Apa Itu Radang Sendi (Osteoarthritis) Pinggul?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu osteoarthritis pinggul (radang sendi pinggul)?

Osteoarthritis atau radang sendi pinggul terjadi saat peradangan dan cedera pada sendi menyebabkan pecahnya jaringan tulang rawan di daerah pinggul. Akibatnya, osteoarthritis lutut menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kelainan bentuk. Tulang rawan adalah bahan yang keras, seperti karet yang melindungi ujung-ujung tulang pada sendi normal.

Tulang rawan terbentuk dari air dan protein. Fungsi utamanya adalah mengurangi gesekan pada sendi dan berperan sebagai penahan tekanan. Tulang rawan yang normal memiliki kemampuan mengubah bentuk ketika terkena tekanan. Kemampuan tulang rawan dalam mengubah bentuk datang dari kandungan airnya yang tinggi. Sekalipun dapat memperbaiki dirinya apabila terjadi kerusakan, tulang rawan tak lagi dapat tumbuh baru atau diproduksi baru oleh tubuh setelah cedera.

Osteoarthirtis pinggul mungkin akan sulit didiagnosis pada awalnya, karena nyeri dapat muncul pada berbagai lokasi, termasuk pangkal paha, paha, bokong, atau betis. Nyeri bisa terasa menusuk dan tajam atau tumpul, dan paha sering kali kaku. Namun, pasien yang memiliki kondisi ini terkadang akan mengalami kesulitan berjalan.

Seberapa umum osteoarthritis pinggul (radang sendi pinggul) terjadi?

Ada beberapa jenis arthritis, namun osteoarthritis adalah jenis yang paling umum. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit degeneratif atau arthritis yang terkait usia karena penyakit ini cenderung muncul seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Meski begitu, kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala osteoarthritis pinggul?

Tanda-tanda dan gejala yang paling populer terkait dengan radang sendi pinggul adalah nyeri di sekitar sendi pinggul. Biasanya, nyeri meningkat perlahan-lahan dan memburuk seiring waktu, walau ada pula yang muncul secara tiba-tiba.

Nyeri dan kaku dapat memburuk di pagi hari atau setelah duduk/beristirahat selama beberapa saat. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit yang dirasakan bisa lebih sering terjadi, termasuk saat beristirahat atau pada malam hari.

Beberapa gejala lain terkait adanya radang sendi pinggul, antara lain:

  • Nyeri pada pangkal paha atau paha yang menyebar ke bokong atau betis
  • Nyeri yang memuncak saat melakukan aktivitas berat
  • Sendi pinggul yang terasa kaku sehingga sulit berjalan atau membungkuk
  • Sendi “terkunci” atau “menempel”, dan menciptakan suara gesekan (crepitus) saat pergerakan yang disebabkan oleh patahan tulang rawan dan jaringan lain. Hal ini terjadi akibat terganggunya pergerakan mulus dari pinggul
  • Semakin sempitnya ruang gerak pada pinggul yang memengaruhi kemampuan berjalan dan mungkin saja bisa menyebabkan lemas
  • Nyeri sendi semakin bertambah parah saat musim hujan

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat mencegah kondisi radang sendi Anda semakin memburuk dan kondisi darurat medis lainnya. Segeralah bicarakan hal ini kepada dokter untuk mencegah kondisi serius lain.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab osteoarthritis pinggul (radang sendi pinggul)?

Osteoarthritis tidak memiliki satu penyebab spesifik, namun ada beberapa penyebab yang dapat membuat Anda lebih mudah mengalami kondisi ini, termasuk:

  • Bertambahnya usia
  • Riwayat keluarga yang juga memiliki osteoarthritis
  • Pernah mengalami cedera pada sendi pinggul
  • Obesitas
  • Pembentukan sendi pinggul yang tidak sempurna, kondisi ini disebut developmental dysplasia pada pinggul

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya lebih berisiko terkena osteoarthritis pinggul?

Terdapat beberapa pemicu yang membuat Anda lebih berisiko terkena radang sendi pinggul, antara lain pernah mengalami cedera sendi, bertambahnya usia, dan kelebihan berat badan.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana osteoarthritis pinggul (radang sendi pinggul) didiagnosis?

Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosis penyakit ini. Namun, kondisi ini sering terdiagnosis dengan adanya hasil x-ray yang tidak normal, yang menunjukkan ciri-ciri tertentu, seperti penyempitan sendi. Apabila dokter menduga Anda memiliki kondisi ini, dokter akan melihat riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Prosedur ini akan memeriksa fungsi pinggul dan dapat mengembalikan pergerakan sendi yang semakin terbatas.

Bagaimana cara mengobati osteoarthritis pinggul (radang sendi pinggul)?

Tujuan utama dari pengobatan osteoarthritis adalah memperbaiki fungsi gerak dari sendi dan perbaikan gaya hidup. Pengobatannya biasanya berfokus pada perbaikan fungsi gerak dan memantau nyeri yang timbul. Beberapa perawatan yang dilakukan, antara lain:

  • Istirahat dan perawatan sendi
  • Penggunaan tongkat untuk mengurangi beban pada pinggul yang terpengaruh
  • Teknik peringanan rasa sakit selain obat untuk meredakan nyeri
  • Mengurangi berat badan berlebih
  • Olahraga
  • Menggunakan obat-obatan, termasuk acetaminophen (paracetamol), obat anti-peradangan non-steroid yang diresepkan dokter
  • Operasi
  • Terapi pendukung dan alternatif

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan secara mandiri untuk mengobati osteoarthritis pinggul (radang sendi pinggul)?

Terdapat beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengobati osteoarthritis pinggul, salah satunya dengan berolahraga. Penting untuk memulai program olahraga Anda secara bertahap dan perlahan dengan olahraga ringan. Beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Berjalan, jika Anda memiliki masalah keseimbangan, gunakan treadmill (tanpa inklinasi).
  • Sepeda statis, menggunakan sepeda statis dengan pengaturan rendah dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan. Keuntungan menggunakan sepeda statis adalah Anda dapat berhenti kapan pun dan beristirahat apabila Anda merasa lelah.
  • Olahraga air, berenang dengan gaya bebas merupakan olahraga yang baik untuk mengobati radang sendi atau osteoarthritis. Berjalan di dalam air (dengan kedalam air minimal setinggi pinggang dapat meringankan beban pada sendi sebanyak 50%. Melakukan aerobik air di kolam dengan kedalam setinggi dada bisa mengurangi dampaknya pada sendi hingga 75%.
  • Yoga, yoga secara rutin dapat membantu fleksibilitas sendi, memperkuat otot dan mengurangi rasa sakit.

Konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 28, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 28, 2019

Yang juga perlu Anda baca