Perubahan Fisik Pada Ibu Hamil, Selain Perut yang Membesar

Oleh

Saat perut wanita sudah membesar, Anda mungkin langsung berpikir ia sedang hamil. Ya, salah satu ciri hamil yang langsung semua orang sadari adalah perut yang makin membesar. Tapi, ada tidak sih ciri orang hamil selain perutnya yang makin membesar?

Ciri orang hamil dari fisiknya, selain perut buncit

1. Perubahan payudara

Selain perut ibu hamil yang makin membesar saat hamil, perubahan payudara menjadi lebih besar juga menjadi ciri orang hamil yang mudah ditemukan. Kadar hormon wanita langsung mengalami perubahan setelah terjadi pembuahan dalam rahimnya. Dan, hal ini dapat menyebabkan payudara Anda menjadi besar. Selain bertambah besar, payudara juga terasa nyeri dan lebih sensitif. Anda mungkin akan merasa payudara Anda lebih penuh dan merasa geli saat disentuh.

Selain bentuk payudara, puting payudara Anda juga mengalami perubahan. Puting payudara menjadi lebih besar dan daerah sekitar puting (disebut dengan areola) menjadi lebih gelap. Payudara dan puting payudara yang makin membesar ini dipersiapkan oleh tubuh Anda untuk memproduksi ASI dan menyusui ketika bayi Anda sudah lahir.

Anda mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menyesuaikan diri Anda dengan perubahan payudara ini. Agar Anda lebih nyaman dengan perubahan ini, sebaiknya pakai bra yang sesuai dengan bentuk payudara Anda. Mungkin Anda harus membeli bra dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran bra Anda biasanya.

2. Perubahan kulit dan rambut

Saat Anda hamil, Anda juga mengalami berbagai perubahan pada rambut dan kulit. Berbagai perubahan ini normal terjadi pada setiap ibu hamil. Anda mungkin akan mengalami masalah pada pertumbuhan rambut, juga perubahan pada warna kulit (pigmentasi). Kulit Anda juga bisa lebih sensitif dan terasa gatal.

Perubahan warna kulit seringnya terjadi pada bagian leher, wajah, dan bagian lain yang sering terkena sinar matahari. Beberapa ibu hamil mungkin akan merasa kulitnya lebih cerah saat hamil, sebagian lagi mungkin akan merasa kulitnya lebih kusam dan gelap saat hamil. Perubahan ini biasanya berbeda-beda antar ibu hamil. Selain itu, jika Anda mempunyai tanda lahir atau tahi lalat, ini juga akan mengalami perubahan menjadi lebih gelap saat Anda hamil.

Tidak hanya itu, pembuluh darah Anda mungkin juga terlihat jelas di beberapa bagian tubuh tertentu. Hal ini bisa terjadi karena ada pembuluh darah kecil yang pecah karena ibu hamil memasok banyak darah saat hamil. Pembuluh darah kecil yang terlihat di bawah kulit ini biasa disebut dengan spider veins (pembuluh darah laba-laba). Pembuluh darah yang terdapat di betis Anda juga bisa pecah. Ini dinamakan dengan varises, biasanya muncul berwarna biru dan menyakitkan.

3. Perubahan suhu tubuh basal

Saat terjadi pembuahan, suhu tubuh Anda mungkin sedikit akan naik sekitar setengah derajat atau lebih tinggi. Suhu tubuh yang sedikit lebih tinggi ini mungkin akan berlangsung beberapa minggu setelah Anda pembuahan atau tidak menstruasi lagi. Artinya, saat ini Anda mungkin sedang hamil.

Baca Juga:

Sumber