Sakit Kepala Setiap Hari? Mungkin Anda Mengidap Salah Satu Kondisi Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Ya, sakit kepala adalah gejala umum yang bisa terjadi akibat berbagai kondisi, misalnya saja ketika Anda kurang minum atau makan, gejala ini akan langsung menyerang. Tapi bagaimana jika sakit kepala dirasakan setiap hari? Apakah Anda pernah merasakannya?

Apakah normal merasa sakit kepala setiap hari?

Meskipun sakit kepala adalah gejala yang cukup ringan, namun jika Anda merasakan sakit kepala setiap hari tentu saja bukan lah hal yang normal. Bila Anda merasakan sakit kepala setiap hari, setidaknya 15 hari berturut-turut atau lebih dalam sebulan, maka Anda bisa dianggap mengalami sakit kepala kronis. Kondisi ini bahkan dapat berlangsung berbulan-bulan, sedikitnya 3 bulan.

Jenis sakit kepala harian ini bisa dalam bentuk apa saja, entah itu sakit kepala sebelah atau di seluruh bagian kepala. Selain itu, tingkat intensitasnya juga berbeda-beda setiap harinya, bisa saja hari ini kepala Anda terasa sangat sakit dan keesokan harinya rasa sakitnya berkurang.  Namun, rasa sakit kepala itu selalu ada, setiap hari.

Dalam satu hari, durasi sakit kepala yang dirasakan juga bermacam-macam. Bisa berlangsung dalam durasi yang cukup lama atau bahkan sebentar saja – kurang dari empat jam. Kondisi ini disebut dengan sakit kepala primer.

Sakit kepala setiap hari, apa penyebabnya?

Jenis sakit kepala primer yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa kondisi ini bisa saja terjadi tiba-tiba pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Sementara, bila Anda tidak mengalami gangguan sakit kepala primer, tetapi merasa sakit kepala setiap hari, maka gejala sakit yang Anda rasakan setiap hari tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa kondis sebagai berikut:

  • Perubahan tekanan atau volume pada cairan di tulang belakang. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang melakukan tindakan pengambilan cairan tulang belakang.
  • Meningitis, yaitu infeksi virus yang menyerang selaput otak dan tulang belakang, sehingga menyebabkan gejala sakit kepala setiap hari.
  • Cedera di bagian kepala. Sakit kepala setiap hari bisa saja terjadi bila Anda memiliki riwayat cedera pada kepala.
  • Penggumpalan darah pada otak, termasuk stroke.
  • Tumor otak, salah satu gejalanya ditandai dengan sakit kepala.                                      

Biasanya kondisi-kondisi medis tersebut juga menimbulkan beberapa gejala selain sakit kepala, seperti kelelahan atau penurunan fungsi kognitif.

Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan sakit kepala yang datang setiap hari?

Bila Anda merasa sakit kepala setiap hari, maka dokter Anda akan memberikan beberapa obat yang ditujukan untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasa. namun untuk mengetahui obat mana yang dapat ampuh mengatasi sakit kepala harian yang Anda alami, dokter biasanya mencoba-coba beberapa jenis obat, hingga menemukan obat yang sesuai dengan Anda.

Beberapa obat yang diberikan pada orang yang mengalami sakit kepala harian adalah:

Untuk mengetahui apakah Anda memang mengalami sakit kepala harian primer atau sakit kepala akibat kondisi lain, maka sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca