home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengapa Lagu Tertentu Bisa Membuat Anda Teringat Mantan?

Mengapa Lagu Tertentu Bisa Membuat Anda Teringat Mantan?

Pernahkah Anda ketika mendengarkan lagu tertentu justru membuat Anda teringat mantan? Walaupun tidak berirama sedih, lagu tersebut bisa membawa kembali kenangan ketika Anda berdua bersama. Rupanya, ada penjelasan ilmiah terkait hal ini. Simak ulasannya di bawah ini.

Alasan mendengar lagu tertentu membuat Anda ingat mantan

mendengarkan lagu galau

Beberapa tahun belakang ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat merangsang otak manusia dibandingkan aktivitas lainnya. Hal tersebut meninggalkan ‘jejak’ pada pikiran Anda, sehingga lagu diyakini dapat mengingatkan Anda akan apa yang Anda sentuh, cium, dan rasakan saat mendengarkan lagu tersebut di masa lampau.

Menurut sebuah penelitian dari University of California, daerah tertentu di otak yang berhubungan dengan ingatan dan emosi dapat aktif jika dipicu oleh lagu. Sepenggal lagu yang akrab di telinga Anda dapat membawa Anda pada kenangan tentang seseorang atau tempat tertentu.

Nah, karena hal itulah, tak jarang Anda teringat sosok mantan dan suasana yang Anda lalui saat itu saat lagu tersebut diputar.

Pengaruh jenis musik terhadap kenangan bersama mantan

terapi musik untuk kanker

Biasanya, ketika mendengar lagu sedih, Anda teringat oleh masa-masa beberapa hari sebelum Anda dan mantan mengakhiri hubungan. Mulai dari pertengkaran hingga sikap acuh tak acuh yang mulai muncul dalam hubungan Anda.

Benarkah mendengarkan aliran musik tertentu juga membuat Anda teringat kenangan bersama mantan?

Menurut seorang psikolog musik dari Inggris, Kelly Jakubowski, sulit mengatakan apakah genre atau aliran musik tertentu bisa mengaktifkan ingatan seseorang. Normalnya, orang akan mengingat sesuatu melalui lagu jika lagu tersebut mereka dengarkan setiap hari.

Jika Anda menyukai lagu-lagu opera, tentu berpengaruh terhadap selera musik Anda. Atau, bagi orang yang menggemari musik yang sedang populer saat ini, tentu seleranya akan berbeda dengan penyuka musik klasik.

Akan tetapi, mendengarkan lagu sedih merupakan sebuah pengecualian karena ternyata lebih sering memberikan ingatan untuk sejumlah besar orang, seperti pengalaman yang menyedihkan.

Lantas, apa lagu yang membuat Anda teringat mantan bikin susah move-on?

Mendengarkan lagu yang membuat Anda teringat mantan artinya bukan berarti Anda susah untuk move on. Hubungan Anda berdua memang berakhir, tetapi pengalaman manis pahit tetap tersimpan di ingatan Anda.

Lagu-lagu yang menyebabkan nostalgia tersebut sebenarnya dapat membantu Anda untuk mengenal diri sendiri dan memberikan kekuatan ketika menghadapi sebuah tantangan baru. Kuncinya adalah menggunakannya untuk membangun masa depan Anda, terutama ketika memulai hubungan baru.

Memang tidak ada salahnya teringat mantan ketika mendengarkan sebuah lagu. Bagaimanapun, nostalgia adalah hal yang sangat umum terjadi pada semua orang.

Ada beberapa cara agar Anda bisa memanfaatkan nostalgia tersebut sebagai bagian dari cara untuk menata masa depan Anda, antara lain:

  • Membuat kenangan baru tanpa menyesalinya karena apa yang terjadi hari ini akan menjadi pengalaman berharaga yang selalu Anda ingat.
  • Menggunakan kenangan yang indah sebagai motivasi ketika Anda tidak bersemangat.

Nostalgia bisa diartikan sebagai dua hal, apakah Anda memang sedang dalam proses melupakan dengan mengingat hal-hal yang menyakitkan ataukah Anda masih belum menerima hubungan ini berakhir.

Otak adalah salah satu organ manusia yang cukup rumit, sehingga tidak jarang manusianya sendiri pun tidak mengerti bagaimana bisa mendengarkan lagu bisa membuat Anda teringat mantan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The incredible powers of nostalgia https://www.huffpost.com/entry/benefits-of-nostalgia_n_4031759 accessed Aug 28 2019. 

Why that one song will always remind you of your ex? 

https://www.pbs.org/newshour/science/why-that-song-will-always-remind-you-of-your-ex accessed Aug 28 2019. 

Why do the song from your past evoke such vivid memories? https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-athletes-way/201312/why-do-the-songs-your-past-evoke-such-vivid-memories accessed Aug 28 2019. 

Study finds brain hub links music, memory and emotion https://www.ucdavis.edu/news/study-finds-brain-hub-links-music-memory-and-emotion accessed Aug 28 2019. 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 01/10/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus