home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

3 Kunci yang Mesti Terpatri Dalam Ingatan Jika Ingin Berat Badan Cepat Turun

3 Kunci yang Mesti Terpatri Dalam Ingatan Jika Ingin Berat Badan Cepat Turun

Sudah rajin olahraga dan mengatur pola makan, tapi diet tidak kunjung menunjukkan hasil yang menjanjikan? Mungkin ada yang kurang maksimal dari usaha Anda. Ya, ternyata kekuatan pikiran sedikit banyak memang punya andil penting bagi keberhasilan program diet yang sedang Anda jalani. Maka itu, kalau ingin diet sukses dan berjalan lancar, sebaiknya kenali trik pentingnya dulu, ya!

Apa saja kekuatan pikiran kunci diet sukses?

Sebelum memulai diet penurunan berat badan, bekali diri dan pikiran terlebih dahulu dengan beberapa hal seperti…

1. Semakin sedikit makanan jenis di piring, semakin sedikit porsi makan Anda

porsi makan

Selain dianjurkan untuk membatasi jumlah makanan setiap harinya ketika sedang diet, Anda juga tidak disarankan untuk mengambil berbagai jenis makanan ke dalam piring makan. Bukan tanpa alasan, karena nyatanya semakin banyak variasi makanan yang ada di piring, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk melahap banyak makanan.

Dijelaskan oleh Dr. David Katz, selaku peneliti pada bidang makanan di Yale University, Amerika Serikat, bahwa adanya beragam rasa dalam sekali makan dapat merangsang bagian hipotalamus otak untuk memproduksi neuropeptida Y. Senyawa ini bertugas untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Jadi, mulai sekarang coba batasi pilihan makanan apa saja yang sekiranya cukup untuk sekali makan.

2. Membayangkan sedang makan suatu makanan yang diidamkan

berpikir logis

Sebuah penelitian dari Carneige Mellon University, mengungkapkan bahwa berpikir terus-menerus saat sedang ngidam suatu makanan tertentu ternyata memiliki manfaat baik.

Ini karena pikiran tersebut tanpa sadar akan membuat Anda makan dalam jumlah sedikit, saat dihadapkan dengan makanan yang memang sedang Anda idam-idamkan.

Menariknya, ternyata pengaruh dari pikiran Anda yang membayangkan sedang makan makanan tersebut, secara tidak langsung akan membatasi keinginan Anda untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Ini yang kemudian membuat Anda berhasil menjalani diet sukses.

3. Mengingat porsi makan sebelumnya

makan sayur cara efektif menurunkan berat badan

Percaya atau tidak, kebanyakan orang makan dalam porsi banyak bahkan jumlahnya lebih dari yang mereka kira, menurut Dr. Brian Wansink dari Cornell University di New York. Alhasil, Anda bisa saja makan terus karena berpikir bahwa porsi makan sebelumnya masih sedikit. Padahal justru sebaliknnya.

Kuncinya, coba kembalikan pikiran menuju ke waktu terakhir kali Anda makan, kemudian ingat dan hitung makanan apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Pasalnya menurut teori supaya diet sukses, mengingat kembali makanan yang telah dimakan sebelumnya dapat membantu menahan keinginan agar tidak makan dalam jumlah banyak.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Mind Tricks to Lose 8lbs in 8 Weeks. https://www.womenshealthmag.com/uk/food/weight-loss/a700070/8-mind-tricks-to-lose-8lbs-in-8-weeks/ Diakses pada 17 Desember 2018.

12 Mental Tricks to Beat Cravings and Lose Weight. https://www.health.com/health/gallery/0,,20915459,00.html Diakses pada 17 Desember 2018.

How to Eat Healthy, Lose Weight and Feel Awesome Every Day. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-eat-healthy#section1 Diakses pada 17 Desember 2018.

Carneige Mellon University. Sweet Satisfaction. https://www.cmu.edu/homepage/health/2010/fall/sweet-satisfaction.shtml Diakses pada 17 Desember 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus