Definisi

Apa itu kanker ginjal?

Kanker ginjal adalah kanker yang berasal dari dalam ginjal. Ginjal terdiri dari dua bagian organ terpisah yang berbentuk seperti kacang, masing-masing ginjal seukuran kepalan tangan Anda. Ginjal berada di dalam perut bagian bawah, dengan satu ginjal di sisi sebelah kanan dan kiri tulang belakang. Ginjal adalah bagian dari organ saluran kandung kemih. Ginjal memproduksi air seni dengan membuang sampah hasil pencernaan makanan dan kelebihan cairan dari darah Anda.

Sel renal karsinoma adalah salah satu jenis dari kanker ginjal. Kanker sel renal karsinoma ini meliputi 90% sampai 95% dari semua kasus penderita kanker ginjal, tapi kanker ini tidak sering terjadi (terjadi kepada 1 dari 10.000 orang setiap tahun). Jenis kanker ginjal lain yang umum terjadi antara lain:

  • Transisi sel karsinoma. Terjadi di setiap 100 kasus kanker ginjal, sekitar 5 sampai 10 kasus di antaranya adalah transisi sel karsinomas (TCCs), seringkali dikenal sebagai urothelial karsinomas
  • Tumor Wilms (nephroblastoma). Tumors Wilms hampir selalu terjadi kepada anak-anak. Kanker ginjal jenis ini sangat jarang menyerang orang dewasa.
  • Renal sarkoma. Renal sarkoma adalah kanker ginjal yang jarang terjadi yang mulai menyerang dari pembuluh darah atau jaringan ikat ginjal. Kasus kanker jenis ini kurang dari 1% dari seluruh jenis kanker ginjal

Seberapa umumkah kanker ginjal?

Kanker ginjal umumnya dua kali lebih sering terjadi kepada wanita daripada pria, biasanya di antara 7 sampai 50 tahun. Kanker ini bisa dikendalikan dengan mengurangi faktor pemicu kanker dari dalam diri Anda. Diskusikan secara rutin dengan dokter untuk informasi lebih mendalam.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker ginjal?

Gejala awal penyakit kanker ginjal mungkin saja tidak terdeteksi. Seiring dengan berkembangnya tumor, gejala mungkin dapat dideteksi dari:

  • Air seni bercampur darah
  • Pembengkakan di area sekitar ginjal
  • Keletihan
  • Hilang nafsu makan
  • Berat badan menurun drastis
  • Demam
  • Sakit perut

Terdapat beberapa ciri dan gejala umum yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda merasa khawatir tentang gejala kanker ginjal yang Anda rasakan, konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Hubungi dokter jika Anda melihat darah di dalam air seni Anda atau ketika Anda merasakan nyeri atau mengalami pembengkakan di daerah sekitar perut Anda. Gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh penyakit lain. Jika Anda merasakan ciri atau gejala seperti yang telah disebutkan di atas atau memiliki pertanyaan tentang kanker ginjal, konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab kanker ginjal?

Ketika Anda divonis menderita kanker ginjal, Anda pasti bertanya-tanya mengenai apa penyebab terjadinya kanker ginjal. Para dokter umumnya tidak dapat menjelaskan kenapa seseorang menderita penyakit kanker ginjal sedangkan orang lain tidak terkena penyakit tersebut.

Penelitian telah menemukan riwayat lain yang mungkin dapat menyebabkan kanker ginjal:

  • Obesitas: seseorang yang obesitas memiliki risiko lebih besar terkena kanker ginjal.
  • Tekanan darah tinggi: memiliki tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko menderita kanker ginjal
  • Sejarah kanker ginjal dalam keluarga: seseorang dengan anggota keluarga yang pernah menderita kanker ginjal memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit tersebut. Beberapa kondisi kesehatan tertentu yang ada di dalam keluarga juga dapat meningkatkan risiko kanker ginjal

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker ginjal?

Terdapat banyak faktor penyebab kanker ginjal, seperti:

    • Merokok
    • Obesitas
    • Tekanan darah tinggi
    • Faktor genetik keluarga atau sindrom Von Hippel-Lindau (VHL).

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kanker ginjal?

Pengobatan yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan operasi untuk pengangkatan ginjal (nephrectomy). Yang diangkat melalui operasi bisa jadi seluruh ginjal, kelenjar adrenal, jaringan ikat sekitar ginjal, atau kelenjar getah bening.

Sebuah prosedur yang disebut dengan arterial embolization juga dapat digunakan untuk mengecilkan tumor. Prosedur ini menghalang pembuluh darah utama mengalirkan darah ke ginjal sehingga tumor tidak mendapatkan oksigen yang dibawa oleh darah dan zat lain yang dibutuhkan tumor untuk berkembang.

Terapi radiasi (atau radioterapi) menggunakan energi radiasi tinggi untuk membunuh sel kanker. Terapi ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit (sebagai terapi penghilang rasa sakit) ketika kanker ginjal menyebar sampai ke tulang.

Kemoterapi (obat-obatan untuk membunuh sel kanker) biasanya tidak terlalu ampuh untuk melawan kanker ginjal.

Immunoterapi melibatkan penggunaan dari protein hewan seperti interferon, sunitinib, dan bevacizumab. Pengobatan ini adalah pengobatan paling mutakhir yang telah menunjukan bebarapa keberhasilan di dalam dunia pengobatan paling maju untuk melawan kanker ginjal.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kanker ginjal?

Tes urin: Pemeriksaan laboratorium air seni Anda yang bercampur darah dan gejala-gejala dari penyakit lain.

Tes darah: Pemeriksaan laboratorium darah untuk beberapa zat, seperti zat kreatinin. Kadar kreatinin yang tinggi dapat mengindikasikan bahwa ginjal tidak bekerja dengan baik.

Ultrasound (USG): Sebuah alat ultrasound (USG) dapat digunakan untuk membuat gambaran yang dapat menunjukan kanker ginjal.

CT scan atau MRI: Tes ini dapat menunjukan kanker di ginjal, kelenjar getah bening, atau di manapun di sekitar perut.

IVP: Anda akan menerima suntikan pewarna ke dalam pembuluh darah di lengan Anda. Serangkaian X-ray kemudian akan melacak pewarna yang bergerak melalui ginjal Anda menuju saluran pembuangan dan kandung kemih Anda. hasil X-ray dapat memperlihatkan tumor ginjal atau masalah-masalah lain.

Biopsi: Pengangkatan jaringan ginjal untuk melihat sel kanker. Di beberapa kasus, biopso ini akan dilakukan dokter untuk mendiagnosa kanker ginjal.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker ginjal?

Daftar gaya hidup dan pengobatan di rumah berikutini dapat membantu Anda mengatasi kanker ginjal:

  • Hubungi dokter jika Anda melihat darah di air seni Anda atau mengalami rasa nyeri atau pembengkakan di sekitar perut
  • Hubungi dokter jika Anda mengalami demam setelah operasi.
  • Hubungi dokter jika Anda melihat drainase dari sayatan bekas operasi
  • Olahraga rutin sesuai dengan saran doker
  • Tidur yang cukup
  • Perbanyak istirahat dan bersantai

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016