Tips Merawat Mulut dan Gigi Selama Bulan Ramadhan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/02/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, terkadang kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut saat bulan Ramadhan. Hal tersebut disebabkan kekhawatiran akan batalnya puasa jika ada terdapat objek di dalam mulut.

Nah, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang terjadi pada mulut dan gigi Anda saat puasa. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar gigi dan mulut Anda.

Masalah kesehatan mulut dan gigi yang mungkin terjadi saat puasa

Pada saat menjalankan puasa, Anda tentunya akan jarang meminum air putih. Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada mulut dan gigi Anda.

1. Bau mulut

tips mencegah bau mulut

Kondisi ini memang sudah sangat umum terjadi pada bulan Ramadhan. Nah, penyebabnya adalah meningkatnya konsentrasi sulfur yang ada di mulut. Selain itu, bakteri-bakteri pada indera berbicara Anda pun tumbuh dan berkembang biak, sehingga menyebabkan bau mulut saat puasa.

2. Kerusakan gigi dan penyakit gusi

gigi rusak

Selain bau mulut, ternyata saat puasa mulut dan gigi Anda rentan terhadap penyakit. Hal tersebut dikarenakan produksi saliva yang berkurang menyebabkan penumpukan karang gigi dan plak. Oleh karena itu, rutinlah berkunjung ke dokter gigi agar mendapatkan perawatan tanpa harus membatalkan puasa Anda.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan pada kesehatan gigi dan mulut Anda saat puasa? Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Tips mencegah kerusakan pada gigi dan mulut saat puasa

Menurut Dr Max Riewer, dokter gigi dari Dubai, menyarankan Anda untuk meminum air yang banyak, makan buah dan sayur, serta menghindari masakan pedas. Selain itu, disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena dapat merusak kesehatan gigi dan mulut Anda. Waktu menyikat gigi yang paling baik selama puasa adalah setelah sahur.

Selain kedua hal tersebut, ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa.

1. Gunakan pembersih lidah

cara membersihkan lidah

Scraper atau pembersih lidah biasanya digunakan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang menyelimuti lidah. Biasanya, ampas inilah yang menyebabkan mulut Anda bau. Oleh karena itu, silahkan cari pembersih atau scraper lidah di apotek terdekat. Selain itu, jika Anda sahur atau buka dengan menu ikan dan susu, sebaiknya segera membersihkan gigi setelahnya karena kedua makanan ini mengandung protein spesifik yang akan dipecah dan mengakibatkan bau mulut.

2. Menggunakan antiseptik jika memakai gigi palsu

merawat gigi palsu

Bagi Anda yang memakai gigi palsu, cobalah untuk menggunakan antiseptik sebelum tidur untuk membersihkan gigi palsu Anda. Hal ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut yang menghantui Anda setiap bulan Ramadhan tiba.

3. Hindari konsumsi makanan yang lengket

berat badan turun

Mulai dari cokelat, berbagai jenis sereal, hingga keju termasuk dalam kategori makanan yang lengket pada gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar, serpihan makanan tersebut mungkin akan menempel pada gigi Anda. Hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan mulut dan gigi Anda.

4. Menyikat gigi setelah berbuka dan sahur.

sikat gigi saat puasa

Bila perlu gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida agar dapat mencegah pembentukan rongga dan memperkuat gigi. Selain itu, menyikat gigi adalah hal terpenting dalam mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut.

5. Mengonsumsi buah dan sayur rebus saat berbuka

serba-serbi diet alkaline

Buah dan sayur yang Anda makan pada saat buka puasa ternyata bisa mengembalikan zat mineral pada gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi yang dimiliki oleh keduanya.

Nah, tips-tips di atas bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda saat puasa. Namun, dianjurkan pula untuk tetap rutin mengunjungi dokter gigi Anda setelah bulan Ramadhan agar mulut dan gigi Anda tetap terawat dengan baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Saat puasa, daya tahan tubuh bisa turun. Anda pun jadi rentan kena radang tenggorokan. Nah, ini dia caranya agar tetap lancar puasa saat radang tenggorokan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Bagi beberapa pria, air mani bisa bocor bahkan saat sedang tidak dirangsang. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah air mani keluar saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

7 Menu Sahur Sehat dan Praktis Andalan Anak Kos

Waktu dan budget terbatas membuat anak kos terpaksa makan sahur dengan menu seadanya. Berikut daftar variasi menu sehat yang bisa Anda coba.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hari Raya, Ramadan 15/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

persiapan puasa untuk lansia

3 Hal yang Harus Diperhatikan Lansia Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 6 menit
olahraga bersama anak saat puasa

3 Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . Waktu baca 5 menit
tips puasa sehat

4 Tips Agar Tetap Bugar saat Puasa Selama di Rumah Saja

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . Waktu baca 4 menit
bolehkah suntik kb saat puasa

Bolehkah Melakukan Suntik KB Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit