6 Tips Makan Enak di Restoran Meskipun Sedang Diet

Oleh

Banyak orang mengaku gagal diet karena tidak tahan dengan godaan makanan yang menggugah selera saat makan di restoran bersama teman-teman atau keluarga. Hmmm.. kalau begitu, jangan heran jika ini jadi salah satu penyebab terbesar rusaknya program diet yang sudah lama dijalani. Menu makanan di restoran memang biasanya berbeda jauh dengan menu diet yang setiap hari Anda jalani.

Nah, itu sebabnya, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar bisa tetap makan enak di restoran walaupun sedang menjalani program diet. Penasaran? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Tips makan enak di restoran jika sedang diet

1. Makanlah seperti biasanya

Biasanya banyak orang diet rela menahan lapar dengan tidak makan seharian supaya bisa puasa makan enak di restoran favoritnya. Hal ini sebenarnya adalah cara yang tidak tepat. Saat Anda pergi ke tempat makan dalam kondisi kelaparan, makanan yang seharusnya Anda hindari atau tidak sukai pasti akan menjadi lebih menarik. Kondisi perut yang lapar menyebabkan Anda jadi ingin melahap makanan lebih banyak dengan asumsi “asalkan perut kenyang”.

Solusinya adalah makanlah seperti biasa layaknya pola makan Anda setiap hari. Hanya saja, Anda harus ingat pembagian porsi makannya. Saat makan di restoran, pastikan Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit. Kalau perlu, pesanlah menu makanan yang bisa dimakan bersama-sama. sehingga sudah tidak ada alasan lagi istilah “perbaikan gizi” atau kalap makan enak di restoran.

2. Jadilah orang yang pertama memesan

Biasanya banyak dari kita akan merasa tergoda untuk memesan menu yang sama setelah mendengar pesanan orang lain. Nah, itu sebabnya saat memesan makanan, kalau bisa Anda jadi orang pertama yang memesan. Dengan begitu, Anda tidak akan terbawa arus makanan-makanan yang sudah dipesan oleh orang lain. Apalagi, belum tentu makanan tersebut cocok dimasukkan sebagai makanan saat diet Anda.

3. Perhatikan asupan makanan yang seimbang

Entah makan di rumah ataupun di restoran, asupan makan yang seimbang haruslah selalu ada di setiap piring makanan Anda. Asupan makanan seimbang tersebut meliputi karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Kombinasi asupan makanan tersebut akan memperlambat sistem pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Sebagai contoh, pesanlah ayam bakar dengan kentang panggang dan salad sayuran tanpa mayonase. Selain itu, Anda juga bisa memesan salmon panggang dengan quinoa dan kacang hijau.

4. Jangan malu bertanya

Jangan ragu untuk bertanya ke pelayan restoran tentang bahan-bahan dari makanan yang ada di menu makanan. Jika Anda sedang diet, meminta saran pada pelayan restoran untuk memilihkan makanan yang sehat. Tidak hanya itu, jangan takut juga untuk meminta pesanan khusus, misalnya meminta porsi setengah dari biasanya atau meminta mengganti salah satu item menjadi sayur yang lebih cocok untuk diet. 

Berikut ini panduan memilih jenis makanan di restoran saat Anda sedang diet:

  • Pilih nasi merah atau jenis roti yang rendah indeks glikemik (IG)
  • Selalu ingat dasar-dasar pengolahan makanan yang dianjurkan jika sedang diet, yakni: direbus, dipanggang, atau dibakar. Jadi, makanan yang digoreng adalah pantangan terbesar.
  • Jika Anda makan di restoran Chinese, pilih hidangan serba panggang. Perbanyak sayuran, hindari nasi dan mie. Selain itu, hati-hati makan dimsum. Karena ukurannya kecil, kita cenderung makan dalam jumlah banyak.
  • Jika di restoran Italia, pilih salad dan buah. Pizza boleh saja, tapi jangan lebih dari satu potong. Sebaiknya pilih daging atau ikan bakar. Sebisanya hindari garlic bread, keju parmesan, dan es krim. 
  • Untuk makanan Thailand, pilih salad yang dipadu dengan ikan dan seafood. Untuk sup, pilih sup ikan atau ayam yang dicampur sayuran (tom yam pla). Hindari makanan dari ketan atau yang bersantan.
  • Untuk makanan Jepang, silakan nikmati sushi yang biasanya menggunakan nasi ber-IG rendah, tapi porsinya sedikit saja. Bahkan sashimi lebih baik lagi, karena dimakan tanpa nasi. Selain itu, hindari juga tempura, karena digoreng.

5. Jangan ragu mengganti restoran

Kalau Anda memang benar-benar berniat untuk diet, lebih baik tidak menyiksa diri dengan pergi ke tempat yang tidak cocok sama sekali dengan rencana diet, contohnya saja restoran all you can eat ataupun buffet. Bicaralah dengan teman atau keluarga agar pergi ke tempat lain yang menu makanannya lebih sesuai dengan menu untuk diet Anda. Hal ini pasti akan lebih baik daripada hanya menonton, atau bahkan kemudian menyerah karena tidak tahan.

6. Pilih air putih

Setelah memesan makanan yang sudah dipilih dengan baik, disarankan jangan memesan minuman yang “berbahaya” untuk diet. Lebih baik jika Anda memesan air putih sebagai teman makan daripada soft drink. Dengan memesan air putih, akan mengurangi kemungkinan gagalnya diet yang sedang dijalani.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca