Setiap orang, terutama wanita, pasti mendambakan kulit yang awet muda, jauh dari keriput, walaupun usianya sudah tua. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai kulit yang awet muda, seperti menggunakan produk perawatan kulit antipenuaan yang pasti harganya tidaklah murah. Tapi, tahukah Anda bahwa hal-hal yang ada di sekitar kita dapat mempercepat penuaan kulit? Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat menghindarinya, sehingga dapat mencegah penuaan kulit.

Apa yang menyebabkan sel kulit menua?

Banyak hal yang dapat menyebabkan sel kulit Anda menua. Beberapa hal tersebut mungkin tidak bisa Anda cegah dan beberapa lainnya masih dapat Anda perbaiki. Satu hal yang pasti terjadi dan tidak dapat Anda ubah adalah proses penuaan alami terkait dengan waktu. Ini wajar terjadi, ketika usia Anda mulai menua, mulai muncul garis-garis kerutan, kulit menjadi lebih tipis dan lebih kering.

Gen Anda mengontrol sebagian besar perubahan ini. Ini merupakan faktor penuaan dari dalam tubuh atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan nama penuaan intrinsik. Adapula faktor penuaan ekstrinsik, yaitu dari lingkungan dan gaya hidup yang Anda miliki. Tentunya, faktor ini dapat Anda kontrol, sehingga dapat memperlambat efek penuaan kulit Anda.

Apa saja yang dapat mempercepat penuaan kulit?

Beberapa faktor berikut ini dapat mempercepat penuaan kulit Anda, terutama jika tidak Anda kontrol dengan baik.

1. Kerusakan kulit karena matahari

Ya, sehari-harinya pasti kulit Anda terpapar dengan matahari. Sinar ultraviolet dalam sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan ringan pada bagian kulit yang disebut elastin. Kerusakan pada elastin ini dapat menyebabkan kulit menjadi tidak kencang, meregang, dan kehilangan kemampuannya untuk sehat kembali setelah meregang.

Kerusakan kulit akibat sinar matahari ini mungkin akan terlihat saat usia Anda sudah mulai menua. Untuk menghindari kerusakan kulit ini, Anda bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

2. Merokok

Asap rokok dan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan perubahan biokimia dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan. Dengan begitu, tak heran bahwa perokok biasanya lebih cepat mengalami kulit keriput daripada orang yang tidak merokok.

3. Asupan makan yang buruk

Kulit juga membutuhkan banyak nutrisi untuk mempertahankan kesehatannya. Nutrisi ini terutama didapatkan dari sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah sangat penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Sebaliknya, makan makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat justru dapat mempercepat penuaan kulit.

4. PolusiĀ udara

Polusi yang ada di sekitar Anda mengandung partikel-partikel kecil yang bisa masuk ke tubuh dan menyebabkan penuaan pada kulit. Partikel sangat kecil ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, menimbulkan kerutan, garis-garis halus, dan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

5. Ekspresi wajah

Gerakan wajah yang berulang juga dapat mempercepat penuaan kulit. Saat Anda menggerakkan otot wajah, lekukan akan terbentuk di bawah permukaan kulit. Karena kulit Anda akan menua seiring dengan usia dan kehilangan elastisitasnya, kulit akan sulit untuk kembali ke bentuk normalnya sehingga lekukan ini akan terbentuk menjadi permanen sebagai garis-garis halus dan kerutan.

6. Stres

Saat stres, tubuh Anda memproduksi hormon stres (hormon kortisol) yang dapat berpengaruh pada sel-sel kulit. Hormon stres ini dapat mengakibatkan penuaan dini dan juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk itu, sebaiknya kontrol stres Anda. Kurang tidur pun dapat membuat tubuh Anda stres. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan karena hormon stres berada pada tingkat normal saat Anda tidur, sehingga memberikan waktu bagi sel untuk memperbaiki diri dan meremajakan kulit.

7. Posisi tidur

Tidur dengan posisi yang sama setiap malam juga dapat menyebabkan keriput di wajah. Tidur dalam posisi menyamping dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus di sekitar pipi dan dagu. Posisi tidur telentang adalah posisi tidur yang baik untuk membantu mencegah timbulnya kerutan. Pada posisi ini, Anda melawan gravitasi sehingga kulit wajah Anda tidak tertarik ke bawah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca