Cegah Freckles Muncul di Kulit dengan 4 Cara Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/08/2019
Bagikan sekarang

Freckles merupakan bintik-bintik cokelat pada kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari. Walaupun tidak berbahaya, bintik-bintik cokelat ini tentu memengaruhi penampilan Anda. Lantas, bagaimana cara mencegah freckles agar tak muncul di wajah? Simak simak beberapa tips di bawah ini. 

Tips mencegah bintik cokelat (freckles)

Bagi orang yang memiliki freckles, terutama wajah, biasanya memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap matahari dibandingkan orang yang tidak mempunyai bintik cokelat tersebut. Itu sebabnya, satu-satunya cara mencegah freckles muncul adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Bintik cokelat yang muncul mungkin tidak dapat hilang dengan mudah, namun Anda tetap dapat berusaha untuk mencegah timbulnya freckles baru.

Menurut American Academy of Dermatology, berikut beberapa tips untuk melindungi kulit dari sinar UV agar freckles tidak muncul. 

1. Selalu menggunakan sunscreen

Memakai sunscreen yang mengandung, minimal, SPF 30 ketika di luar ruangan dapat membuat kulit Anda terlindungi dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Tidak hanya ketika matahari sedang terik, Anda pun wajib memakai sunscreen ketika cuaca sedang berawan atau sedikit lebih teduh daripada biasanya. Namun, apabila cuacanya lebih teduh, Anda bisa menggantinya dengan kandungan SPF yang lebih ringan, yaitu 15.

Bintik cokelat muncul karena paparan sinar matahari yang berlebih. Itu sebabnya, menggunakan tabir surya yang dapat menghalau sinar UVA dan UVB dapat mencegah freckles muncul di kulit, terutma wajah Anda.

Tak hanya mencegah bintik cokelat, menggunakan tabir surya juga dapat mencegah sinar UVA menembus kulit Anda yang membuat Anda berisiko penuaan dini dan kanker kulit. Tabir surya juga mencegah kulit Anda terbakar akibat sinar UVB dari paparan matahari.

Cara menggunakan sunscreen yang benar:

  • Pakailah tabir surya setiap dua jam sekali. 
  • Periksa tanggal kedaluwarsa sunscreen Anda. Biasanya, sunscreen hanya boleh dipakai dalam jangka waktu tiga tahun. 
  • Lindungi bibir Anda dengan lip balm yang mengandung SPF 15 atau mengandung bahan yang sama dengan sunscreen

2. Memilih pakaian yang menutupi kulit 

pakai sunscreen

Salah satu cara mencegah timbulnya freckles adalah memilih pakaian yang lebih menutupi kulit Anda. Misalnya, celana panjang hingga menutupi mata kaki atau kaos berlengan panjang sehingga kulit tidak terpapar sinar UV. 

Meskipun Anda sudah memakai tabir surya, bukan berarti Anda dapat membiarkan kulit Anda terkena sinar matahari sesuka hati. Memilih pakaian yang tepat bisa menambah perlindungan agar kulit tidak cepat mengalami penuaan atau masalah akibat paparan sinar matahari. 

Jika tidak memungkinkan pakaian panjang dan tertutup karena cuaca yang amat menyengat, Anda bisa menggunakan topi untuk melindungi wajah Anda sehingga terhindar dari freckles. 

3. Menghindari matahari terik

kurang sinar matahari

Jika tidak terlalu mendesak, usahakan tidak keluar ruangan ketika sinar matahari sedang terik-teriknya, yaitu pada jam 10 pagi sampai 4 sore. Akan tetapi, bila tidak memungkinkan, cobalah untuk menggunakan payung sebagai salah satu cara mencegah freckles yang muncul akibat paparan sinar matahari. 

4. Memakai kacamata hitam

Selain pakaian tertutup dan sunscreen, cara mencegah freckles lainnya adalah memakai kacamata hitam. Freckles tidak hanya muncul di lengan atau pipi Anda saja, bintik-bintik cokelat ini juga timbul di dekat mata karena tidak jarang orang sering mengabaikan area tersebut. 

Oleh karena itu, jika sedang memasuki musim kemarau, usahakan memakai kacamata hitam ketika berada di luar ruangan atau berkendara. Selain melindungi dari sinar UV pada kulit di sekitar mata, kacamata hitam juga berguna untuk mengurangi risiko penyakit katarak. 

Yang terpenting dalam mencegah munculnya bintik cokelat di wajah adalah sadar dengan kesehatan kulit. Sebab, menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan melindungi kulit tak hanya bisa mencegah freckles, tapi juga membuat kulit lebih sehat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Tabir Surya

Sunblock harus digunakan setiap hari untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari dan mencegah kanker kulit. Membeli sunblock tidak boleh sembarangan, lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Gladys Mangkuliguna

3 Tanda di Kulit yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

Tahi lalat memang normal. Tapi jika tahi lalat Anda membesar, ini bisa jadi ciri kanker kulit. Masalah kulit apa lagi yang harus segera dicek dokter?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Banyak orang menjalani suntik vitamin C dan memakai produk berbahan vitamin C untuk memutihkan kulit. Tapi apa benar vitamin C bisa mencerahkan kulit?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

4 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah

Kulit belang bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bagaimana cara meratakan warna kulit wajah agar terlihat lebih cerah?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

Direkomendasikan untuk Anda

menghilangkan freckles di mata

Muncul Freckles di Mata, Apakah Berbahaya? Perlukah Dihilangkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/08/2019
freckles di mata

Penyebab Muncul Bintik-Bintik Cokelat (Freckles) di Mata, Plus Tanda-Tandanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2019
bercak cokelat di wajah

Punya Bercak Cokelat di Wajah, Bagaimana Menghilangkannya?

Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 05/09/2018
cara melindungi kulit

Berbagai Cara Jitu Melindungi Kulit Bagian Luar dari Kerusakan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2018