Kerutan, keriput, atau garis-garis halus di wajah akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Karena seringnya bikin tidak percaya diri, Anda mungkin kepikiran untuk langsung melakukan perawatan kecantikan untuk menyamarkan kerutan dengan cepat. Padahal, sebetulnya Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk menghilangkan kerutan di wajah, lho!

Bahan alami untuk menghilangkan kerutan di wajah

Sekarang Anda tak perlu buru-buru pergi ke klinik kecantikan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Sebab, ada beberapa bahan alami yang tak kalah ampuh dalam menyamarkan garis-garis halus di wajah. Berikut selengkapnya.

1. Lidah buaya

manfaat lidah buaya untuk rambut

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Selain menjaga kelembapan kulit, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah, lho!

Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology tahun 2015 silam. Para ahli menemukan bahwa mengoleskan getah (gel) lidah buaya ke kulit secara teratur dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Hal ini sangat membantu menyamarkan garis-garis halus di wajah sekaligus melembapkannya.

2. Masker pisang

Serba-serbi Diet Pisang

Selain enak dimakan, pisang yang dibuat menjadi masker ternyata dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah, lho! Ini karena pisang mengandung vitamin anti penuaan, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin E, yang efektif menjaga kesehatan kulit.

Lumatkan seperempat buah pisang di dalam mangkuk, lalu oleskan masker pisang ke wajah hingga merata. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara teratur, garis-garis halus di wajah Anda akan semakin tersamarkan dan bikin awet muda.

3. Putih telur

manfaat masker putih telur

Anda mungkin sudah cukup familier dengan masker putih telur. Ya, selain dapat mencerahkan kulit, putih telur juga dapat membuat kulit jadi halus dan kencang, lho!

Putih telur dapat merangsang produksi kolagen di wajah sehingga kulit yang semula keriput jadi lebih kencang. Namun, bagi Anda yang alergi telur, sebaiknya hindari menggunakan masker ini dan beralihlah ke bahan alami lainnya untuk menghilangkan kerutan di wajah.

4. Minyak zaitun

minyak almond oil olive oil minyak zaitun
Sumber: Leaf.tv

Sebuah studi dalam Journal of the Americal College of Nutrition tahun 2001 menungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki lebih sedikit keriput. Minyak zaitun mengandung kaya antioksidan, vitamin A, dan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas sekaligus menghilangkan kerutan di wajah.

Tuang satu sendok minyak zaitun di telapak tangan, lalu pijat ke seluruh wajah sebelum tidur. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk pelan dengan handuk lembut. Dijamin, Anda akan terbangun dengan kulit wajah yang sehat, bercahaya, dan awet muda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca