Katanya, Minyak Kelapa Bisa Menghilangkan Selulit. Apa Benar?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Selulit adalah tampilan kulit yang bertekstur, bergelombang, dan tidak rata di paha, pinggul, pantat, dan juga perut. Biasanya selulit paling sering muncul pada wanita remaja dan juga dewasa karena distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat yang tidak merata di bagian-bagian tubuh tersebut. Salah satu rahasia menghilangkan selulit secara alami yang banyak dipercaya ialah dengan menggunakan minyak kelapa. Namun, benarkah minyak kelapa ampuh untuk mengatasi selulit? Temukan jawabannya di sini.

Minyak kelapa untuk mengatasi selulit

minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa telah terbukti efektif untuk menghidrasi dan menghaluskan kulit. Dengan kemampuannya ini, minyak kelapa ternyata juga bisa membantu menutupi tekstur kulit yang tidak rata akibat selulit. Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa minyak kelapa murni sama efektifnya dengan minyak mineral ketika digunakan sebagai pelembap kulit.

Minyak yang satu ini terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Kolagen sendiri adalah salah satu protein di dalam tubuh yang dapat membantu mengencangkan jaringan kulit. Dengan begitu, kandungan kolagen di dalam minyak kelapa murni mampu mengurangi kemunculan selulit.

Dengan beberapa bukti medis, para ahli menyimpulkan bahwa minyak kelapa memang bisa menghilangkan selulit secara alami. Minyak ini membantu mengencangkan dan melembapkan kulit yang berselulit.

Anda bisa menggunakannya langsung ke kulit dengan pijatan lembut agar minyak lebih meresap. Selain digunakan tanpa campuran apapun, Anda juga bisa membuat campuran  minyak kelapa dengan minyak esensial seperti lavender. Bisa juga mencampurkan minyak kelapa dengan gula pasir kasar untuk dijadikan sebagai scrub di bagian kulit yang memiliki selulit.

Efek samping menghilangkan selulit dengan minyak kelapa

ruam di pergelangan tangan

Meski minyak kelapa dapat menghilangkan selulit secara alami, minyak ini juga bisa menyebabkan alergi pada orang-orang yang memiliki sensitivitas kulit berlebih. Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya untuk menghilangkan selulit Anda, ada baiknya untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu.

Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di lengan bagian dalam Anda dan biarkan selama kurang lebih 24 jam. Kemudian perhatikan dengan baik apakah ada reaksi seperti gatal, kemerahan, dan iritasi. Jika ada, maka Anda sebaiknya mencari alternatif penggunaan lain karena tandanya kulit Anda memiliki alergi terhadap minyak kelapa.

Sebaliknya, jika tidak ada reaksi negatif yang muncul maka Anda bisa mulai menggunakan minyak yang satu ini untuk menghilangkan selulit membandel di tubuh.

Agar lebih efektif, terapkan gaya hidup sehat lainnya

cara diet air putih

Meski minyak kelapa bisa membantu mengatasi selulit tetapi Anda tidak bisa hanya mengandalkan perawatan yang satu ini. Biar bagaimana pun, Anda tetap wajib melakukan serangkaian perawatan rumahan lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

Minum cukup air menjadi kebiasaan harian yang perlu Anda terapkan untuk dapat membantu mengurangi selulit. Air membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan yang dapat menyamarkan tampilan selulit.

Dendy Engelman, M.D., seorang dokter kulit di New York menyatakan saat kulit terhidrasi dengan baik maka tampilan kulit akan jauh lebih halus. Sebaliknya, jika kulit dan jaringan lunak mengalami dehidrasi maka kulit akan semakin tampak bergelombang dan tidak rata. Oleh karena itu, cobalah untuk mencukupi asupan cairan dengan minum tidak kurang dari 8 gelas per hari.

Selain minum cukup air, Anda juga dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Yaitu, dengan melakukan 20 menit latihan aerobik dan 20 menit latihan kekuatan sebanyak dua atau tiga hari dalam seminggu.

Tak hanya itu, Anda juga perlu menerapkan pola makan yang lebih sehat dengan banyak makan sayur dan buah serta mengurangi asupan lemak buruk. Pasalnya, meski selulit bukanlah tumpukan lemak tetapi mengurangi asupan lemak dan mengubahnya menjadi otot dengan berolahraga membantu membuat tampilan kulit menjadi lebih halus.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 30, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca