10 Fakta yang Perlu Anda Tahu Tentang Chiropractic

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Perawatan chiropractic adalah jenis terapi untuk mengobati masalah tulang belakang dan muskuloskeletal melalui manipulasi manual, membuat tubuh menyembuhkan diri secara alami tanpa obat atau operasi. Jika terapi ini baru bagi Anda, berikut adalah 10 hal yang dapat membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang hal tersebut

1. Perawatan chiropractic sudah mendunia

Chiropractic populer di seluruh dunia. Cina adalah negara yang telah menerapkan manipulasi tulang belakang untuk waktu yang lama sebelum dipopulerkan di Amerika Serikat pada tahun 1895. Pada tahun 1960, chiropractic diperluas ke Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan dan kemudian di seluruh Asia, Eropa, Amerika Latin dan Australia.

2. Chiropractic dapat meredakan nyeri

Chiropractic sering dianggap menjadi alternatif penyembuhan nyeri pada otot, sendi, tulang dan jaringan ikat. Chiropractic juga merupakan metode untuk memulihkan mobilitas sendi karena cedera jaringan setelah peristiwa traumatis, seperti jatuh atau stres monoton, seperti duduk tanpa bergerak.

3. Chiropractic untuk segala usia

Banyak orang mengira bahwa chiropractic hanya untuk manula, tetapi kenyataannya adalah chiropractic dapat menjadi pengobatan yang ideal untuk orang-orang dari segala usia. Orang-orang paruh baya biasanya memilih chiropractic untuk menghilangkan rasa sakit, sedangkan orang-orang muda dapat membantu rentang gerak, keseimbangan dan koordinasi, dan mencegah degenerasi sendi. Pada anak-anak, chiropractic adalah cara yang baik untuk merangsang otak yang sehat dan perkembangan sistem saraf di tahun-tahun awal pertumbuhan.

4. Pengobatan chiropractic bukan untuk semua orang

Meskipun perawatan chiropractic dapat membantu penyembuhan tubuh secara alami, ini bukan metode yang ideal dalam beberapa kasus. Manipulasi manual tidak cocok untuk penderita osteoporosis, kompresi sumsum tulang belakang, arthritis inflamasi, orang-orang yang meminum obat pengencer darah, atau memiliki riwayat kanker.

5. Perawatan chiropractic dapat membantu Anda menghindari penyakit

Penelitian mengungkapkan bahwa dirawat terus menerus dengan perawatan chiropractic dapat membantu membatasi produksi mediator pro-inflamasi yang menyebabkan kerusakan dan rasa sakit. Selain itu, perawatan chiropractic dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan.

6. Chiropractor menggunakan tes diagnostik lainnya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan perawatan chiropractic, ahli tulang akan melakukan pemeriksaan fisik atau bahkan tes laboratorium pada pasien. Di sana, mereka akan memanfaatkan konsep “triage” untuk memeriksa apakah cedera punggung bawah berpotensi serius, atau jika ada masalah saraf. Mereka menggunakan diagnosis ini untuk menentukan apakah metode ini sesuai.

7. Menggabungkan olahraga dengan perawatan chiropractic akan lebih efektif

Sudah dibuktikan bahwa menggabungkan chiropractic dengan olahraga benar-benar membantu memperbaiki pencernaan, sirkulasi yang lebih baik, dan membuat otot-otot berada dalam pola yang tepat, membantu untuk memulihkan dan mempertahankan mobilitas dan jangkauan gerak. Oleh karena itu, pasien lebih mudah mengelola rasa sakit mereka.

8. Ada beberapa efek samping setelah pengobatan

Pasien dapat mengalami beberapa efek samping. Efek samping yang paling umum adalah rasa sakit atau nyeri pada sendi tulang belakang atau otot, tetapi hanya berlangsung dalam beberapa jam pasca perawatan pertama dan tidak lebih dari 24 jam setelah penyesuaian chiropractic. Cara umum untuk mencegah rasa sakit ini adalah menggunakan kompres es untuk mengurangi gejala.

9. Perawatan chiropractic memiliki manfaat lain

Perawatan chiropractic tidak hanya digunakan untuk mengobati punggung dan leher, tetapi juga mengobati rasa sakit di mana saja di tubuh: di kepala dan rahang, bahu, siku dan pergelangan tangan, pinggul dan panggul, lutut, dan pergelangan kaki. Teorinya adalah setiap bagian dari tulang belakang Anda dapat menyembuhkan area tertentu ketika dimanipulasi.

10. Perawatan chiropractic memiliki beberapa risiko

Meskipun chiropractic umumnya dianggap sebagai pengobatan yang aman dan efektif, namun, terdapat sedikit kasus di mana pasien mengalami hernia parah atau tergelincir, atau manipulasi leher, yang dapat menyebabkan cedera tulang belakang.

Bukti kuat menunjukkan bahwa chiropractic efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, konsultasikan dengan dokter agar lebih aman. Tanyakan apakah perawatan chiropractic atau alternatif penghilang rasa sakit lainnya sesuai untuk Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Obat yang Digunakan untuk Meredakan Nyeri Tulang

Nyeri tulang dapat menggangu aktivitas Anda dan harus diobati dengan baik. Berikut adalah berbagai obat yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri tulang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 5 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Pseudogout

Pseudogout adalah semacam arthritis yang ditandai dengan sakit tiba-tiba, pembengkakan pada sendi yang menimbulkan rasa sakit. Simak Info selengkapnya hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Arthritis (Radang Sendi), Kesehatan Muskuloskeletal 3 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Babesiosis

Babesiosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kutu. Cari tahu obat diare, penyebab, gejala, cara mengatasi, dan makanan untuk babesiosis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 3 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
senam jantung sehat

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
mengetahui umur tulang manusia

Bagaimana Cara Mengetahui Umur Tulang Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips olahraga hiv

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit