Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit dan Rambut

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering mendengar minyak kemiri. Biasanya, minyak kemiri dimanfaatkan untuk kesehatan rambut. Orangtua zaman dulu mungkin sering mengoleskan minyak kemiri ke rambut anaknya agar rambut anak menjadi hitam dan tebal. Zaman sekarang, sudah banyak produk kecantikan rambut maupun kulit yang mengandung minyak kemiri. Tak jarang, minyak kemiri juga dimanfaatkan sebagai minyak pijat. Sebenarnya, apa saja sih manfaat minyak kemiri?

Berbagai manfaat minyak kemiri yang perlu Anda tahu

Minyak kemiri berasal dari tumbuhan yang bernama Aleurites moluccana. Tumbuhan dari Hawaii ini diambil bijinya untuk dimanfaatkan menjadi minyak dan jadilah minyak kemiri. Minyak kemiri sudah sejak lama dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Berikut ini merupakan manfaat minyak kemiri.

1. Menjaga kelembaban kulit

Kemiri mengandung asam lemak yang kemudian diekstrak untuk dijadikan minyak kemiri. Karena kandungannya ini, minyak kemiri bermanfaat untuk melembabkan kulit yang kering. Minyak kemiri dapat masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit dengan mudah, sehingga dapat menutrisi kulit. Kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Anda juga tidak perlu khawatir minyak kemiri akan meninggalkan bekas minyak pada kulit.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Selain kandungan asam lemak, minyak kemiri juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa diterima kulit dari berbagai sumber di lingkungan, seperti dari sinar matahari, angin, debu, dan partikel dari lingkungan lainnya.

3. Membantu menyembuhkan luka pada kulit

Minyak kemiri juga bermanfaat dalam menyembuhkan masalah kulit tertentu. Seperti, kulit pecah-pecah, kulit kering, iritasi ringan pada kulit, luka, luka bakar, eksim, bekas luka, lesi, jerawat, dan psoriasis. Kandungan asam lemak dan antioksidan dalam minyak kemiri mungkin membantu dalam mengatasi masalah kulit tersebut.

4. Mengurangi rambut rontok

Apakah rambut Anda sering rontok dalam jumlah banyak? Rambut rontok dalam jumlah sedikit mungkin umum terjadi pada setiap orang. Namun, jika rambut sering rontok dalam jumlah banyak, mungkin ini merupakan masalah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak kemiri.

Oleskan minyak kemiri pada rambut Anda setiap hari. Minyak kemiri dipercaya dapat mengurangi bahkan mencegah rambut rontok dari akarnya. Kandungan protein dan mineral dalam minyak kemiri dapat membantu menguatkan akar rambut Anda. Selain itu, menggunakan minyak kemiri juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru.

5. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Minyak kemiri mengandung asam amino dan juga asam lemak yang dapat menembus batang rambut dan kulit kepala Anda. Hal ini menjadikan rambut dan kulit kepala Anda sehat. Minyak kemiri dapat membuat rambut tampak berkilau, mempertahankan warna asli rambut, serta membuat rambut lebih tebal dan halus. Selain itu, minyak kemiri juga bisa mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Rangkaian Skincare Anti-aging untuk Cegah Penuaan Dini

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
cara kerja sunblock

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit