Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi akhir-akhir ini semakin banyak ditemui pada orang di segala rentang usia. Mulai dari remaja berusia 16 tahun hingga orang lanjut usia dapat terserang hipertensi. Jika tekanan darah terlalu tinggi, dinding-dinding arteri akan dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi dan hal ini berisiko mengakibatkan berbagai jenis penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke. Hipertensi telah menjadi penyakit yang umum terutama karena pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak seimbang. Untungnya, penyakit ini bisa ditanggulangi dan dicegah dengan merubah pola makan.

Tak seperti anggapan banyak orang, pola makan sehat yang baik bagi penderita hipertensi tak melulu harus terasa hambar atau kurang enak. Kalau Anda biasanya mencari camilan gurih seperti keripik kentang, gorengan, atau makaroni kering, sudah saatnya Anda mengganti pilihan kudapan Anda dengan kacang almond yang lebih sehat yang juga nikmat di lidah. Camilan-camilan gurih yang sering Anda konsumsi mengandung sodium dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Tekanan darah Anda pun akan semakin meningkat akibat berbagai kandungan berbahaya ini.

Jadi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya ganti camilan asin Anda dengan kacang almond. Anda juga bisa menambahkan taburan kacang almond pada yogurt atau bubur oatmeal. Namun, pastikan bahwa kacang almond yang Anda pilih tidak mengandung garam atau perasa tambahan. Rasa alami kacang almond sudah gurih, tetapi kandungan sodiumnya sangat rendah (setiap 100 gram kacang almond hanya terdapat 1 gram sodium). Selain itu, kacang ini memiliki berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Berikut adalah kandungan nutrisi kacang almond yang baik untuk penderita hipertensi.

Lemak tak jenuh tunggal

Ada dua jenis lemak yang perlu Anda perhatikan, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Keduanya akan memberikan dampak yang berbeda terhadap tekanan darah Anda. Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh akan memperparah kondisi hipertensi Anda sementara lemak tak jenuh justru baik untuk menurunkan tekanan darah.

Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan hanya memiliki sedikit sekali kandungan lemak jenuh. Setiap 100 gram kacang almond terdapat 31 gram lemak tak jenuh tunggal dan hanya 3 gram lemak jenuh. Lemak tak jenuh dalam kolesterol berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam arteri. Selain itu, kacang ini tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga aman bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Serat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Tulane University School of Medicine, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa pola makan yang kaya akan serat akan membantu penderita hipertensi menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang cukup berarti. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension ini juga membuktikan bahwa serat yang terdapat pada sumber makanan alami seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan bisa mengurangi tekanan sistolik dan diastolik yang kerap menyebabkan tekanan darah tidak stabil atau terus meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan serat Anda di samping buah-buahan dan sayuran, Anda bisa mengonsumsi kacang almond panggang yang bebas perasa tambahan. Setiap 100 gram kacang almond mengandung serat sejumlah 12 gram. Sajian ini bisa memenuhi 48% dari kebutuhan serat Anda dalam satu hari. Di samping itu, kandungan serat yang tinggi pada kacang almond bisa membantu menurunkan berat badan untuk mencegah obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas akan memicu hipertensi.

Kalium

Kalium sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi karena jenis mineral ini mampu menjaga keseimbangan tekanan darah. Fungsi kalium bagi tubuh adalah mengurangi pengaruh berbahaya sodium bagi tubuh. Namun, bukan berarti kalau Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium maka Anda boleh menambah garam atau kandungan sodium dalam menu makanan Anda.

Setiap 100 gram kacang almond panggang tanpa garam atau perasa tambahan mengandung kalium yang sangat tinggi, yaitu 705 miligram. Kalium dari 100 gram kacang almond bisa memenuhi 20% dari kebutuhan kalium orang dewasa dalam satu hari. Angka ini sesuai dengan panduan pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang dianjurkan bagi penderita hipertensi.

Senyawa alfa-tokoferol

Pada kacang almond, terdapat senyawa yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah Anda. Senyawa ini disebut alfa-tokoferol. Mengonsumsi kacang almond secara rutin terbukti mampu meningkatkan kadar senyawa ini dalam tubuh Anda sehingga kadar lipid plasma akan menurun. Lipid plasma yang berlebihan berisiko memicu naiknya tekanan darah Anda.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca