Kepala pusing dan pandangan kabur sering terjadi bersamaan. Ini karena adanya hubungan yang cukup rumit antara pengolahan visual oleh mata dengan sistem organ tubuh lainnya. Selain karena penyakit mata, pandangan kabur dan kepala pusing ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami sakit kepala dan pandangan kabur, pengobatannya akan berbeda-beda, tergantung apa penyebabnya. Sudah tahu apa saja penyebab pandangan kabur dan kepala pusing? Simak di bawah ini.

1. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi ketika jumlah gula darah rendah. Hal ini bisa terjadi pada orang yang mengalami diabetes atau orang yang menggunakan pengobatan dengan menggunakan insulin. Melewati makan, makan jauh lebih sedikit dari biasanya, atau olahraga yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu hipoglikemia.

Salah satu gejala yang timbul jika seseorang mengalami hipoglikemia antara lain munculnya pandangan yang kabur, sakit kepala, keringat berlebihan, susah konsentrasi, gemetar, serta kelelahan.

2. Tekanan darah rendah

Tekanan darah dikatakan rendah jika angkanya turun di bawah 90/60 mmHg. Penyebab tekanan darah rendah atau hipotensi ini antara lain dehidrasi, masalah kesehatan jantung, serta kekurangan vitamin B12 dan folat, reaksi anafilaktik, dan perdarahan. Tekanan darah rendah menyebabkan munculnya berbagai macam gejala mulai dari sakit kepala, pandangan kabur, mual, lemas, konsentrasi menurun, bahkan pingsan.

3. Migrain

Migrain adalah kondisi sakit kepala yang terjadi di salah satu sisi kepala. Migrain memiliki beberapa gejala yang berbeda tergantung dengan tahapannya. Pada saat serangan utama sakit kepala sebelah ini memuncak, pandangan kabur bisa timbul. Gejala lain yang timbul adalah kurang nafsu maka serta peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, suara atau bau.

Pemicu migrain pun bermacam-macam. Mulai dari makanan yang tinggi natrium, bahan tambahan pangan tertentu seperti MSG, minuman alkohol dan yang tinggi kafein, stres, efek pengobatan, dan perubahan pola tidur dapat memengaruhinya.

Pada dasarnya, di bagian kepala, bukan hanya migrain yang bisa menimbulkan pusing dan pandangan kabur. Apa pun kondisi yang mengurangi aliran darah ke otak bisa memicu terjadinya pusing dan pandangan yang kabur. Jika ada cedera di bagian kepala pun juga bisa menimbulkan pandangan kabur dan pusing.

4. Whisplash atau cedera lecutan

Whisplash adalah kondisi terjadinya cedera leher. Cedera ini terjadi ketika posisi leher Anda dipaksa terlalu mundur ke arah belakang. Biasanya ini bisa terjadi pada kecelakaan mobil, olahraga yang melibatkan kontak fisik antar pemainnya (contoh sepak bola, karate, tinju, dan lain-lain), jatuh dari sepeda, atau kejatuhan benda yang membuat kepala tersentak ke belakang.

Kondisi ini akan menimbulkan luka pada ligamen, otot, tulang, dan sendi. Cedera ini sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas penderitanya.

Sekitar 24 jam setelah insiden terjadi, biasanya akan muncul beberapa gejala sakit kepala khususnya di bagian belakang, pandangan kabur, dan leher terasa kaku.

5. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang terjadi akibat ada kerusakan pada saraf optik. Ada dua bentuk glukoma yang paling umum terjadi yakni glukoma sudut terbuka primer dan glaukoma sudut tertutup. Glaukoma sudut terbuka primer jarangan menunjukan gejala, tiba-tiba pandangan mata Anda menyempit.

Sedangkan glaukoma sudut tertutup akut atau yang disebut dengan acute angle-closure glaucoma juga bisa jadi penyebab pandangan kabur, pusing, sakit kepala, mata terasa nyeri, mual, dan muntah. 

6. Gangguan mata lainnya

Terdapat berbagai kondisi mata lainnya yang bisa jadi penyebab pandangan kabur dan juga sakit kepala. Orang yang rabun jauh atau rabun dekat juga bisa mengalami serangan sakit kepala disertai pandangan kabur, apalagi jika ukuran kacamata tidak sesuai dengan kondisi matanya.

Katarak juga bisa jadi penyebab pandangan kabur dan pusing yang ringan. Bahkan perubahan mata terkait kehamilan dapat menyebabkan penglihatan terganggu dan sakit kepala.

Meskipun beberapa perubahan pengelihatan dapat menyebabkan sakit kepala dan dan pandangan yang kabur, namun tidak semua kondisi ini menandakan masalah medis yang parah. Untuk itu, konsultasikan ke dokter perubahan dalam pandangan dan rasa pusing yang terjadi pada Anda, terutama jika terjadi secara tiba-tiba.

7. Kondisi saraf dan pembuluh darah

Berbagai kondisi saraf dan pembuluh darah dapat menimbulkan pandangan kabur dan juga sakit kepala. Cedera kepala, stroke, atau pecahnya pembuluh darah di otak, infeksi pada otak dan jaringan sekitar otak, serta tumor juga bisa menimbulkan gejala pandangan kabur dan sakit kepala.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca