Sakit Leher

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu sakit leher?

Sakit leher adalah kondisi sakit atau kondisi tidak nyaman yang dirasakan di bagian leher atau di sekitar leher. Kondisi ini terjadi ketika tulang belakang, persendian di antara tulang belakang dan jaringan lunak seperti otot, urat, dan ligamen mengalami luka. 

Sakit leher merupakan kejadian yang biasa terjadi dan biasanya tidak menimbulkan komplikasi. Namun, tak menutup kemungkinan nyeri leher adalah gejala kondisi serius, termasuk penyakit meningitis. Segera hubungi dokter jika Anda merasakan nyeri leher yang disertai dengan mati rasa atau kehilangan kekuatan di lengan atau tangan Anda. Perhatikan pula gejala sakit jika sampai menusuk ke bahu atau bawah lengan Anda. 

Seberapa umumkah nyeri leher?

Semua orang dapat merasakan nyeri leher.  Anda dapat mencegah penyakit ini dengan menghindari faktor-faktor risiko. Silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk infromasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala sakit leher?

Gejala yang terjadi termasuk kesulitan untuk melihat ke arah samping, ketika berkendara, dan ketika membaca. Kadang-kadang kondisi ini menyebabkan sakit yang menyebabkan Anda tidak bisa tidur.

Sakit leher juga dapat menimbulkan sakit kepala. Nyeri leher dapat terjadi selama berbulan-bulan dan mempengaruhi ketika Anda bekerja

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda,

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Sakit leher atau sakit kepala yang berkepanjangan;
  • Merasakan efek samping dari pengobatan;
  • Rasa sakit yang menyebar ke bagian lengan atau kaki, diikuti dengan mati rasa, tidak berdaya atau rasa geli 

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab sakit leher?

Leher Anda merupakan bagian tubuh yang lentur dan dapat menopang berat kepada Anda. Jadi, leher dapat  rentan terhadap cedera dan kondisi yang menyebabkan rasa sakit serta membatasi gerak. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut beberapa penyebab dari nyeri leher:

  • Tegang otot. Penggunaan komputer dan ponsel yang terlalu lama dan menghabiskan waktu hingga berjam-jam dapat memicu ketegangan otot leher. Meski sepele, membaca di tempat tidur atau menggeramkan gigi Anda juga dapat membuat leher tegang. 
  • Persendian lemah. Seperti bagian tubuh yang lain, persendian leher Anda dapat berkurang kekuatannya seiring dengan bertambahnya usia. Osteoartritis menyebabkan bantalan (tulang rawan) di antara tulang Anda memburuk. Tubuh Anda kemudian membentuk taji tulang yang memengaruhi gerakan sendi dan menyebabkan rasa sakit. 
  • Tekanan pada saraf. Tulang yang mengalami pergeseran dapat menekan saraf yang bercabang dari sumsum tulang belakang. 
  • Cedera. Tabrakan dapat membuat kepala tersentak ke belakang dan maju secara tiba-tiba, sehingga meregangkan jaringan lunak leher. 
  • Penyakit. Beberapa penyakit tertentu, seperti rheumatoid arthritis, meningitis, atau kanker dapat menyebabkan sakit leher. 

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk sakit leher?

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami nyeri di leher yaitu:

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis nyeri leher?

Anda dapat melakukan tes MRI jika dokter Anda butuh untuk melihat kondisi yang jelas pada jaringan lunak di sekitar leher Anda seperti sendi antar tulang belakang, saraf dan otot atau ligamen di sekitarnya. 

CT scan juga sangat berguna untuk mengetahui adanya retakan. Anda juga dapat melakukan tes elektomagnetik (EMG) jika dokter Anda mencurigai adanya penekanan pada saraf yang menyebabkan rasa lemah, sakit, mati rasa, atau sensasi geli pada bagian tangan.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk sakit leher?

Nyeri leher yang ringan hingga sedang biasanya membaik dengan perawatan rumahan dalam dua hingga tiga minggu. Jika sakit leher tidak kunjung sembuh, dokter mungkin akan merekomendasikan pilihan pengobatan nyeri leher di bawah ini:

Obat-obatan

Dokter mungkin akan meresepkan obat penghilang rasa sakit yang lebih manjur daripada yang Anda dapatkan secara bebas di apotek. Pelumas otot dan antidepresan trisklik dapat menjadi pilihan. 

Terapi

Beberapa terapi di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi nyeri leher:

  • Terapi fisik. Seorang terapis akan membimbing Anda dalam memperbaiki postur tubuh dan melakukan olahraga leher. Terapi fisik juga dapat berupa stimulasi panas, dingin, dan elektrik untuk mengurangi rasa sakit Anda dan mencegah kekambuhan. 
  • Stimulasi saraf listrik transkutan. Elektroda yang diletakkan pada kulit di dekat area yang nyeri dapat menghasilkan listrik kecil dan mengurangi rasa nyeri. 
  • Daya tarik. Ini menggunakan beban atau katrol untuk meregangkan leher. Prosedur ini dapat meredakan nyeri leher, terutama nyeri yang berkaitan dengan iritasi akar saraf. 
  • Kerah penopang leher. Penopang leher dapat membantu menghilangkan rasa sakit dengan membantu fungsi leher Anda. Namun, jika digunakan lebih dari tiga jam dalam satu hingga dua minggu, penopang tersebut dapat berbahaya. 

Operasi dan prosedur lainnya

Berikut adalah pilihan pengobatan lain untuk mengatasi sakit leher:

  • Suntikan steroid. Dokter mungkin akan menyuntikkan suntikan kortikosteroid di dekat akar saraf ke dalam sendi kecil di tulang atau otot leher ANda untuk mengatasi rasa sakit. Obat mati rasa, seperti lidokain juga dapat membantu. 
  • Operasi. Meski jarang diperlukan, pembedahan mungkin menjadi pilihan untuk menghilangkan akar saraf atau tekanan sumsum tulang belakang.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit di leher?

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi sakit leher, di antaranya:

Bila ada pertanyaan, konsultasikan dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Macam Peregangan untuk Atasi Nyeri Leher Akibat Arthritis

    Nyeri leher sangat mungkin dialami oleh orang yang mengalami radang sendi atau arthritis. Tak perlu khawatir, begini cara mengatasi nyeri sendi pada leher.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

    Acquired Polineuropati

    Acquired Polineuropati adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, diet, serta cara mencegah penyakit ini di Hello Sehat

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

    Cedera Tendon Achilles (Cedera Achilles Tendon)

    Cedera tendon achilles adalah suatu cedera yang mempengaruhi tendon/urat yang menghubungkan otot betis ke tumit. Bagaimana menanganinya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M

    5 Jenis Terapi yang Bermanfaat Bagi Berkebutuhan Khusus

    Dengan terapi yang tepat, penyandang cacat bisa beraktivitas secara mandiri dan produktif. Lalu apa saja terapi yang dibutuhkan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

    Direkomendasikan untuk Anda

    meningitis adalah

    Meningitis (Radang Selaput Otak)

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020
    mengatasi nyeri punggung

    3 Gerakan Peregangan untuk Mengatasi Nyeri Punggung Atas dan Leher

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 18/09/2018
    leher kanan sakit

    Leher Kanan Terasa Sakit? Mungkin 8 Hal ini yang Jadi Penyebabnya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 27/06/2018
    benjolan berisi nanah di leher

    Kenali Ludwig Angina, Benjolan Berisi Nanah di Dalam Leher. Apa Bahayanya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 15/06/2018