backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Cara Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Berbau

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 19/06/2024

Cara Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Berbau

Memasak daging kambing memang tidak mudah karena terkadang daging bisa meninggalkan bau. Belum lagi, daging yang diolah ternyata alot. Nah, sebelum memasak daging, simak dulu cara mengolah daging kambing berikut ini. 

Cara mengolah daging kambing

Daging hewan seperti sapi atau kambing memang memiliki bau yang khas. Bahkan, bau khas dari daging kambing ini bisa tidak hilang meski sudah dimasak. 

Mengolah daging sapi atau daging kambing pun menjadi tantangan tersendiri. Nah, berikut ini cara masak daging kambing yang tepat agar empuk dan tidak bau. 

1. Jangan mencuci daging kambing

manfaat daging rusa

Ketika mengolah daging sapi atau daging kambing, beberapa orang mungkin akan mencuci daging tersebut terlebih dahulu dengan air. 

Namun, hal ini sebenarnya tidak disarankan. Mengutip USDA, daging kambing tidak perlu dicuci terlebih dahulu ketika akan dimasak atau sisimpan di dalam kulkas. 

Hal ini karena bakteri yang terkandung di dalam daging kambing mentah justru akan menyebar ke perletakan makan, atau bahan masakan lainnya. 

Bakteri yang terdapat di dalam daging mentah ini akan hilang dengan sendirinya ketika dimasak, baik dipanggang maupun direbus. 

2. Potong daging berlawanan dari seratnya

Salah satu cara mengolah daging kambing agar empuk adalah dengan mengetahui cara memotong daging yang tepat. 

Sebelum memotong daging, periksa terlebih dahulu arah serat ototnya. Kemudian, potong daging berlawanan dengan serat ototnya. 

Pasalnya, memotong searah dengan serat daging bisa membuat daging akan terasa alot dan keras saat dimasak. 

3. Marinasi dengan nanas

Cara mengolah daging kambing selanjutnya agar tidak bau dan cepat empuk adalah dengan memarinasi daging terlebih dahulu dengan menggunakan parutan buah nanas.

Memarinasi daging dengan parutan nanas dapat membuat daging menjadi lebih empuk serta menghilangkan aroma amis dari daging kambing.

Caranya, masukkan parutan nanas secukupnya pada daging kambing. Olesi secara merata ke seluruh bagain daging, kemudian diamkan kurang lebih selama 1 jam sebelum dimasak. 

4. Membungkus dengan daun pepaya

Selain menggunakan jeruk nipis atau lemon, Anda bisa membungkus daging menggunakan daun pepaya

Membungkus daging dengan daun pepaya dipercaya dapat menghilangkan bau amis pada daging serta membuat daging menjadi lebih empuk. 

Siapkan beberapa lembar daun pepaya, kemudian masukkan daging dan bungkus hingga rapat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum diolah menjadi bahan masakan. 

5. Marinasi dengan jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis atau lemon juga bisa jadi pilihan bahan yang tepat untuk menghilangkan bau khas dari daging kambing. 

Hal ini karena jeruk nipis memiliki bau yang cukup kuat untuk menutupi bau daging kambing. Cara mengolah daging kambing ini juga biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan

Sebelum diolah, berikan air perasan jeruk nipis atau lemon. Oleskan ke seluruh bagian daging hingga merata. Diamkan selama beberapa menit hingga perasan jeruk nipis meresap ke dalam daging.

6.  Baluri dengan bahan rempah-rempah

Marinasi daging kambing dengan menggunakan berbagai bahan rempah seperti jahe, kunyit, bawang putih dan cengkeh juga bisa membantu menghilangkan bau pada daging kambing.

Caranya, haluskan jahe, kunyit, bawang putih, dan cengkeh. Kemudian baluri pada daging kambing yang akan dimasak.

Simpan daging di kulkas selama semalaman hingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging kambing. Setelah itu, Anda bisa mengolahnya dengan cara dibakar atau dipanggang.

7. Masak dengan suhu yang tepat

tips memasak daging mentah

Daging kambing yang alot bisa jadi karena suhu memasak yang kurang tepat. Contohnya memasak dengan api kompor yang tinggi justru membuat daging tidak matang sempurna. 

Oleh sebab itu, coba masak daging kambing dengan suhu api sedang dalam waktu yang lama agar daging benar-benar empuk. 

Jika ingin mengolah daging kambing dengan cara dibakar atau direbus, masaklah dengan suhu sekitar 62℃ agar daging bisa matang sempurna dan empuk ketika dikonsumsi. 

Mengetahui cara mengolah daging yang tepat bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap dari daging kambing. 

Selain memperhatikan cara memasaknya, penting juga memilih daging yang tepat. Pastikan daging yang Anda konsumsi. Jika warna daging tampak pucat dan berbau busuk, sebaiknya hindari mengolahnya. 

Kesimpulan

Ada berbagai cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau, seperti potong berlawanan serat dagingnya atau marinasi menggunakan daun pepaya, atau baluri dengan parutan nanas, jeruk nipis, dan rempah-rempah.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 19/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan