Mengenal Jenis-jenis Waxing: Mana yang Cocok untuk Anda?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Waxing adalah pola penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di-wax tidak akan tumbuh kembali hingga 2-9 minggu. Beberapa bagian tubuh yang memerlukan wax adalah alis, wajah, bikini, ketiak, lengan, punggung, perut dan kaki. Jika waxing dilakukan secara rutin, akan ada kemungkinan rambut menghilang secara permanen.

Pada umumnya waxing dipraktikkan hanya dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Kemudian menempelkan handuk atau kain kassa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut. Namun, ada juga waxing yang tidak menggunakan teknik seperti di atas. Dalam kasus tertentu, khususnya bagi yang memiliki warna kulit sensitif, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain, namun hal ini membutuhkan perizinan ahli kecantikan terlebih dahulu. Berikut adalah jenis-jenis waxing yang dibagi dalam 3 kelompok.

Jenis-jenis waxing berdasarkan teksturnya

Hard wax

Ini merupakan jenis waxing yang membiarkan lilin mengering dan mengeras setelah diterapkan. Setelah itu, ahli kecantikan mulai mencabut lilin agar terlepas dari kulit Anda dengan menggunakan jari tangan. Lilin yang berkualitas baik seharusnya tidak menempel pada kulit kecuali pada rambut Anda. Oleh karena itu, hard wax dapat digunakan pada kulit sensitif.

Soft wax

Soft wax juga biasa disebut sebagai strip wax. Tekstur lilin ini mirip seperti madu ketika dipanaskan. Setelah dilakukan pemanasan, lilin tersebut disebar pada kulit dengan hati-hati, bisa juga untuk membentuk gambar atau simbol yang disukai. Lalu setelah itu, lilin ditutup dengan kain kasa. Kain tersebut lalu dicabut bersamaan dengan rambut yang menempel.

Kelemahan soft wax adalah ia tidak dapat mencabut rambut yang tumbuh ke dalam. Namun, hal ini praktis digunakan di wilayah yang luas seperti kaki, punggung, atau lengan. Perlu diingat bahwa sebelum menyebarkan lilin ke kulit, ada baiknya untuk memberi bedak untuk mengurangi risiko kulit tertarik.

Sugar wax

Jenis wax ini sangat ideal untuk orang-orang dengan jenis kulit yang sensitif, karena sugar wax menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan rambut. Gabungan bahan-bahan seperti gula, jus lemon, madu dan air yang dipanaskan akan menghasilkan tekstur lengket. Selain mudah untuk dipersiapkan, wax jenis ini aman untuk seluruh jenis kulit karena seluruh bahan yang digunakan alami.

Jenis-jenis waxing berdasarkan temperaturnya

Hot wax

Ada beberapa jenis hot wax yang sering kita temukan seperti soft wax dan hard wax yang telah kita bahas di atas. Terlepas dari jenisnya, mereka semua bekerja dengan cara yang sama.

Lilin dipanaskan terlebih dahulu untuk dicairkan. Setelah cair, lilin diaplikasikan di atas kulit. Lalu dicabut hanya dengan menggunakan tangan (jika menggunakan hard wax) atau menggunakan kain kassa (jika menggunakan soft wax).

Karena lilin hanya menempel pada rambut, maka Anda dapat menariknya ke arah yang berlawanan dari arah tumbuhnya rambut dengan gerakan mendadak.

Cold wax

Cold wax terutama dirancang untuk digunakan di rumah. Lilin tersebut terdapat pada strip tarik yang Anda beli. Anda hanya perlu menghangatkan strip tersebut dengan menggosoknya di antara kedua telapak tangan agar lilin menempel dengan baik pada rambut. Cara menggunakanya ialah dengan menempatkan lilin menghadap bawah, lalu tekan ke arah tumbuhnya rambut. Setelah itu tarik dari arah yang berlawanan.

Jenis-jenis waxing berdasarkan gayanya

Waxing memiliki berbagai gaya tertentu, terutama untuk waxing di area kewanitaan. Untuk melayani tuntutan wanita yang bermacam-macam, maka bikini wax memiliki banyak gaya, seperti:

Triangle trim

Gaya ini meninggalkan bentuk segitiga pada rambut yang tidak akan terlihat jika Anda mengenakan pakaian renang. Sedangkan, rambut di sekitar segitiga tersebut dibersihkan.

American waxing

Ini adalah gaya yang umum pada bikini wax karena ini termasuk menghilangkan seluruh rambut yang akan terlihat ketika Anda memakai bikini. Jumlah rambut yang dihilangkan tergantung dengan jenis bikini apa yang Anda pakai. Rambut yang tersisa juga dipangkas. Nama lain untuk gaya ini adalah bikini line wax.

French waxing

Gaya ini menghilangkan rambut jauh lebih banyak dibandingkan dengan american wax. Hal ini melibatkan seluruh rambut dari bagian depan hingga daerah antara depan dan belakang. Tidak seperti brazilian wax, rambut bagian belakang tidak ada yang dihilangkan. Namun, jika Anda ingin, Anda dapat meninggalkan garis vertikal pada bagian depan rambut. Garis rambut ini dapat disebut sebagai landing strip.

Brazilian waxing

Gaya ini merupakan bikini wax yang lengkap, karena ia menghapus seluruh rambut pada garis bikini dari depan hingga belakang. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghapus seluruh rambut bagian depan maupun belakang. Anda juga dapat menyebut gaya ini sebagai hollywood wax atau sphinx bikini wax.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca