Setelah berjibaku dengan tumpukan aktivitas harian dan kemacetan jalanan, tidak ada yang lebih nikmat daripada rebahan di tempat tidur. Tunggu dulu. Ayo ngaku, apa Anda termasuk orang yang suka (sengaja atau tidak) tidur pakai makeup?

Sengaja atau tidak, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk ini. Jika tidak, kulit wajah Andalah yang menanggung akibatnya dalam jangka waktu panjang. Apa saja bahayanya? Baca terus ulasan berikut ini, ya!

Tidur pakai makeup yang masih menempel membuat kulit wajah sulit bernapas

Menurut Dr. Samer Jaber, MD dari Washington Square Dermatology di New York, kebiasaan tidur pakai makeup sama saja membuat wajah sebagai ladang gembur untuk pertumbuhan komedo dan jerawat membandel. Pasalnya, makeup yang masih menempel akan lengket bercampur dengan debu dan polusi dari luar, keringat, hingga minyak di wajah sehingga menyumbat pori-pori. 

Tidur di malam hari bukan hanya untuk mengistirahatkan organ tubuh saja, kulit pun ikut beristirahat. Kulit membutuhkan waktu tidur untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel setelah terpapar berbagai radikal bebas. Bila Anda membiarkan wajah masih dipenuhi makeup saat tidur, artinya Anda mencegah proses regenerasi kulit wajah tersebut.

Radikal bebas dari lingkungan sekitar yang terperangkap di wajah dapat memecah kolagen yang berperan penting untuk mengencangkan kulit. Akibatnya, lama kelamaan akan muncul garis-garis halus di wajah dan semakin dipertegas menjadi keriput. Jadi, tidur pakai makeup hanya akan memperbesar peluang kulit Anda mengalami kerusakan dan penuaan dini yang efeknya cukup sulit untuk diputarbalikkan.

Tidur dengan wajah masih beralas makeup juga rentan membuat kulit kering dan iritasi. Sebagai contoh, kebiasaan meninggalkan maskara selama tidur akan menyumbat folikel bulu mata dan memicu iritasi (blefaritis). Partikel maskara dan eyeliner yang rontok masuk ke mata selama tidur juga akan rentan memicu iritasi mata merah (konjungtivitis).

bahaya makeup

Cara cuci muka yang benar

Itu sebabnya Anda tidak boleh menyepelekan pentingnya membersihkan makeup sebelum tidur. Akan tetapi jika Anda memakai make up, Anda mungkin memperhatikan bahwa hanya dengan mencuci muka saja, kulit belum tentu benar-benar bersih. Berikut langkah-langkah yang efektif untuk membersihkan makeup sebelum tidur:

  • Cucilah tangan Anda sebelum membersihkan wajah, memakai riasan, atau menyentuh wajah Anda. Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit Anda.
  • Gunakan pembersih makeup khusus untuk setiap riasan tertentu. Misalnya pembersih makeup mata dan lipstik (dua area yang biasanya bandel untuk dibersihkan), dan pembersih makeup biasa untuk bagian wajah lainnya.
  • Setelahnya, keringkan dan coba usap dengan kapas bersih. Jika masih ada sisa-sisa yang terlihat di kapas, tandanya belum bersih. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya toner pembersih, micellar water, cleansing balm, milk cleanser, atau cleansing oil.
  • Cuci muka dengan sabun wajah Anda seperti biasanya. Cuci wajah dengan gerakan tangan memutar hingga Anda merasa makeup telah terbilas semua. Anda juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah.
  • Bilas wajah dengan air dingin. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi. Jangan pelit-pelit saat membilas wajah. Benar-benar pastikan sisa residu makeup dan sabun tersapu bersih. Jika ragu, bilas wajah sekali lagi dengan tangkupan kedua tangan Anda.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya.
  • Setelah cuci muka, lanjutkan dengan rejime skincare malam Anda seperti biasa. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap.

Bila Anda cukup malas beranjak dari tempat tidur hanya untuk cuci muka, selalu siap sedia tisu basah khusus untuk menghapus makeup atau sediakan kapas dan pembersih wajah di samping tempat tidur Anda. Anda bisa membersihkan maskara yang menempel Anda di atas tempat tidur. Mudah, bukan?

Selamat tidur!

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca