6 Gerakan Peregangan Sederhana untuk Meredakan Sakit Leher

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda termasuk orang yang sering mengalami nyeri leher dan bahu karena akibat duduk terlalu lama di depan komputer? Hmmm… terlalu lama duduk di depan komputer memang bisa membuat posisi tubuh menjadi kaku. Hal ini membuat otot di leher dan bahu Anda menjadi tegang dan tidak jarang rasa sakit pun bisa berkembang.

Di sela-sela kesibukan, ada baiknya Anda sempatkan untuk melakukan gerakan peregangan supaya mengurangi kekakuan otot pada leher dan sekitar bahu. Anda tidak harus keluar ruangan untuk melakukan peregangan. Pasalnya, gerakan peregangan bisa dilakukan hanya dengan duduk di kursi kantor. 

Langkah melakukan gerakan peregangan untuk meredakan nyeri leher

Anda bisa mencoba 6 gerakan peregangan sederhana yang bisa dilakukan di kursi kantor Anda untuk melemaskan otot leher dan pundak berikut ini.

Gerakan 1

Posisikan duduk Anda secara tegak dan tatap pandangan Anda ke depan. Lalu miringkan kepala Anda ke samping lalu lingkarkan tangan ke atas kepala hingga menyentuh telinga. Saat memiringkan kepala ke samping, usahakan agar pandangan tetap menatap ke depan. Rasakan peregangan di sisi kiri leher Anda dan tahan selama 20 sampai 30 detik. Perlahan angkat kepala ke atas dan turunkan ke sisi sebelah kanan. Tahan lagi selama 20 sampai 30 detik. Ulangi gerakan tiga sampai empat kali.

Gerakan  2

Sama seperti langkah pertama, posis duduk Anda masih dalam keadaan tegak. Lalu putar kepala Anda dari sisi ke sisi. Setelah itu tengok kepala ke kanan sesuai dengan kenyamanan Anda dan tahan menggunakan tangan selama 20 sampai 30 detik. Pelan-pelan putar kembali kepala Anda kembali dari sisi kiri dan tahan lagi selama 20 sampai 30 detik dan lakukan gerakan berulang tiga sampai empat kali.

Gerakan  3

Posisikan pandangan Anda lurus ke depan. Lalu gelengan kepala secara perlahan ke kanan dan ke kiri seperti tanda “ya” dan “tidak”. Agar lebih bersemangat, Anda bisa melakukan gerakan kreatif dengan membayangan pertanyaan yang jawabannya “ya” dan “tidak”

Gerakan 4

Turunkan dagu ke dada Anda sejauh yang Anda bisa dan merasa nyaman. Tahan selama 20 sampai 30 detik dan angkat kepala Anda kembali ke atas. Lalu, jauhkan kepala Anda ke belakang sampai Anda bisa melihat lurus ke atas langit-langit, Anda bisa mendorong kepala menggunakan kedua jempol Anda yang dikepal. Tahan selama 20 sampai 30 detik dan lakukan gerakan secara berulang. 

Gerakan 5

Duduklah di kursi dan lihatlah pandangan ke depan. Eratkan jari-jari Anda satu sama lain dan putar telapak tangan Anda ke luar. Angkat kedua lengan lurus ke atas tubuh Anda sehingga telapak tangan menghadap langit-langit. Dorong telapak tangan sejauh yang Anda bisa dan senyaman yang Anda lakukan. Tahan selama 20 sampai 30 detik dan lakukan gerakan berulang.

Gerakan 6

Berdirilah dengan memposisikan kaki selebar bahu dan letakkan lengan di sisi tubuh Anda. Putar bahu ke arah depan dan ke bawah. Kemudian remas bahu secara bergantian. Lalu ulangi gerakan putar bahu dengan arah yang berlawan. Lakukan 10 sampai 12 kali pengulangan ke depan, lalu ke arah yang sebaliknya. Lakukan gerakan tiga sampai empat kali.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca