Belakangan Ini Migrain Kambuh Terus? Mungkin Karena Mata Anda Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19 April 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah atau migrain, mulai dari stres sampai perubahan cuaca ekstrem. Rasa nyerinya bisa tiba-tiba muncul di belakang salah satu sisi mata, dan bisa bertahan setidaknya 15 menit hingga tiga jam. Jika belakangan ini migrain Anda sering kambuh, coba cek mata Anda. Pasalnya, mata kering bisa menjadi penyebab migrain yang seringnya tidak disadari.

Kenapa mata kering jadi penyebab sakit kepala sebelah sering kambuh?

Mata kering terjadi ketika mata tidak bisa menghasilkan cukup air mata. Kondisi yang sama juga disebabkan oleh konsistensi air mata yang tidak tepat sehingga menguap terlalu cepat. Gejala mata kering yang umum adalah rasa perih dan panas, sensasi kesat atau berpasir di dalam mata, hingga mata merah, gatal dan berair.

Uniknya, gejala mata kering ini banyak dialami oleh orang yang mengalami sakit kepala sebelah. Beberapa bukti medis bahkan menunjukkan bahwa mata kering bisa saja menjadi penyebab sakit kepala sebelah. Beberapa bukti lainnya menunjukkan mata kering dapat menyebabkan migrain kambuh dengan intensitas yang bervariasi. Misalnya, mata kering bisa membuat gejala migrain sebagian orang berlangsung lebih lama atau memicu serangkaian gejala lainnya seperti mual dan muntah atau sensitivitas sensorik pada yang lainnya.

Belum dapat dipastikan apakah mata kering dapat menyebabkan sakit kepala atau hanya gejala sakit kepala. Dikutip dari laman Healthline, sampai saat ini tidak tersedia bukti yang cukup kuat untuk menjelaskan hubungan antara mata kering dan migrain. Namun, beberapa pakar kesehatan menduga bahwa migrain dan mata kering sama-sama bisa diakibatkan oleh peradangan yang pada akhirnya memengaruhi satu sama lain.

Migrain yang sering kambuh juga mungkin dipengaruhi oleh perbedaan struktur mata Anda yang bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap cahaya. Studi tahun 2015 menemukan bahwa orang yang mengalami migrain memiliki struktur sistem optik mata yang berbeda dari orang non-pengidap migrain.

Kedua kondisi ini pun bisa sama-sama bisa disebabkan oleh banyak hal yang berbeda. Misalnya karena efek samping obat tertentu. Isotretinoin adalah obat resep yang paling sering menyebabkan migrain dan mata kering.

Bagaimana cara mencegah mata kering agar tidak menyebabkan migrain?

Ada banyak cara mudah untuk mencegah mata mengering, seperti menghindari asap rokok, hembusan angin kencang, dan berteduh dari cuaca terik dan kering. Jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menghindari situasi ini, pakai kacamata untuk melindungi mata Anda.

Jangan pula menatap layar gadget terlalu lama. Istirahatkan mata selama 20 detik untuk memandang sejauh mungkin atau tutup mata Anda sementara.

Strategi lain bisa juga dengan menggunakan alat humidifier untuk melembapkan udara ruangan, mencukupi asupan nutrisi yang baik untuk mata kering, serta menggunakan obat tetes mata dan tetes mata buatan.

Jika Anda masih saja mengalami mata kering dan sakit kepala sebelah setelah melakukan berbagai cara di atas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk cari tahu penyebab dan cara mengobatinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Hati-hati jika Anda sering minum obat penghilang nyeri, seperti paracetamol. Efek samping paracetamol berlebihan dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Alergi Paracetamol

Paracetamol sering diresepkan untuk merdakan demam dan nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang yang alergi obat paracetamol?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
melihat bullying

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit
kencing berdiri

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit