home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hidung Sering Tersumbat Saat Musim Hujan? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

Hidung Sering Tersumbat Saat Musim Hujan? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

Cuaca merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Contohnya saat musim hujan, tidak jarang gangguan kesehatan bisa lebih mudah menyerang. Salah satu gangguan yang mungkin sering Anda alami adalah hidung tersumbat. Mari kita cari tahu penyebab hidung tersumbat yang sering muncul akibat cuaca dingin ini, beserta cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Hubungan antara hidung tersumbat dan musim hujan

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang bisa memicu iritasi atau radang pada jaringan dalam hidung. Kondisi seperti sinusitis serta alergi merupakan salah satu penyebab dari hidung tersumbat.

Alergi

alergi saat dewasa

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, terdapat tiga kondisi kesehatan yang lebih sering kambuh saat musim hujan tiba. Salah satunya adalah alergi. Reaksi alergi yang muncul akibat hujan adalah alergi rhinitis (hay fever), lebih spesifiknya yaitu alergi terhadap serbuk sari atau jamur.

Sebenarnya hujan pada mulanya bisa mengurangi jumlah serbuk sari yang melayang di udara. Akan tetapi, setelah beberapa hari tanaman akan mulai tumbuh lebih subur dan kemudian memproduksi serbuk sari dalam jumlah yang lebih tinggi.

Alergi rhinitis ini memiliki beberapa jenis gejala, salah satunya hidung tersumbat. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap alergi rhinitis dan cuaca sedang sering hujan, maka kemungkinan besar reaksi alergi seperti hidung tersumbat akan sering terjadi.

Selain serbuk sari, jamur juga cenderung lebih aktif dan tumbuh subur ketika musim hujan. Selain alergi serbuk sari, pengidap alergi jamur pun kemungkinan akan mengalami reaksi alergi. Salah satunya adalah hidung tersumbat.

Sinusitis

sinusitis adalah

Jika Anda mengalami hidung tersumbat dan batuk lebih dari 10-14 hari atau menjadi lebih parah setelah 7-10 hari, mungkin kondisi yang dialami adalah sinusitis.

Sinus sendiri merupakan rongga kosong yang terdapat pada tulang pipi, sekitar mata, dan di belakang mata. Fungsi dari sinus adalah untuk menjaga kehangatan sekaligus kelembapan dan menyaring udara pada rongga hidung.

Lalu apa hubungannya dengan musim hujan? Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, pengidap alergi rhinitis berisiko mengalami sinusitis, karena alergi menyebabkan pembengkakan pada sinus dan lapisan dalam hidung.

Oleh karena itu sinusitis dan hidung tersumbat pun berpotensi lebih sering dialami di musim hujan. Namun, gejala sinusitis juga bisa dipicu oleh reaksi alergi, antara lain terhadap serbuk sari dan jamur seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Persiapan untuk hadapi hidung tersumbat selama musim hujan

manfaat nasal spray powder

Hidung tersumbat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Anda perlu langkah perawatan untuk bantu meredakan kondisi ini.

Sebelum menemui dokter, Mayo Clinic menganjurkan Anda untuk mencoba hal berikut ini:

  • Coba untuk menghirup dan menelan atau meniup dari hidung secara perlahan
  • Hindari pemicu alergi (alergen) yang Anda miliki
  • Jika hidung meler terus menerus, disertai bersin-bersin atau mata berair, kemungkinan besar gejala disebabkan oleh alergi dan Anda bisa mengonsumsi antihistamin sesuai aturan pakai pada label atau setelah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nasal spray atau obat semprot untuk hidung. Sama seperti obat lainnya, pastikan untuk mengetahui manfaat dan kandungan yang dimiliki nasal spray atau metode cuci hidung. Salah satu kandungan yang bisa bantu meredakan hidung tersumbat adalah oxymetazoline 0,05% .

Hidung tersumbat juga sebenarnya merupakan gejala dari flu. Kedua masalah kesehatan tersebut cukup sering terjadi pada musim hujan. Di sisi lain, jika Anda mengalami penyumbatan hidung tanpa mengalami sakit, bisa saja disebabkan oleh alergi atau sinusitis (yang terjadi akibat seringnya terjadi pembengkakan pada sinus).

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Health Essentials from Cleveland Clinic. (2015, August 27). 3 Health Conditions That Stormy Weather Can Make Worse. Retrieved from https://health.clevelandclinic.org/3-health-conditions-that-stormy-weather-can-make-worse/

American Academy of Family Physicians. (2020, April). Allergic Rhinitis (Allergies). Retrieved January 12, 2021, from https://familydoctor.org/condition/allergic-rhinitis/

The American Academy of Allergy, Asthma & Immunology. (2021). Sinusitis TTR | AAAAI. Retrieved January 12, 2021, from https://www.aaaai.org/conditions-and-treatments/library/allergy-library/sinusitis

Mayo Clinic. (n.d.). Nasal congestion: Sometimes more than just a stuffy nose. Retrieved January 12, 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/nasal-congestion/basics/when-to-see-doctor/sym-20050644

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 09/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x