4 Tips Sukses Menyusui Buah Hati di Tempat Umum

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/10/2018
Bagikan sekarang

Memastikan bayi cukup mendapatkan ASI itu penting. Termasuk ketika Anda dan buah hati berada di tempat umum. Bila si kecil kelihatan lapar dan mulai rewel, mau tidak mau, Anda harus memberinya ASI agar ia lebih tenang. Supaya Anda bisa menyusui bayi dengan mudah di tempat umum, apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sang ibu?

Tips menyusui bayi di tempat umum

ASI adalah makanan utama bagi bayi yang masih kecil. Saat perutnya lapar, bayi yang belum bisa berbicara pasti akan memberi tahu Anda lewat tangisan. Jika Anda sedang berada di luar rumah, tentu menyusui bayi jadi sebuah tantangan.  Nah, supaya Anda tidak malu dan ribet menyusui si kecil di tempat umum, simak tipsnya berikut ini:

1. Pilih tempat yang lebih tenang

Sumber: Visit San Diego

Mungkin Anda sering melihat bayi yang cenderung rewel ketika berada di tempat ramai? Ya, ini jadi pertimbangan memilih tepat untuk memberikan ASI pada bayi. Memilih tempat yang lebih tenang membantu bayi lebih mudah diatasi saat menangis.

Bagi Anda yang belum pernah atau tidak terbiasa memberikan ASI di tempat umum, memilih tempat yang lebih sepi tentu menghindari Anda jadi pusat perhatian banyak orang yang mondar-mandir melewati Anda.

Jika Anda sedang berada di taman, pilih tempat yang aman dari paparan sinar matahari, misalnya duduk kursi di bawah pohon. Kemudian, bila Anda berada di restoran, pilih sudut ruangan yang tidak memungkinkan orang berlalu-lalang. Tanyakan lebih dulu, apakah Anda boleh menyusui di tempat tersebut atau tidak.

Sekarang ini, sudah banyak mall serta tempat umum yang menyediakan ruangan khusus (nursing room) yang memudahkan Anda menyusui bayi.

2. Pilih pakaian yang memudahkan Anda untuk memberi ASI

Bila Anda berencana pergi keluar dengan si kecil yang masih butuh ASI, pemilihan pakaian itu penting. Jangan hanya terpaku pada modelnya saja. Jangan sampai Anda jadi kesulitan untuk menyusui si kecil.

Sebaiknya Anda gunakan bra atau pakaian dalam wanita yang tidak terlalu ketat, supaya lebih mudah mengeluarkan payudara Anda. Selain itu, pilih pakaian berkancing di bagian depan dan lebih longgar. Hindari baju terusan tanpa kancing atau pakaian yang tanpa kancing yang ketat.

3. Latihan menyusui di depan cermin

masalah saat menyusui

Perlukah berlatih menyusui di kecil di depan cermin? Ya, perlu. Ini karena menyusui di tempat umum tentu tidak senyaman menyusui di rumah. Latihan menyusui di depan cermin memberikan gambaran seberapa banyak bagian tubuh Anda akan terlihat; bisa bagian dada Anda atau perut jika pakaian Anda tidak berkancing.

Dengan bercermin, Anda tahu bagian mana saja yang sebaiknya Anda tutup untuk mengurangi kecanggungan dan perhatian orang lain selama Anda menyusui si kecil di tempat umum.

4. Anda boleh, kok, menutupi bagian tubuh yang terlihat

menyusui bayi di tempat umum

Jika Anda tidak nyaman untuk menyusui di tempat umum, Anda bisa menutupinya dengan kain gendongan atau selendang di atas bahu Anda. Bagi ibu yang berhijab, Anda bisa menutupi bagian yang terbuka dengan kerudung yang Anda gunakan.

Mungkin ini membuat bayi tidak nyaman karena ia terus menggeliat kepanasan. Jadi, sebaiknya hindari kain penutup yang terlalu tebal. Jangan lupa, sekali-kali angkat kainnya untuk memberi kelegaan bayi dalam bernapas.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mendidik Anak yang Sukses, Lakukan Tips Berikut Ini!

Siapa yang tak ingin punya anak sukses? Berikut berbagai tips dalam mendidik anak agar bisa menggapai sukses di masa depan.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Mencegah Anak Shopaholic, Begini Caranya

Anak menjadi kecanduan belanja atau shopaholic memang merepotkan. Kita harus mencegahnya agar tidak terbiasa hingga dewasa. Berikut tips mencegahnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

5 Langkah Cerdas Menjelaskan COVID-19 dan Penyakit Pandemi pada Anak

Ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemi global oleh WHO meningkatkan kewaspadaan masyarakat, termasuk orangtua. Bagaimana menjelaskan COVID-19 ke anak?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 16/03/2020

Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Memakai Baju Sendiri

Mengajarkan anak memakai baju sendiri memang susah-susah gampang. Kuncinya adalah tetap sabar dan ikuti tips berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Direkomendasikan untuk Anda

agar anak mau mendengarkan orang tua

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
puasa dan perubahan yang terjadi bagi ibu yang baru setelah melahirkan

4 Kiat Jitu Agar Produksi ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
memilih hewan untuk anak

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/05/2020
ibu menyusui positif coronavirus

Panduan Aman untuk Ibu Menyusui yang Positif COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020