Kerutan atau adanya keriput merupakan kondisi lipatan di kulit yang sering dikaitkan dengan penuaan. Ketika Anda beranjak tua, sel-sel kulit Anda membelah lebih lambat, yang menyebabkan penipisan pada kulit. Kulit kering, tipis, dan kehilangan elastisitas umum terjadi saat Anda menua dan akibatnya muncul kerutan di kulit Anda. Faktor lain juga bisa mempercepat proses penuaan dan menyebabkan penuaan dini, seperti faktor lingkungan seperti matahari dan polusi. Lalu, selain usia apalagi yang jadi penyebab kulit keriput?

Selain usia, apa lagi yang menjadi penyebab kulit keriput?

1. Kena sinar matahari terlalu sering

Penyebab kulit keriput bisa jadi akibat kena sinar matahari terlalu sering. Ini juga bisa menjadi salah satu bukti, bahwa sinar ultraviolet telah menembus dan merusak struktur pendukung di kulit.

Kebanyakan kerutan atau keriput disebabkan karena kulit sering terkena sinar matahari tanpa adanya perlindungan. Coba gunakan tabir surya atau topi untuk memperlambat datangnya keriput di tubuh.  

2. Merokok

Tahukah Anda bahwa merokok mempercepat proses penuaan? Ya, merokok selain berdampak buruk pada paru-paru dan kesehatan tubuh lainnya, rokok juga bisa memicu adanya kerutan kulit. Nantinya kebiasaan ini makin membuat Anda terlihat tua dari usia Anda yang sesungguhnya.

Semakin banyak dan lama Anda merokok, semakin banyak kerutan yang akan muncul. Kerutan juga akan terlihat lebih dalam bagi para perokok. Tembakau punya efek yang bisa mengakibatkan warna kulit terlihat tidak sehat dan bertekstur kasar.

3. Akibat kontraksi otot wajah

Penyebab kulit keriput di ujung mata atau di antara alis mata diperkirakan karena kontraksi kecil otot. Sehari-hari selama hidup, kebiasaan ekspresi wajah seperti murung, tersenyum, atau menyipitkan mata akan meninggalkan tanda keriput di kulit.

4. Posisi tidur

Cara Anda tidur sebenarnya dapat menjadi salah satu hal penyebab kulit keriput. Tidak peduli seberapa halusnya bantal Anda, tetap saja menaruh tekanan pada wajah Anda di malam hari bisa membuat kulit keriput.

Jika salah posisi tidur telah berlangsung selama bertahun-tahun, hal ini bisa meninggalkan garis di dagu, pipi, atau kening. Disarankan untuk tidur menghadap atas atau telentang guna mencegah keriput di wajah.

5. Diet yang putus nyambung

Beberapa ahli percaya bahwa orang yang sering melakukan diet tapi polanya putus nyambung selama beberapa tahun bisa merusak kulit. Pasalnya, kulit nantinya akan melebar dan mengecil pula seiring dengan perkembangan berat badan yang naik turun. Ini akan merusak struktur elastisitas yang membuat kulit terlihat muda dan kencang.

Lalu bagaimana cara mencegah kulit keriput?

Kulit keriput atau berkerut memang akan muncul seiring bertambahnya usia. Selain bisa menghindari beberapa faktor penyebab keriput di atas, ada baiknya Anda juga mencegah kulit keriput dengan beberapa cara berikut ini:

1. Hindari paparan matahari dan polusi

Menghindari paparan matahari berlebih merupakan salah satu cara penting yang harus Anda lakukan. Coba juga untuk memakai pakaian  warna putih atau terang, dan gunakan topi ketika berada di luar ruangan.

Polusi udara seperti asap kendaraan.  Ini merupakan sedikit contoh dari polusi yang bisa menuakan kulit dan menyebabkan kerutan dini. Hindari melakukan tanning, yang dampaknya akan lebih buruk daripada keriput akibat sinar matahari.

2. Gunakan tabir surya

memilih sunblock

Tabir surya selain bisa melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari, ia juga bisa memberikan perlindungan antipenuaan dasar di kulit.

Gunakan setidaknya sunscreen atau tabir surya setidaknya dengan kandungan SPF 15 pada saat 30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari untuk melindungi kulit dan sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Carilah yang terdapat kandungan zink atau titanium oksida di dalamnya.

3. Hindari merokok

Menghindari merokok merupakan salah satu cara mencegah kulit keriput. Nyatanya merokok bisa mengurangi oksigen dan nutrisi dan juga meningkatkan jumlah radikal bebas dalam sel tubuh.

Hal tersebut  merupakan penyebab utama faktor penuaan kulit. Jumlah konsumsi rokok dan lamanya Anda merokok berhubungan dengan peningkatan kerutan dini di wajah dan tubuh Anda.

4. Olahraga teratur

Olahraga selain baik untuk kesehatan jantung, ternyata juga bisa menjadi cara mencegah kulit keriput cepat muncul. Olahraga bisa membuat sistem kardiovaskular Anda bergerak, di mana ini bagus untuk kulit guna mendapatkan nutrisi dan oksigen secara maksimal. Anda sebaiknya melakukan olahraga kardiovaskular untuk jantung dan kesehatan kulit.

5. Mulai hidup sehat

Makan makanan penuh bergizi, minum air mineral yang cukup, dan tidur cukup setiap harinya merupakan perawatan dasar untuk mencegah kulit keriput muncul lebih cepat. Penuhi juga sebanyak delapan sampai sepuluh sajian buah dan sayuran setiap harinya.

Perbanyak makan ikan yang mengandung tinggi akan lemak asam omega-3, seperti mackerel,atau tuna. Makanan tersebut memiliki kemampuan melawan proses penuaan karena penuh dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk melawan kerutan.

6. Hindari stres

Ketika Anda stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon penuaan yang kuat yang bernama kortisol ke dalam aliran darah. Bila Anda menderita stres kronis, lakukan yoga, menulis di jurnal, menyanyi, berjalan kaki, meditasi. Lakukan apa pun yang bekerja untuk mengurangi stres Anda.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca