005/0901/p833.html

    Royal United Hospital Bath. (2021). Retrieved 23 December 2021, from https://www.ruh.nhs.uk/patients/patient_information/BRU030_Intertrigo.pdf

    Intertrigo: What Is It, Causes, Symptoms & Treatment. (2021). Retrieved 23 December 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21693-intertrigo#management-and-treatment

    STD Facts – Genital Herpes. (2021). Retrieved 23 December 2021, from https://www.cdc.gov/std/herpes/stdfact-herpes.htm

    Genital Herpes: Causes, Symptoms, Diagnosis & Treatment. (2021). Retrieved 23 December 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4248-genital-herpes-hsv-2#management-and-treatment

    Genital herpes – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 23 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes/diagnosis-treatment/drc-20356167

    Medications for Sexually Transmitted Infections. (2021). Retrieved 23 December 2021, from https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/sexually-transmitted/Pages/Medications-for-Sexually-Transmitted-Infections.aspx

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari Diperbarui Oct 03
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan