home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Seberapa Penting Fungsi Essence dalam Rangkaian Skincare?

Seberapa Penting Fungsi Essence dalam Rangkaian Skincare?

Skincare merupakan kebutuhan yang penting untuk merawat kulit, terutama untuk kulit yang bermasalah. Digadang-gadang punya fungsi penting dalam membuat wajah lebih mulus, salah satu produk yang mesti Anda miliki adalah essence.

Sebenarnya, apa fungsi essence?

Buah-buahan bahan skin care alami

Essence pertama kali mendapat sorotan setelah tren skincare ala Korea Selatan mulai populer pada 2011. Produk ini adalah salah satu bagian dari rangkaian skincare 10 tahap yang dikenalkan oleh negara tersebut.

Sebenarnya, produk essence sendiri secara umum memiliki arti yang berbeda-beda. Ada beberapa merek perawatan kulit yang memperkenalkan essence seperti produk toner atau facial mist, yaitu dengan formula yang cenderung lebih cair.

Namun, banyak pula yang memakai istilah essence untuk produk skincare yang lebih kental, tetapi tidak sekental dan sepadat serum untuk wajah. Produk ini biasanya juga dikemas di dalam botol berukuran kecil kurang dari 100 ml.

Essence pada dasarnya merupakan serum dalam bentuk yang lebih cair. Oleh karena kandungannya yang serupa, fungsi essence pun mirip dengan serum. Akan tetapi, produk ini relatif lebih lembut dengan efek yang lebih ringan bagi kulit.

Urutan pemakaian essence adalah setelah selesai mencuci muka. Anda juga disarankan untuk mengoleskan essence sebelum pemakaian serum karena teksturnya yang cenderung lebih cair dan ringan.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/bahan-krim-anti-aging/

Manfaat essence berasal dari bahan-bahan aktif di dalamnya, salah satunya adalah hyaluronic acid. Hyaluronic acid memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan kulit, mengencangkan tekstur kulit, serta melindungi kulit dari serangan bakteri.

Beberapa jenis essence juga terdiri dari emolien yang memiliki fungsi serupa dengan hyaluronic acid. Emolien merupakan berbagai zat yang mempunyai sifat melembutkan dan menenangkan permukaan kulit.

Akan tetapi, essence dalam sebagai bagian dari rangkaian produk skincare tidak hanya memiliki fungsi memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Produk ini juga mempersiapkan kulit untuk menerima kandungan skincare selanjutnya secara maksimal.

Ini karena kadar air yang tinggi membuat kulit dapat menyerap bahan-bahan aktif pada produk skincare dengan lebih baik. Hasilnya, kulit pun menjadi lebih sehat, lembut, dan bercahaya.

Apakah pemakaian essence dalam perawatan kulit itu penting?

berapa lama skin care menunjukkan hasil

Sebenarnya, hingga saat ini tidak ada aturan atau anjuran yang pasti apakah Anda perlu menggunakan essence atau tidak. Para ahli pun memiliki pendapat yang beragam mengenai fungsi penggunaan essence.

Menurut ahli dermatologi Rachel Nazarian, MD, pemakaian essence membantu mempersiapkan kulit sebelum memasuki tahap skincare lainnya. Terlebih lagi jika Anda juga memakai serum dengan bahan aktif seperti produk anti-aging.

Sementara itu, Erum Ilyas, MD, seorang ahli dermatologi di Montgomery Dermatology berpendapat bahwa Anda tidak disarankan memakai terlalu banyak jenis produk perawatan kulit secara bersamaan.

Pemakaian essence bersamaan dengan serum mungkin bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak, normal, dan kombinasi. Di sisi lain, penggunaan dua atau lebih produk sejenis pada tipe kulit kering dan sensitif justru dapat meningkatkan risiko iritasi.

Jika Anda memiliki kulit kering, sensitif, atau terdampak masalah kulit seperti eksim, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum memakai serum atau essence. Anda bisa jadi hanya akan diperbolehkan memakai essence atau mungkin tidak keduanya.

Penggunaan essence bukanlah hal yang wajib. Semua tetap kembali ke kebutuhan kulit masing-masing dan kandungan zat aktif di dalam setiap produk skincare Anda. Jadi, pastikan Anda sudah mengenali tipe kulit Anda serta kebutuhannya.

Siapa yang tidak perlu menggunakan essence?

kesalahan skincare

Jika sudah memiliki serum wajah dengan bahan aktif yang sama dengan essence, Anda tidak terlalu memerlukan essence. Ini karena sebagian besar perbedaan essence dan serum terletak pada konsentrasi, tekstur, dan bahan tambahannya.

Jadi, pastikan dahulu essence yang digunakan tidak memiliki bahan aktif yang sama dengan serum atau moisturizer Anda. Hal ini untuk mencegah penggunaan bahan aktif tertentu secara berlebihan.

Bila Anda memiliki kulit yang berminyak dan tidak nyaman memakai terlalu banyak produk skincare, tidak masalah jika Anda menggunakan serum atau moisturizer saja. Fungsi essence dapat digantikan oleh kedua produk ini.

Penggunaan essence memang memiliki fungsi lebih untuk kesehatan kulit. Meski begitu, Anda tidak harus menggunakannya dalam rutinitas skincare Anda, apalagi jika kulit wajah Anda memang tidak terlalu membutuhkannya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Skin serum: What it can and can’t do. (2020). Retrieved 3 November 2020, from https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029

Understanding the Ingredients in Skin Care Products. (2020). Retrieved 3 November 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products

Korean Skin Care Routine : the 10 steps (Day & Night). (2020). Retrieved 3 November 2020, from https://fcer.org/korean-skin-care-routine/#Step_3_Essence

Werschler, W. P., Trookman, N. S., Rizer, R. L., Ho, E. T., & Mehta, R. (2011). Enhanced efficacy of a facial hydrating serum in subjects with normal or self-perceived dry skin. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 4(2), 51–55.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Shylma Na'imah
Tanggal diperbarui 09/12/2020
x