backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Rekomendasi Merk Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 14/08/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Merk Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda mungkin membutuhkan tambahan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan janin. Namun, dengan banyaknya merk vitamin C di pasaran, Anda mungkin bertanya-tanya mana yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang tidak diproduksi tubuh sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan seperti sayur dan buah-buahan. Agar tak salah pilih, Anda bisa mencoba rekomendasi kami berikut ini.

Cara memilih merk vitamin C yang aman untuk ibu hamil

Saat ini, sudah tersedia berbagai merk suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Hanya saja, mungkin tidak semua merek cocok untuk ibu hamil.

Oleh karena itu, penting untuk lebih selektif saat memilih suplemen selama masa kehamilan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa ibu terapkan saat mencari tambahan asupan vitamin C.

1. Pilih yang kandungannya sesuai kebutuhan

obat penambah darah untuk ibu hamil

Laman Mother to Baby menyebutkan bahwa kebutuhan vitamin C harian pada ibu hamil di atas 19 tahun adalah 85 mg per hari dengan batas maksimal 2.000 mg.

Oleh karena itu, penting untuk memilih merek suplemen yang kandungan vitamin C-nya berada dalam kisaran angka tersebut.

Meski demikian, setiap ibu hamil mungkin memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda. Bicarakanlah dengan dokter kandungan Anda terkait kebutuhan vitamin Anda saat hamil.

2. Pilih yang bentuknya memudahkan untuk dikonsumsi

Ibu akan menemukan berbagai merk vitamin C dengan bentuk yang berbeda-beda, mulai dari kapsul besar, kecil, sampai permen kunyah yang manis.

Jika ibu kesulitan menelan obat, tablet kunyah bisa menjadi solusinya. Jangan lupa, usahakan untuk memilih suplemen vitamin C yang terbebas dari pewarna, pengawet, atau perasa buatan.

Rekomendasi merek vitamin C yang aman untuk ibu hamil

Jika ibu disarankan untuk minum suplemen vitamin C oleh dokter kandungan, berikut adalah beberapa merek yang bisa dipertimbangkan.

1. Nature’s Way Vita Gummies Vitamin C

Memiliki tekstur kenyal layaknya permen jelly, Nature’s Way Vita Gummies bisa menjadi salah satu produk penambah vitamin C pada ibu hamil yang sering kesulitan menelan vitamin berbentuk kapsul.

Setiap butir Nature’s Way Vita Gummies mengandung 65 mg vitamin C yang bisa membantu meningkatkan imunitas untuk melindungi ibu dari berbagai macam penyakit.

Ibu bisa mengonsumsi 2–3 butir Nature’s Way Vita Gummies setiap harinya. Namun, supaya lebih aman, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter terkait takaran yang sesuai.

Nomor izin edar BPOM: ML 224509052826

2. Holisticare Super Ester C

Telah hadir sejak lebih dari 25 tahun lalu, Holisticare Super Ester C masih menjadi salah satu suplemen andalan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, termasuk pada ibu hamil.

Merk vitamin C ini dikenal tidak perih pada lambung sehingga cocok bagi ibu hamil yang memiliki lambung sensitif.

Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, tubuh akan lebih mudah menyerap berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi yang tidak kalah penting selama kehamilan.

Holisticare Super Ester C juga dipercaya dapat membantu pembentukan kolagen dalam tubuh sehingga kesehatan kulit dan rambut senantiasa terjaga.

Nomor izin edar BPOM: SD031508481

3. Enervon C

Dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya, Enervon-C akan membantu menjaga kekebalan tubuh selama kehamilan.

Produk ini juga telah diperkaya dengan vitamin B kompleks yang mampu menjaga energi dalam tubuh sekaligus mempercepat proses pemulihan setelah sakit.

Enervon-C juga dilengkapi dengan kandungan niacinamide, kalsium pantotenat, vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang bagus bagi kesehatan.

Meski diklaim aman dikonsumsi setiap hari, ibu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter terkait batas asupan suplemen vitamin C harian.

Nomor izin edar BPOM: SD011500991

4. Blackmores Vitamin C

Rekomendasi vitamin C yang bagus untuk ibu hamil berikutnya datang dari Blackmores.

Produk satu ini mengandung 500 mg vitamin C yang akan menjaga daya tahan tubuh selama kehamilan. Jika daya tahan tubuh kuat, ibu tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Blackmores Vitamin C dapat diminum hingga 2 tablet setiap harinya setelah makan. Namun, pastikan dosis tersebut dengan anjuran dokter kandungan.

Dengan harga Rp155.000,00, Anda akan mendapatkan 60 tablet Blackmores Vitamin C yang artinya bisa dikonsumsi selama-kurang lebih satu bulan.

Nomor izin edar BPOM: SI164507251

5. Nature’s Plus Super C Complex

Tanpa tambahan unsur hewani dan gluten, Nature’s Plus Super C Complex cocok bagi ibu hamil yang merupakan seorang vegetarian.

Tidak sekedar memenuhi kebutuhan harian vitamin C, suplemen dari merk satu ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

Setiap kemasan Nature’s Plus Super C Complex seharga Rp465.000,00 berisi 60 tablet suplemen. Ibu disarankan untuk mengonsumsi satu tablet per hari atau sesuai petunjuk dokter.

Nomor izin edar BPOM: SI044511381

6. Becom C

Tidak hanya mengandung vitamin C, Becom C juga diperkaya dengan vitamin B kompleks. Kombinasi keduanya akan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain mendukung tumbuh-kembang janin, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan kulit selama kehamilan. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ibu rentan mengalami masalah kulit saat hamil.

Jika ibu memiliki masalah lambung tetapi ingin minum vitamin Becom C, mulailah dengan ½ kaplet sesudah makan.

Jika tidak ada gejala maag ataupun rasa tidak nyaman pada perut, ibu bisa meningkatkan dosis menjadi satu kaplet atau sesuai petunjuk dokter.

Nomor izin edar BPOM: SD081534111

7. Vitamin C IPI

Bentuknya yang kecil membuat vitamin C IPI menjadi pilihan aman bagi ibu yang kerap kesusahan menelan obat.

Bukan hanya ukuran tabletnya, vitamin ini juga memiliki kemasan kecil yang memudahkannya untuk dibawa ke mana-mana.

Satu butir C IPI akan membantu memenuhi lebih dari setengah kebutuhan vitamin C jarian ibu. Selain vitamin C, suplemen dari merk IPI ini juga dilengkapi dengan vitamin A, B1, B12, hingga B kompleks.

Meski begitu, ibu tetap tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Nomor izin edar BPOM: SD141546241

8. Xon-Ce 500

Dengan jenis tablet isap, Xon-Ce akan memudahkan ibu untuk mendapatkan asupan vitamin C. Merk satu ini juga menawarkan produk dengan rasa jeruk yang cukup menyegarkan.

Sesuai namanya, dalam satu tablet Xon-Ce ibu akan mendapatkan asupan 500 mg vitamin C. Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Xon-Ce juga tersedia dalam kemasan ekonomis, yaitu dua butir pada setiap kemasan. Dengan begitu, ibu bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli dalam jumlah yang banyak.

Nomor izin edar BPOM: SD201547301

9. Vitalong C

Berbagai perubahan saat hamil kerap membuat ibu lebih rentan sakit. Untuk mempercepat proses pemulihan, ibu perlu mendapat asupan vitamin C yang memadai.

Nah, salah satu rekomendasi suplemen vitamin C yang bagus dan aman untuk ibu hamil adalah Vitalong C.

Ibu dianjurkan untuk minum Vitalong C sebanyak satu tablet tiap harinya. Dalam setiap kapsul Vitalong C, ibu akan mendapatkan asupan 500 mg vitamin C dari asam karbonat.

Meskipun suplemen ini aman, sebaiknya ibu sudah mendapat izin terlebih dahulu dari dokter kandungan sebelum meminumnya secara rutin.

Nomor izin edar BPOM: SD081334451

10. Vitacimin C 

Hadir dalam bentuk tablet isap, Vitacimin bisa menjadi merk suplemen vitamin C selama kehamilan, terutama bagi ibu yang sering kesulitan menelan obat utuh.

Pada setiap tablet Vitacimin, ibu akan mendapat 500 mg vitamin C dengan rasa asam manis. Anda bisa mendapatkan ini dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp2.500,00-an saja.

Kandungan vitamin C pada merk suplemen ini akan membantu memelihara kesehatan tubuh sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka.

Nomor izin edar BPOM: SD021501851

Nah, itulah beberapa rekomendasi merk vitamin C yang bagus dan aman untuk ibu hamil. Ingat, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi suplemen apa pun secara rutin.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 14/08/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan