7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Seperti yang telah kita ketahui, virus flu terus bermutasi dengan sedikit perubahan dalam struktur DNA mereka yang membuat tubuh mustahil untuk mengembangkan kekebalan terhadap virus ini. Ketika seorang individu terkena flu, tubuh merespon dengan membentuk antibodi untuk melawan partikel virus yang menyerang tubuh. Meskipun tubuh akan kebal terhadap jenis virus tertentu, namun antibodi akan berdaya melawan virus flu yang telah bermutasi. Tidak seperti infeksi bakteri, virus tidak merespon terhadap antibiotik. Namun, tubuh Anda dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mengusir virus dengan makan makanan yang sehat. Mari kita lihat beberapa makanan untuk flu berikut ini!

Daftar makanan untuk flu

1. Sayur sop

Pengobatan klasik ini telah bertahan dalam waktu yang lama dari berbagai generasi untuk alasan yang baik. Kuah yang panas akan memiliki efek yang menguntungkan yang sama seperti air putih dan teh panas. Selain itu, kaldu ayam yang berada di dalamnya memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh yang dapat membantu menurunkan pembengkakan yang terjadi pada hidung dan bagian sinus. Sayuran yang ditambahkan pada kuah kaldu ayam ini juga penuh dengan antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mempercepat pemulihan.

2. Bawang putih

Salah satu makanan yang dikenal sebagai kekuatan besar dalam komunitas kesehatan adalah bawang putih. Bawang putih merupakan makanan untuk flu yang penuh dengan antioksidan. Antioksidan ini menjadikan bawang putih sebagai agen antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat mempercepat proses penyembuhan pada individu yang menderita flu. Bawang putih yang pedas dan beraroma mungkin tidak memiliki rasa yang begitu enak, namun ia memiliki kekuatan untuk menghancurkan mikroba dan juga mengurangi rasa sakit akibat hidung tersumbat.

3. Pisang

Ketika Anda mulai pulih, keputusan terburuk yang Anda buat adalah untuk langsung mengonsumsi banyak makanan padat setelah beberapa hari mengonsumsi makanan yang sebagian besar cairan. Makanan yang memudahkan transisi kembali ke kebiasaan makan normal, seperti pisang, akan memungkinkan perut Anda menyesuaikan tanpa terasa mual atau kembung. Pisang juga memiliki banyak kalium yang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan gejala flu biasa.

4. Jus sayur

Cara lain untuk tetap terhidrasi adalah untuk mengonsumsi jus sayur segar. Tidak seperti jus buah, jus sayur umumnya rendah gula. Ini adalah makanan untuk flu yang memiliki banyak antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan membentuknya menjadi jus, segala jenis sayuran ini akan lebih mudah dikonsumsi, terutama jika sedang tidak nafsu makan.

5. Ayam atau kalkun

Unggas merupakan sumber protein yang sehat dan baik untuk mencukupi kebutuhan Anda saat tubuh sedang pada kondisi lemah. Makan makanan berprotein saat flu dapat memberikan tubuh Anda asupan energi yang diperlukan untuk melawan penyakit. Meskipun tubuh sangat tangguh dan dapat menghadapi sebagian besar penyakit tanpa bantuan, namun dorongan dari protein dapat memberikan energi pada sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat pemulihan.

6. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kunyit, cengkeh, dan kayu manis yang dikemas dengan antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh rempah-rempah setiap hari untuk membantu menangkal flu. Anda dapat mencoba untuk mencampur beberapa kayu manis ke dalam oatmeal pagi. Jika Anda telah merasa bahwa flu telah menyerang Anda, Ayurveda merekomendasikan menggunakan makanan untuk flu berikut dalam membantu mengeluarkan keringat demam: Masukkan ½ sendok teh kayu manis dan ½ sendok teh ketumbar ke dalam air mendidih untuk membuat teh. Atau, ¼ sendok teh jahe bubuk juga dapat ditambahkan untuk membantu menurunkan suhu tubuh Anda ketika demam.

7. Makanan pedas

Anda dapat menambahkan cabai rawit pada sup, teh, dan makanan lain, atau menikmati sayuran pedas, kari berbasis ayam, atau hidangan tumis untuk mengurangi hidung mampet yang berhubungan dengan flu. Karena flu akan mengurangi rasa makanan, maka memakan makanan pedas dapat memberikan potensi rasa yang lebih besar dari makanan yang terasa hambar. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan untuk flu ini, karena jika Anda makan terlalu banyak itu akan membuat lidah Anda terbakar dan menimbulkan gejala mengganggu lainnya.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca