Penuaan Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu penyakit penuaan kulit (penuaan dini)?

Kulit telah terbukti rentan terhadap berbagai faktor seiring bertambahnya usia, seperti sinar matahari, cuaca tidak menentu dan kebiasaan buruk. Kondisi-kondisi itu dapat berkontribusi terhadap penuaan kulit (skin aging). Meski begitu, tetap tersedia beberapa cara untuk menjaganya tetap sehat dan segar.

Penuaan kulit dipicu oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, pola makan, keturunan, dan kebiasaan pribadi lain. Sebagai contoh, merokok dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas terbentuk dari molekul oksigen yang sebelumnya sehat, kini menjadi overaktif dan tidak stabil. Kemampuan sel-sel tubuh untuk menghancurkan radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini.

Penyebab umum lain dari skin aging (yang ditandai dengan adanya kerutan dan bercak pada kulit) adalah paparan sinar matahari dan polusi, serta hilangnya jaringan penyokong di bawah kulit (jaringan subkutan). Faktor lain yang berkontribusi terhadap penuaan kulit meliputi stres, gravitasi, pergerakan wajah, obesitas, dan bahkan posisi tidur.

Seberapa umum penuaan kulit?

Penuaan kulit adalah proses yang alami. Artinya, setiap orang akan melaluinya. Namun, dengan kondisi polusi udara yang semakin meningkat, penuaan kulit bisa terjadi lebih cepat, terutama pada wanita alias penuaan dini.

Sekalipun merupakan proses yang pasti terjadi, kondisi ini dapat dicegah (atau diperlambat) dengan mengurangi faktor-faktor pemicunya. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala penuaan kulit?

Terdapat tiga wujud utama dari penuaan kulit secara umum. Masing-masingnya memengaruhi tampilan wajah dengan cara yang berbeda.

Kerutan

Tanda penuaan pertama dan yang paling umum terlihat adalah garis halus dan kerutan. Garis-garis tersebut muncul pada berbagai area wajah dan menjadi tanda yang paling tampak. Garis-garis ini juga disebut sebagai laughter lines. Garis halus juga dapat ditemukan pada pipi dan dahi, kerutan tampak sebagai garis-garis halus, dan dipicu oleh ekspresi wajah dan cenderung menjadi (makin terlihat) semakin dalam seiringnya waktu.

Kurangnya volume

Berkurangnya volume kulit (beserta jaringan yang mungkin membentuknya) terkadang sulit diidentifikasi. Kondisi ini ditandai dengan berkurangnya kekencangan kulit sehingga menyebabkan perubahan pada gambaran wajah Anda. Area leher dapat menjadi kasar, kering, dan kusam, Berkurangnya volume dapat membuat wajah mengalami perubahan ekspresi dan tampilan.

Kulit kendur

Kondisi ini paling umum terjadi pada wanita yang telah melalui usia menopause, berkurangnya kepadatan terjadi pada permukaan kulit saat kulit menjadi tipis dan rentan.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab penuaan kulit?

Ada banyak hal yang menyebabkan kondisi kulit menua. Beberapa di antaranya tidak dapat Anda hindari.

Satu hal yang tidak dapat diubah dan dihindari adalah proses penuaan alami. Seiring waktu, Anda akan memiliki garis-garis yang terlihat pada wajah. Kondisi wajah kehilangan keremajaannya merupakan kondisi yang sangat wajar.

Pada periode waktu tertentu, Anda mungkin akan menyadari bahwa kulit Anda semakin menipis dan kering. Gen berpengaruh besar dalam perubahan tersebut. Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah “penuaan intrinsik”.

Meski begitu, faktor lain yang juga berkontribusi terhadap menuanya kulit Anda dapat dihindari. Lingkungan dan gaya hidup dapat memengaruhi penuaan kulit (skin aging). Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah “penuaan ekstrinsik”. Artinya, penuaan yang diakibatkan oleh faktor dari luar. Dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan, Anda dapat memperlambat efek dari penuaan kulit.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya berisiko mengalami penuaan kulit?

Tiga pemicu ini dipercaya sebagai faktor paling umum yang menyebabkan skin aging, antara lain:

  • Sinar matahari. Paparan sinar matahari adalah faktor risiko eksternal utama yang berperan terhadap penuaan kulit akibat stres oksidatif.
  • Polusi. Membiarkan kulit terpapar polusi, terutama di perkotaan, dapat memicu dihasilkannya radikal bebas yang merusak kulit.
  • Merokok. Zat kimia dan nikotin yang terkandung pada rokok berperan dalam meningkatnya jumlah radikal bebas pada kulit.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana penuaan kulit didiagnosis?

Para ahli dapat memeriksa kerusakan akibat matahari, kerutan, garis halus, dan tanda penuaan pada kulit. Ketika kulit Anda menua, jumlah kolagen dan elastin–protein yang memberikan rasa kencang dan elastisitas–secara bertahap akan berkurang.

Tumpukan lemak yang memberikan tampilan padat dan lembut juga mulai kehilangan bentuknya. Dokter spesialis kulit dapat melakukan peninjauan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik untuk mempelajari tentang kulit dan melihat perubahan yang terkait kulit.

Bagaimana cara mengatasi penuaan kulit (skin aging)?

Untuk tanda-tanda awal penuaan, pilihan perawatan yang digunakan biasanya meliputi retinoids, vitamin C, dan alpha hydroxy acids mungkin sudah cukup. Untuk kerusakan akibat sinar matahari menengah atau parah, facial peel, dermabrasi, atau laser resurfacing dapat membantu.

Garis wajah yang dalam dapat diatasi dengan botulinum toxin (botox) atau fillers, yang terbuat dari suntikan asam hialuronat, lemak Anda sendiri, dan implan Gore-Tex.

Beberapa orang daapat memilih operasi, seperti facelift, brow lift, atau operasi kosmetik pada kelopak mata. Apakah Anda perlu melakukannya, atau seberapa banyak yang perlu Anda lakukan, semuanya adalah pilihan pribadi Anda. Namun, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dulu sebelum melakukannya.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan untuk mengatasi dan mencegah penuaan dini pada kulit (skin aging)?

Berikut adalah perubahan-perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi penuaan dini pada kulit (skin aging).

1. Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari

Melindungi diri Anda dari paparan sinar matahari sangatlah penting, sekalipun ketika Anda pekerja lapangan ataupun hendak berekreasi ke pantai. Anda harus melindungi kulit dengan mencari tempat teduh, mengenakan pakaian yang melindungi kulit (pakaian panjang), dan mengenakan tabir surya dengan broad-spectrum, SPF 30 atau lebih yang tahan air. Gunakanlah tabir surya setiap hari hari ke seluruh area kulit yang tidak tertutup pakaian.

2. Gunakan self-tanner dibandingkan dengan berjemur

Ketika berjemur, Anda akan membuat kulit mengalami penuaan dini. Hal ini berlaku jika Anda berjemur dari matahari, tanning bed, atau peralatan tanning dalam ruangan yang lainnya. Semuanya menghasilkan sinar UV berbahaya yang dapat berperan dalam penuaan dini pada kulit.

3. Berhenti merokok

Merokok sangat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan kerutan dan kusam pada kulit.

4. Hindari ekspresi wajah yang berulang

Saat Anda membentuk ekspresi wajah, otot di bawah wajah berkontraksi. Apabila otot yang sama berkontraksi terus-menerus, garis yang tercipta akan menjadi permanen. Mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi garis-garis yang disebabkan oleh menyipitkan mata.

5. Pola makan yang seimbang

Penemuan dari beberapa studi menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran dapat mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan dini. Beberapa penelitian juga menunjukkan pola makan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan dapat mempercepat proses penuaan.

6. Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol tidak baik untuk kulit karena membuat kulit dehidrasi dan merusaknya. Hal ini bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

7. Berolahraga rutin

Penemuan dari beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga yang cukup dapat meningkatkan peredaran darah dan sistem imun. Hal ini dapat memberikan tampilan kulit yang lebih muda.

8. Bersihkan dengan lembut

Menggosok kulit bisa menyebabkan iritasi. Iritasi dapat mempercepat penuaan dini. Bersihkanlah kulit secara perlahan dan dengan lembut untuk mengangkat polusi, riasan wajah, dan zat lain tanpa mengiritasi kulit.

9. Bersihkan wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat

Keringat, terutama saat mengenakan topi atau helm, dapat mengiritasi kulit. Maka itu, bersihkan wajah sesegera mungkin setelah berkeringat.

10. Gunakan pelembap wajah setiap hari

Pelembap menahan air dan mengunci kelembapan di dalam kulit sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih muda.

11. Hentikan penggunaan produk perawatan kulit yang menyebabkan perih

Apabila kulit Anda perih karena menggunakan suatu produk, bisa jadi hal itu disebabkan oleh terjadinya iritasi. Hentikan penggunaan produk tersebut karena iritasi dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Krim Wajah yang Mengandung Hydroquinone, Apa Benar Aman?

Penggunan krim wajah yang mengandung hydroquinone sempat booming beberapa tahun ini berkat khasiatnya untuk memutihkan wajah. Tapi, apakah benar aman?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Hidup Sehat, Kecantikan 7 Juni 2017 . Waktu baca 3 menit

Tips Mengenali Krim Pemutih Kulit yang Berbahaya

Beberapa produk pemutih mengandung bahan berbahaya yang terbukti memicu gagal ginjal hingga kanker kulit. Bagaimana cara tahu apakah krim Anda aman?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 2 Februari 2017 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat lebih dari sabun mandi biasa.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Januari 2017 . Waktu baca 4 menit

5 Jenis Lulur Tradisional dan Manfaatnya Bagi Kulit

Meski sama-sama dikenal mencerahkan kulit, lulur bengkoang dan lulur kuning Jawa ternyata memiliki manfaat yang berbeda. Simak juga jenis lulur lainnya.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Kecantikan 20 Januari 2017 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Manfaat Coenzyme Q10 (CoQ10) Dalam Produk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat rumput laut untuk kulit

Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit, Bisa Bikin Awet Muda!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12 Juli 2019 . Waktu baca 3 menit
kulit sehat

Ingin Punya Kulit yang Sehat dan Awet Muda? Intip 10 Caranya di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Stefanni Gabriela
Dipublikasikan tanggal: 9 Januari 2018 . Waktu baca 5 menit
manfaat goji berry

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan: Baik untuk Diet dan Gula Darah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Agustus 2017 . Waktu baca 4 menit