7 Obat Herbal untuk Mengatasi Eksim Secara Tradisional

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/02/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Gejala eksim yang membuat kulit memerah, kering dan bersisik, serta terasa sangat gatal tentu mengganggu. Untungnya ada banyak pilihan cara untuk mengobati eksim, seperti pakai obat dari dokter atau dengan solusi yang serba alami. Ya! Anda bisa meredakan gatal eksim yang mengganggu dengan berbagai macam obat herbal tradisional di bawah ini.

Daftar obat eksim herbal dan tradisional

Pengobatan eksim biasanya melibatkan berbagai jenis obat kortikosteroid dalam bentuk salep, krim, tablet, maupun pil yang diresepkan dokter untuk mengurangi gatal dan peradangan kulit.

Meski demikian, penggunaan obat kortikosteroid tidak diperuntukkan dalam jangka panjang mengingat potensi efek sampingnya yang dapat merugikan.

Efek samping yang paling umum dari krim atau salep kortikosteroid adalah penipisan dan perubahan warna kulit pada area yang sering dioles obat.

Maka untuk meminimalisasi risikonya, tidak sedikit orang yang menyelingi pengobatan eksim secara medis dengan obat tradisional atau herbal. Berikut pilihannya yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya sebagai obat eksim tradisional karena mengandung vitamin K dan E serta asam laurat yang dapat meredakan gatal dan memberikan efek sejuk di kulit yang meradang.

Selain itu, khasiat antijamur, antibakteri, dan antioksidan dari minyak kelapa juga sekaligus bekerja menghalau risiko infeksi pada kulit penderita eksim.

Berikut cara menggunakan minyak kelapa murni sebagai obat eksim alami:

  • Oleskan langsung minyak kelapa ke kulit yang gatal untuk beberapa kali sehari. Lebih sering semakin lebih baik untuk meredakan gatal.
  • Minum 2-4 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika tidak suka menelan mentah-mentah, Anda bisa campurkan minyak kelapa ke makanan atau minuman.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu herbal yang banyak digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi eksim. Manfaat kunyit ini terkenal berkat sifat antioksidan dan antiradangnya.

Keduanya bekerja sama untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan lebih lanjut yang diakibatkan peradangan eksim. Selain itu, antioksidan dari kunyit juga membantu melindungi tubuh dari serangan infeksi.

Berikut cara menggunakan kunyit sebagai obat eksim tradisional:

  • Campur satu setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya. Aduk rata hingga menjadi pasta serupa krim, kemudian oles pada kulit yang gatal. Ulangi sebanyak dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang.
  • Alternatifnya, Anda bisa melarutkan satu setengah sendok teh kunyit dalam air mendidih dan aduk selama 10 menit. Biarkan dingin. Anda bisa minum larutan obat eksim tradisional ini atau untuk membilas area kulit yang terasa gatal. 

3. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki segudang khasiat yang menjadikannya efektif sebagai obat eksim alami.

Sebagai contoh adalah zat antiradangnya yang dapat membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi panas pada kulit terdampak eksim. Ditambah lagi, sifat antimikroba lidah buaya dapat mencegah infeksi lebih lanjut pada kulit.

Kelebihan lidah buaya sebagai obat eksim tradisional antara lain juga dapat menghidrasi kulit dan menjaga agar tetap lembab.

Di bawah ini merupakan cara menggunakan lidah buaya sebagai obat eksim tradisional:

  • Ambil ekstrak gel dari daun lidah buaya segar. Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak vitamin E ke gel tersebut untuk menggandakan manfaatnya.
  • Oleskan gel langsung ke kulit yang terkena. Biarkan sampai kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air hangat.
  • Oleskan obat eksim tradisional ini dua kali sehari selama beberapa minggu sampai gatal mereda.

4. Oatmeal

Banyak yang belum mengetahui khasiat oatmeal (bubur gandum) sebagai salah satu obat eksim alami.

Butiran gandum nyatanya bersifat antiradang yang dapat membantu meredakan gatal serta sensasi panas yang disebabkan oleh eksim.

Kandungan fenol dan antioksidan dalam oatmeal juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatasi gatal pada kulit.

Selain itu, oatmeal mengandung jenis lemak dan gula yang baik bagi kesehatan kulit. Lemak dapat menjadi pelumas yang dapat membantu mengatasi kulit kering bersisik. Sementara itu, gula baik dalam bentuk polisakarida juga dapat membuat kulit terhidrasi dan lebih lembap.

Menjaga kelembapan kulit itu sendiri menjadi salah satu prinsip pengobatan eksim yang utama dan tak boleh terlupa. Nah, berikut cara menggunakan oatmeal sebagai obat alami untuk mengatasi eksim:

  • Siapkan selembar kain tipis dan bersih serta oatmeal kering. Tuang 3 sendok oatmeal ke dalam kain tersebut, lalu ikat oatmeal di dalam kain menyerupai bundel kecil.
  • Tampung air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Lalu, masukkan bundel kain tersebut ke dalam bak mandi berisi air. Rendam selama kurang lebih 15 menit.
  • Gunakan bundel oatmeal tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang terkena eksim.
  • Anda juga bisa membilas tubuh dengan air bak mandi yang menjadi rendaman bundel oatmeal.

Sebisa mungkin rutin biasakan mandi dengan bundelan oatmeal hingga gatal eksim mereda seiring waktu. Jangan lupa juga patuhi aturan mandi yang benar agar gejala eksim Anda tidak malah tambah parah.

5. Garam Himalaya

National Association of Eczema telah mengakui bahwa garam Himalaya dapat menjadi obat herbal untuk meredakan gejala-gejala eksim. Potensi manfaat garam Himalaya untuk eksim akan terasa lebih optimal jika digunakan saat mandi.

Garam memiliki kandungan natrium yang akan menarik sebagian limbah keluar melalui pori-pori kulit. Pada saat yang bersamaan, natrium juga bersifat menyerap air untuk bantu menjaga kelembapan kulit Anda. Dengan begitu, area kulit yang cenderung kering bersisik dapat menjadi lebih terhidrasi dan kenyal.

Untuk menggunakannya sebagai obat eksim tradisional, campurkan 230 gram (1 gelas belimbing) garam Himalaya ke dalam bak mandi berisi air kira-kira 12 liter. Rendam tubuh Anda selama 10 menit supaya mineral dalam garam bisa terserap sempurna ke dalam kulit.

Namun ingat: jangan berendam dalam air panas. Suhu air yang panas dapat mengikis minyak alami pada kulit sehingga membuat kulit semakin kering dan memperparah eksim. Gunakanlah air hangat suam kuku (sekitar 27 Celcius) untuk melindungi kelembapan kulit.

Setelah selesai mandi, segera keringkan seluruh tubuh Anda dengan menepuk-nepuk kulit secara perlahan. Jangan digosok keras-keras. Ingat, mandi dengan larutan garam Himalaya hanya untuk meredakan gejala, bukan untuk mengobati eksim.

6. Probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri baik yang dapat bermanfaat sebagai obat eksim alami. Asupan probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan sebagai respon alergi.

Untuk membuktikan manfaat probiotik sebagai obat eksim tradisional, para ahli yang terlibat dalam penelitian terbitan American Journal of Clinical Dermatology menunjukkan bahwa probiotik, terutama jenis Lactobacillus rhamnosus, dapat mencegah dan mengobati gejala eksim.

Meski begitu, temuan di atas masih mengundang pro dan kontra. Satu penelitian  dari jurnal Allergy and Immunology tahun 2010 menunjukkan bahwa kemanjuran probiotik sebagai obat eksim alami masih belum bisa dibuktikan.

Terlepas dari berbagai temuan yang ada, nyatanya mengonsumsi probiotik secara sudah terbukti tidak membahayakan. Jadi, jika Anda ingin mencoba probiotik sebagai obat eksim tradisional mungkin tidak ada salahnya mengonsumsi yogurt.

7. Tea tree oil

Sebuah penelitian tahun 2011 menemukan fakta bahwa minyak pohon teh ternyata jauh lebih ampuh untuk mengurangi gejala eksim daripada pakai obat oles yang mengandung zink oksida, clobetasone butyrate, atau ichthammol.

Studi tersebut menguatkan laporan sebuah riset terdahulu terbitan tahun 2004, yang melaporkan efektivitas tea tree oil untuk mengobati eksim pada kulit anjing setelah 10 hari pemakaian rutin dibandingkan krim perawatan kulit lainnya.

Anda boleh saja sesekali mencoba mengoleskan tea tree oil pada kulit yang bermasalah. Namun, jangan oleskan mentah-mentah. Mengoleskan minyak pohon teh murni dapat membuat gejala eksim makin parah karena sifatnya mengeringkan kulit.

Anda harus mencampur minyak pohon teh dengan minyak pelarut atsiri, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak biji bunga matahari sebelum digunakan sebagai obat eksim herbal. Dalam wadah, campurkan 1-2 tetes tea tree dengan 12 tetes minyak pelarut pilihan Anda.

Sebaiknya jangan dulu mencobanya untuk mengobati eksim pada bayi dan anak kecil. Belum ada penelitian medis shahih yang membuktikan tea tree oil aman untuk kulit bayi yang meradang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit