Essence vs Serum: Mana yang Lebih Baik untuk Kulit Wajah?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bagi Anda yang keranjingan skin care, pasti tidak asing lagi dengan serum dan essence. Banyak orang yang mewajibkan keduanya termasuk dalam rejime perawatan wajah harian. Namun, apa sih, beda essence dan serum wajah? Mari kita tengok penjelasannya dari para ahli berikut ini.

Beda fungsi essence dan serum

Serum dan essence memang punya fungsi yang hampir sama, yaitu menghaluskan dan melembapkan serta meratakan rona kulit wajah. Kedua produk skincare ini sama-sama berbahan dasar air, tapi tekstur essence lebih cair dan ringan ketimbang serum. Meski mirip, keduanya punya sedikit perbedaan fungsi.

Menurut Rachel Nazarian, MD, dokter kulit di New York dan perwakilan dari American Academy of Dermatology, essence berfungsi untuk membantu produk skincare selanjutnya meresap lebih baik agar bekerja lebih efisien. Essence juga membantu menenangkan iritasi, melembapkan kulit, dan mencegah penuaan. 

Sementara itu, menurut dr. Carlos A. Charles, pendiri dan direktur Derma di Colore di Chelsea, serum adalah sejenis pelembap ringan yang bisa meresap jauh ke dalam kulit. Setiap serum dibuat khusus mengandung bahan-bahan aktif tertentu yang berfungsi memperbaiki masalah kulit.

Dr. Erum Ilyas, Md, dari Montgomery Dermatology menyatakan serum wajah bekerja menargetkan masalah kulit yang lebih spesifik. Misalnya serum dengan kandungan asam hialuronat berfungsi mengatasi kulit kering. Sementara serum vitamin C menyamarkan flek dan noda hitam di wajah serta meratakan rona warna kulit.

Namun, beberapa jenis essence juga mengandung gliserin dosis tinggi, asam AHA, dan bahkan kaviar untuk merawat kesehatan kulit Anda.

Urutan cara pakai essence dan serum

Madley King, MD, dokter kulit di Skinney Med Spa menjelaskan bahwa essence dan serum sebaiknya dipakai berurutan. Sebagian besar produsen skincare merekomendasikan Anda untuk pakai essence terlebih dahulu karena teksturnya yang lebih ringan.

Jika diurut dari langkah pertama, essence dapat Anda pakai setelah mencuci muka dan pakai toner. Setelah essence meresap dengan baik ke dalam kulit, barulah pakai serum. 

Essence bisa digunakan siang dan malam. Sedangkan serum bisa digunakan pada pagi hari sebelum make up atau di malam hari sebelum tidur.

Dr. Ilyas menyarankan agar tidak pakai serum kebanyakan di wajah. Ini karena serum memiliki konsentrat dan zat aktif yang tinggi. Jadi, pakai secukupnya saja, ya.

Jadi mana yang lebih baik? Serum atau essence?

Serum dan essence punya fungsi yang sama baik untuk kulit Anda. Keduanya juga sama-sama bekerja melembapkan kulit. Namun, dr. Ilyas tidak terlalu menyarankan keduanya dipakai berbarengan. 

Dr. Ilyas menyarankan Anda untuk lebih memprioritaskan mana yang ingin Anda pakai berdasarkan jenis kulit dan masalah spesifik apa yang ingin Anda tuntaskan.

Apabila ingin mengatasi kulit kering, pakai serum yang teksturnya lebih kental dan kaya sehingga bekerja lebih baik melembapkan kulit. Namun jika Anda merasa kurang nyaman pakai serum karena efeknya terlalu keras di kulit, Anda bisa memilih essence yang lebih ringan untuk melembapkan wajah.

Jadi, sesuaikanlah pilihan Anda antara serum dan essence dengan melihat kebutuhan pribadi.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca