10 Jenis Makanan Lezat yang Kaya Vitamin E

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Banyak makanan yang kaya vitamin E, yang dapat Anda konsumsi dan juga sangat sehat bagi tubuh. Hal ini didukung dengan penelitian yang penelitian yang membuktikan bahwa vitamin ini menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Simak informasi selengkapnya soal vitamin E di bawah ini.

Fungsi vitamin E bagi tubuh

Vitamin E memiliki fungsi antioksidan, yaitu menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas, yang biasanya diproduksi ketika tubuh terpapar langsung dengan sinar UV, asap rokok, dan polusi yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit kanker.

Kemudian, vitamin E memiliki fungsi kekebalan, yaitu melindungi dari penyakit. Dilansir dari Live Strong, vitamin ini baik untuk orang lanjut usia dan pengidap HIV/ AIDS untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin ini juga berperan untuk menjaga kesehatan dan fungsi berbagai sel dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini membantu menyeimbangkan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah.

Apa saja makanan yang kaya vitamin E?

Kebutuhan vitamin E per hari 15 miligram (mg) dianggap cukup untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak membutuhkan 4 sampai 11 mg vitamin E setiap harinya. Untungnya, banyak makanan yang kaya vitamin E sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan harian Anda. Anda memang sebenarnya tidak memerlukan suplemen vitamin apabila pola makan Anda sudah seimbang gizinya.

Jadi apa saja sumber makanan yang kaya akan vitamin E? Simak sepuluh jenisnya di bawah ini.

  • Almond. Mengonsumsi satu ons kacang almond setara dengan 7,4 mg vitamin E. Selain itu, kacang ini mengandung vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi. Anda juga bisa mengonsumsinya seperti olahan susu almond atau minyak almond.
  • Kuaci. Kuaci, biji wijen, dan biji labu yang dikeringkan juga mengandung vitamin yang sama. Faktanya, mengonsumsi seperempat gelas kuaci hampir memenuhi 95% kebutuhan vitamin E harian Anda.
  • Bayam. Selain vitamin E, sayur ini juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang diperlukan tubuh.
  • Lobak hijau. Walaupun rasanya agak pahit, lobak hijau memiliki kandungan folat dan vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan tentunya vitamin E. Mengonsumsi lobak hijau dapat memenuhi 12% kebutuhan harian Anda.
  • Minyak biji gandum. Mengonsumsi satu sendok minyak biji gandum Anda dapat memenuhi 100% kebutuhan harian. Selain, itu minyak zaitun juga mengandung 5 mg vitamin E.
  • Kacang hazelnut. Mengonsumsi satu ons kacang hazelnut dapat memenuhi 20% kebutuhan harian Anda. Anda bisa memakannya langsung sebagai camilan ataupun campuran kopi jika dihaluskan.
  • Alpukat. Setengah potongan dari buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Selain bisa dijadikan jus, alpukat dapat dinikmati dengan roti tawar atau dimakan langsung.
  • Brokoli. Sayuran ini memang sangat terkenal di antara daftar makanan sehat. Mengonsumsi secangkir rebusan brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan harian Anda.
  • Mangga. Selain kaya vitamin, buah mangga juga mengandung kalium dan serat. Mengonsumsi secangkir jus mangga setara dengan 1,5 mg vitamin E.
  • Tomat. Walaupun memiliki nilai kalori rendah, tomat mengandung kalium, vitamin A, dan tentunya vitamin E. Mengonsumsi secangkir tomat setara dengan satu mg vitamin E.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca