Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Ambeien yang Muncul di Luar Anus

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ambeien atau biasa dikenal dengan sebutan wasir adalah peradangan pada pembuluh darah yang ada di area anus. Benjolan wasir bisa tumbuh di dalam saluran anus (ambeien internal) atau di luar anus (ambeien eksternal). Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang ambeien internal.

Apa itu ambeien luar?

Menurut dr. Michael Valente, ahli bedah kolorektal dari Cleveland Clinic, ambeien luar adalah benjolan atau gumpalan berisi pembuluh darah yang meradang di bawah permukaan kulit anus.

Pembuluh darah di anus dapat meregang dan teriritasi sehingga menjadi bengkak serupa benjolan.

Jenis ambeien ini akan mudah terlihat dari luar dengan mata telanjang. Awalnya bentuk dari ambeien ini kecil tidak terlihat. Namun semakin meradang, benjolan bisa makin besar dan memerah, dan semakin sakit juga rasanya.

Wasir eksternal juga biasanya disebut sebagai skin tag.

Apa penyebab wasir tumbuh di luar?

Wasir eksternal adalah benjolan dari pembuluh vena yang ada di luar anus. Ada beberapa penyebab wasir atau ambeien eksternal, mulai dari gaya hidup sampai kondisi dan penyakit tertentu.

1. Ngeden terlalu keras saat BAB

Wasir umum disebabkan oleh kebiasaan ngeden terlalu keras saat buang air besar. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang yang mengalami sembelit. Feses yang keras dan padat akan sulit dikeluarkan sehingga butuh dorongan dan tenaga ekstra saat ngeden

Ngeden terlalu kuat dapat meningkatkan aliran darah pada anus. Jika terlalu sering ngeden, aliran darah balik akan tertahan dan berkumpul di area hemorrhoid sehingga dapat membengkak. Alhasil Anda bisa terkena ambeien luar bila sering mengalami sembelit.

2. Kehamilan

Ambeien luar juga bisa terjadi selama hamil karena rahim dan berat bayi terus menekan panggul. Berat ekstra ini juga dapat menekan vena cava inferior.

Vena kava inferior adalah pembuluh besar yang terdapat di sisi kanan tubuh. Tugasnya untuk membawa darah dari bagian bawah tubuh untuk dikembalikan ke jantung.  Jika vena kaca inferior terhimpit, maka aliran darah ke jantung akan terganggu. Ini menyebabkan pembuluh darah di bawah rahim membesar, termasuk pembuluh darah di anus.

3. Mengangkat benda terlalu berat

Terlalu sering mengangkat benda berat, misalnya seperti sofa, galon air, atau bahkan karus beras dapat memicu risiko pembuluh darah di anus membengkak.

Mengangkat benda berat akan meningkatkan tekanan di dalam perut sehingga kondisinya mirip seolah Anda sedang mengejan. Efeknya pun sama. Darah dapat berkumpul di area hemorrhoid sehingga membentuk hemorrhoid eksterna.

4. Usia

Salah satu penyebab hemorrhoid adalah penuaan. Pembuluh darah bisa melemas, meregang, dan melonggar saat Anda semakin tua. Termasuk pembuluh yang ada di sekitar rektum dan anus, karena pembuluh darah. Akhirnya, ini membuat bagian sekitar rektum rentan membengkak dan mengalami benjolan. Tidak heran bila hemorrhoid eksternal lebih sering terjadi pada orang berusia 45-65 tahun.

Apa saja gejala ambeien eksternal?

Ada berbagai gejala yang muncul ketika ambeien tumbuh di luar. Gejala cenderung bervariasi tergantung pada tingkat keparahan wasir Anda.

Berikut adalah gejala wasir eksternal yang harus Anda ketahui:

  • Gatal di sekitar anus atau daerah dubur
  • Rasa sakit atau nyeri di sekitar anus
  • Benjolan di dekat atau di sekitar anus yang, bisa bengkak atau tidak
  • Muncul bercak darah di pakaian dalam, celana, rok, atau bangku akibat ambeien pecah
  • Anda mungkin melihat ada bercak darah di tissue sehabis membersihkan anus

Pada beberapa kasus, benjolan wasir esternal dapat berupa jaringan daging atau kulit berlebih yang menggantung dari lubang anus. Ini disebut skin tag. Sisa jaringan tersebut terjadi akibat benjolan pembuluhnya sudah sembuh dan mengecil, sedangkan sisa kulit bekas gumpalan darahnya tidak bisa ikut mengecil dan hilang.

Skin tag bisa membuat feses yang keluar tersangkut di sekitar lubang anys. Ketika tidak dibersihkan dengan benar, bisa memicu risiko infeksi pada kulit sekitar anus. 

Bagaimana cara mengobati ambeien luar?

Perubahan gaya hidup

Ambeien luar umumnya dapat sembuh sendiri. Berikut berbagai tips perawatan di rumah agar gejala wasir eksternal Anda tidak semakin parah:

  • Pakai krim dan salep topikal mengandung hidrokortison untuk mengobati ambeien luar.
  • Kompres hangat bisa dilakukan di dekat titik kemunculan ambeien. Kompres bisa membantu meredakan pembengkakan wasir.
  • Berendam air hangat bisa membantu meredakan bengkak dan gatal saat ambeien.
  • Minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada anus. 

Operasi 

Jika lama sembuhnya dan makin terasa sakit, sebaiknya konsultasi ke dokter.

Ambeien luar bisa berubah menjadi parah dan menimbulkan komplikasi ambeien trombosis. Ini adalah ambeien yang sangat berisiko pecah. Dokter umumnya akan melakukan tindakan dengan mengikat, memutuskan, atau mengangkat ambeien luar tersebut.

Prosedur berikut ini hanya dapat dilakukan oleh dokter di rumah sakit:

1. Ligasi pita karet

Prosedur ini dilakukan untuk menghambat aliran darah yang masuk ke benjolan ambeien dengan melilitkan pita karet kecil di atas benjolan tersebut.

Ambeien kemudian bisa lepas dalam beberapa hari, sementara lukanya bisa sembuh dalam satu hingga dua minggu. Beberapa hari setelah melakukan prosedur ini, biasanya pasien akan merasa tidak nyaman dan terjadi perdarahan ringan. 

2. Hemoroidektomi

Ini adalah metode bedah untuk mengangkat jaringan ekstra yang menyebabkan perdarahan dan tonjolan pada ambeien luar. Sebelum dibedah, Anda akan diberi suntik anestesi terlebih dahulu.

Hemoroidektomi akan dilakukan dengan pertimbangan berikut:

  • Operasi ini akan dilakukan apabila ditemukan hemorrhoid eksterna sering kambuh.
  • Pernah melakukan ligasi pita karet, namun hasilnya tidak efektif.
  • Gumpalan darah yang menonjol tidak mengecil.
  • Terjadi perdarahan kronis.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca