Definisi

Apa itu pielonefritis (infeksi ginjal)?

Pielonefritis adalah penyakit infeksi pada ginjal disebabkan oleh bakteri atau virus. Kandung kemih menyimpan urin sebelum dikeluarkan oleh tubuh. Bakteri dan virus biasanya mencapai kandung kemih melalui uretra (saluran yang mengeluarkan urin dari kandung kemih hingga keluar tubuh) dan menyebabkan infeksi yang memengaruhi ginjal hingga memicu pielonefritis.

Infeksi ginjal jarang ditemukan dibanding infeksi saluran urin, tetapi infeksi ginjal lebih serius. Infeksi yang terjadi berulang kali dapat menyebabkan luka. Infeksi yang merusak ginjal dapat menyebabkan pielonefritis kronis hingga mengakibatkan gagal ginjal.

Gejala pielonefritis, penyebab pielonefritis, dan obat pielonefritis, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Seberapa umumkah pielonefritis (infeksi ginjal)?

Infeksi ginjal biasa terjadi pada wanita dan orang tua. Orang-orang yang menggunakan kateter, memiliki diabetes, atau penyumbatan saluran urin karena batu ginjal atau pembesaran prostat dapat mengalami infeksi ginjal.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala pielonefritis (infeksi ginjal)?

Fase awal dari pielonefritis biasanya tidak menunjukan gejala. Gejala yang paling umum adalah demam dan sakit pinggang. Gejala lain berupa: menggigil, sering buang air kecil, mual, rasa sakit ketika buang air kecil, rasa sakit pada tulang rusuk atau panggul, mendadak ingin buang air kecil, atau muntah.

Terdapat kemungkinan beberapa tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda merasa khawatir terhadap suatu gejala, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki salah satu tanda atau gejala yang disebutkan di atas atau merasa hal yang tidak biasa pada daerah perut bagian bawah, pergilah ke dokter secepat mungkin. Anda harus segera mencari pertolongan medis jika mengalami rasa rakit yang parah pada daerah perut, urin bercampur dengan darah, atau rasa panas ketika buang air kecil. Tubuh setiap orang bereaksi berbeda-beda. Selalu baik untuk berdiskusi dengan dokter Anda mengenai solusi bagi kondisi Anda.

Penyebab

Apa penyebab pielonefritis (infeksi ginjal)?

Pielonefritis disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi urin dan mencapai ginjal dengan melalui ureter atau dari aliran darah. Walaupun banyak bakteri dan virus yang menyebabkan pielonefritis, tetapi bakteri paling umum adalah Escherichia coli.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk pielonefritis (infeksi ginjal)?

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko Anda terkena pielonefritis:

  • Jenis kelamin: Wanita memiliki risiko lebih besar terkena infeksi ginjal daripada pria. Uretra wanita lebih pendek daripada pria, sehingga bakteri menempuh jarak yang tidak terlalu jauh dari luar hingga mencapai kandung kemih
  • Gangguan pada saluran urin. Apapun yang memperlambat aliran urin atau mengurangi kemampuan Anda mengosongkan kandung kemih saat buang air kecil, seperti batu ginjal, kelainan struktur pada sistem urin atau, pada pria, kelenjar prostat yang besar, dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi ginjal
  • Melemahnya sistem imun. Kondisi medis yang merusak sistem imun Anda, seperti diabetes dan HIV, meningkatkan risiko infeksi ginjal. Beberapa pengobatan, seperti obat yang dikonsumsi untuk mencegah penolakan organ transplantasi, juga memiliki efek yang sama
  • Penggunaan kateter urin jangka panjang
  • Vesicoureteral reflux, yaitu adanya aliran kencing yang mengarah balik ke ginjal.

Tidak memiliki faktor-faktor risiko tidak menjamin Anda tidak akan terkena infeksi ginjal. Faktor-faktor ini merupakan faktor umum dan hanya sebagai referensi. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda untuk lebih detil.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk pielonefritis (infeksi ginjal)?

Kebanyakan orang dibawa ke rumah sakit dan dirawat dengan antibiotik yang dimasukkan lewat vena. Setelah gejala membaik, antibiotik yang dikonsumsi melalui mulut dapat dibutuhkan selama 3 minggu.

Obat-obat dan cairan bagi rasa sakit juga diberikan melalui vena jika terjadi dehidrasi. Untuk infeksi saluran urin yang kambuh, antibiotik dengan dosis rendah diberikan setiap hari untuk beberapa minggu untuk mencegah infeksi.

Jika batu ginjal menyebabkan infeksi, ahli urin dapat meminta Anda melalukan Shock Wave Lithotripsy, laser, atau pembedahan untuk mengeluarkan batunya.

Pada orang dewasa, pengulangan kultur urin harus dilakukan untuk memastikan infeksi tidak kambuh. Jika tes menunjukan infeksi, konsumsi antibiotik selama 14 hari harus kembali dilakukan; jika masih terjadi, konsumsi antibiotik diperpanjang hingga 6 minggu.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk pielonefritis (infeksi ginjal)?

Dokter dapat membuat diagnosis dari catatan medis dan memeriksa gejala seperti demam dan sakit pinggang. Jika infeksi ginjal terdeteksi, dokter akan meminta tes urin dan tes darah untuk memeriksa bakteri. Selain itu, ulsasonography atau CT pada ginjal dapat membantu menemukan infeksi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pielonefritis (infeksi ginjal)?

Perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi pielonefritis:

  • Dehidrasi. Minum banyak air atau cairan, tetapi jangan minum alkohol
  • Air putih dan minuman asam dapat membuat beberapa jenis bakteri tidak dapat bertahan di kendung kemih, membantu Anda menghindari kambuhnya infeksi
  • Jangan menahan air kecil untuk waktu yang lama. Anda sebaiknya buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan seks untuk mencegah bakteri menginfeksi melalui hubungan seks
  • Hilangkan batu ginjal jika Anda memilikinya. Anda juga harus melakukan tes prostat secara berkala dan mengobatinya jika terdapat pembesaran
  • Jangan berhenti mengonsumsi obat-obat sesuai dengan dosis karena Anda merasa lebih baik hingga dokter Anda menyarankan berhenti
  • Jangan mengonsumsi obat-obatan herbal yang Anda temukan di toko. Beberapa dapat menyebabkan penyakit ginjal

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan