4 Tips Sukses Menyusui Buah Hati di Tempat Umum

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Memastikan bayi cukup mendapatkan ASI itu penting. Termasuk ketika Anda dan buah hati berada di tempat umum. Bila si kecil kelihatan lapar dan mulai rewel, mau tidak mau, Anda harus memberinya ASI agar ia lebih tenang. Supaya Anda bisa menyusui bayi dengan mudah di tempat umum, apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sang ibu?

Tips menyusui bayi di tempat umum

ASI adalah makanan utama bagi bayi yang masih kecil. Saat perutnya lapar, bayi yang belum bisa berbicara pasti akan memberi tahu Anda lewat tangisan. Jika Anda sedang berada di luar rumah, tentu menyusui bayi jadi sebuah tantangan.  Nah, supaya Anda tidak malu dan ribet menyusui si kecil di tempat umum, simak tipsnya berikut ini:

1. Pilih tempat yang lebih tenang

Sumber: Visit San Diego

Mungkin Anda sering melihat bayi yang cenderung rewel ketika berada di tempat ramai? Ya, ini jadi pertimbangan memilih tepat untuk memberikan ASI pada bayi. Memilih tempat yang lebih tenang membantu bayi lebih mudah diatasi saat menangis.

Bagi Anda yang belum pernah atau tidak terbiasa memberikan ASI di tempat umum, memilih tempat yang lebih sepi tentu menghindari Anda jadi pusat perhatian banyak orang yang mondar-mandir melewati Anda.

Jika Anda sedang berada di taman, pilih tempat yang aman dari paparan sinar matahari, misalnya duduk kursi di bawah pohon. Kemudian, bila Anda berada di restoran, pilih sudut ruangan yang tidak memungkinkan orang berlalu-lalang. Tanyakan lebih dulu, apakah Anda boleh menyusui di tempat tersebut atau tidak.

Sekarang ini, sudah banyak mall serta tempat umum yang menyediakan ruangan khusus (nursing room) yang memudahkan Anda menyusui bayi.

2. Pilih pakaian yang memudahkan Anda untuk memberi ASI

Bila Anda berencana pergi keluar dengan si kecil yang masih butuh ASI, pemilihan pakaian itu penting. Jangan hanya terpaku pada modelnya saja. Jangan sampai Anda jadi kesulitan untuk menyusui si kecil.

Sebaiknya Anda gunakan bra atau pakaian dalam wanita yang tidak terlalu ketat, supaya lebih mudah mengeluarkan payudara Anda. Selain itu, pilih pakaian berkancing di bagian depan dan lebih longgar. Hindari baju terusan tanpa kancing atau pakaian yang tanpa kancing yang ketat.

3. Latihan menyusui di depan cermin

masalah saat menyusui

Perlukah berlatih menyusui di kecil di depan cermin? Ya, perlu. Ini karena menyusui di tempat umum tentu tidak senyaman menyusui di rumah. Latihan menyusui di depan cermin memberikan gambaran seberapa banyak bagian tubuh Anda akan terlihat; bisa bagian dada Anda atau perut jika pakaian Anda tidak berkancing.

Dengan bercermin, Anda tahu bagian mana saja yang sebaiknya Anda tutup untuk mengurangi kecanggungan dan perhatian orang lain selama Anda menyusui si kecil di tempat umum.

4. Anda boleh, kok, menutupi bagian tubuh yang terlihat

menyusui bayi di tempat umum

Jika Anda tidak nyaman untuk menyusui di tempat umum, Anda bisa menutupinya dengan kain gendongan atau selendang di atas bahu Anda. Bagi ibu yang berhijab, Anda bisa menutupi bagian yang terbuka dengan kerudung yang Anda gunakan.

Mungkin ini membuat bayi tidak nyaman karena ia terus menggeliat kepanasan. Jadi, sebaiknya hindari kain penutup yang terlalu tebal. Jangan lupa, sekali-kali angkat kainnya untuk memberi kelegaan bayi dalam bernapas.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca