Nama Generik: Lada Hitam

Manfaat

Untuk apa lada hitam?

Black pepper atau lada hitam adalah buah utuh mentah dari tanaman Piper ningrum yang diambil serta dikeringkan. Lada hitam secara tradisional telah digunakan secara internal untuk mengobati gejala gastrointestinal maupun gejala lain termasuk:

● flatus, gangguan pencernaan, mulas, sakit perut

● anoreksia

● ulkus peptikum

● nyeri perut, kram

● diare, sembelit

● bronkitis

● kanker

Herbal ini juga telah digunakan untuk mengobati kelainan sendi dan pernapasan serta untuk merangsang proses mental. Lada hitam digunakan secara eksternal untuk mengobati neuralgia dan kudis.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa lada hitam dapat membantu melawan kuman (mikroba) dan menyebabkan perut untuk meningkatkan aliran cairan pencernaan. Ada  bukti  yang  bertentangan tentang  peran  lada  hitam  dalam  kanker.  Beberapa  bukti  menunjukkan  lada  mungkin  melindungi  dari kanker usus besar, namun bukti lain menunjukkan lada hitam mungkin memperparah kanker hati. Salah  satu  alkaloid,  piperine,  mungkin  bertanggung  jawab  pada  sifat  lada  hitam  yaitu,  antiandrogenik,  antiinflamasi,  dan hepatoprotektor. Amida feruperine adalah antioksidan.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk lada hitam untuk orang dewasa?

Anda dapat menggunakan 300‐600 mg lada hitam sehari, tetapi dosis maksimal tidak boleh lebih dari 1.5 g/hari. Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja lada hitam tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk  dosis bubuk.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh lada hitam?

Lada hitam dapat mengakibatkan beberapa  efek samping, termasuk:

● iritasi mata, bengkak

● reaksi hipersensitif

● tindakan karsinogenik lemah

● Apnea ketika digunakan dalam jumlah yang banyak pada anak‐anak.

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi lada hitam?

Simpan pada tempat yang sejuk, kering dan jauhkan dari panas serta lembap. Anda harus memantau reaksi hipersensitif. Jika ini terjadi, hentikan pemggunaan lada hitam dan berikan antihistamine atau pengobatan yang sesuai lainnya. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat‐obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah lada hitam?

Tidak apa‐apa menggunakan lada hitam atau putih pada sejumlah makanan saat Anda hamil. Tetapi mengonsumsi dalam jumlah yang banyak tidaklah aman. Ada kekhawatiran bahwa lada hitam dalam jumlah yang besar dapat memicu keguguran. Juga, hindari menaruh lada hitam pada kulit Anda. Tidak diketahui keamanan penggunaan lada secara topikal pada kehamilan. Jika Anda sedang menyusui, batasi penggunaan lada pada sejumlah makanan. Tidak diketahui jelas keamanan penggunaan lada dalam jumlah medis yang lebih besar.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi lada hitam?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan. Lada  hitam  mungkin  memiliki  efek  seperti  pil  air  atau “diuretik.”  Menggunakan  lada  hitam  dapat  menurunkan  kemampuan  tubuh menghilangkan lithium. Hal ini dapat memperpanjang lamanya lithium berada di dalam tubuh dan mengakibatkan efek samping yang serius. Pengaruh  beberapa  obat  akan  berubah  saat  berinteraksi  dengan  lada  hitam,  termasuk:  sitokrom  P450,  Phenytoin,  Propranolol, Theophylline. Hasil uji Phenytoin, propranolol, theophylline, tes obat serum dapat berubah.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 20, 2017 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan