Apa itu bulimia?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu bulimia?

Bulimia adalah gangguan pola makan. Penderita bulimia seringkali tidak dapat berhenti makan dan selalu melahap sejumlah besar makanan dalam jangka waktu pendek tanpa bisa dikontrol. Lalu, karena ketakutan berlebih akan kegemukkan, mereka akan membuat diri mereka muntah, berpuasa, dan berolahraga sangat keras namun tidak teratur untuk menurunkan berat badan, sehingga pasien dengan bulimia biasanya tidak mengalami kelebihan berat badan.

Seberapa umumkah bulimia?

Bulimia adalah kondisi yang ebih sering terjadi pada remaja muda yang sedang dalam masa pertumbuhan juga remaja perempuan yang terobsesi dengan berat badan. Gangguan ini juga sering kali muncul pada model profesional dan atlet profesional yang pekerjaannya menuntut kedisiplinan tinggi untuk menjaga bentuk tubuh. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena bulimia adalah dengan cara mengurangi faktor risiko. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala bulimia?

Bulimia adalah salah satu gangguan makan yang keluhannya bisa berupa makan dalam jumlah banyak yang kemudian diikuti usaha untuk membuat diri sendiri muntah,  sering puasa berkala, menggunakan pencahar berlebihan, atau memakai obat-obat penekan nafsu makan.. Selain itu, penderita bulimia juga mengalami gejala lain seperti dehidrasi dan gangguan menstruasi. Di lihat dari sisi psikologis, penderita bulimia biasanya merasa bersalah, gelisah, dan marah setelah makan.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, harap konsultasikan kepada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Periksakan diri Anda kepada dokter apabila Anda merasa memiliki gangguan kesehatan karena bulimia atau Anda merasa makan terlalu rakus dan tidak dapat dikontrol. Status dan kondisi bulimia dapat berbeda pada banyak orang. Selalu berdiskusi dengan dokter untuk menemukan metode diagnosis dan perawatan, juga pengobatan yang terbaik untuk Anda.

Penyebab

Apa penyebab bulimia?

Sampai sekarang, para ahli masih belum menemukan penyebab utama bulimia. Tetapi, orang-orang yang pernah mengalami kegemukan, depresi, atau terobsesi dengan peampilan langsing memiliki risiko yang paling tinggi.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk bulimia?

Faktor utama yang meningkatkan kemungkinan terkena bulimia di antaranya:

  1. Masa remaja atau transisi menuju kedewasaan
  2. Wanita lebih rentan mengalami bulimia dibandingkan pria;
  3. Memiliki orang tua atau saudara kandung yang memiliki riwayat gangguan pola makan
  4. Berada di bawah tekanan sosial, khususnya media massa yang selalu menunjukkan postur badan kurus sebagai standar kecantikan
  5. Memiliki gangguan mental seperti ketidakmampuan mengontrol kemarahan, depresi, gangguan kegelisahan, juga gangguan obsesif-kompulsif
  6. Di bawah tekanan pekerjaan apabila Anda seorang model, aktris, atau penari
  7. Tertekan untuk memiliki berat badan tertentu apabila Anda seorang atlet

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk bulimia?

Penanganan bulimia termasuk di antaranya adalah terapi psikologis seperti terapi kognitif perilaku yang ditujukan agar pasien sadar bahwa ia membutuhkan perawatan. Pasien juga perlu untuk melakukan sebuah diet dan pengawasan pola hidup sehat, juga meminum antidepresan apabila diperlukan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk bulimia

Dokter Anda akan memeriksa rekam medis Anda, melakukan pemeriksaan fisik, khususnya memperhatikan emosi dan pola makan dalam upaya untuk mengonfirmasi apakah Anda mengidap bulimia atau tidak. Dokter dapat meminta Anda untuk menjalankan tes EKG dan tes darah untuk mengecek gangguan pada potassium, magnesium, dan zat lain dalam tubuh.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bulimia?

Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan di rumah yang dapat membantu Anda menghadapi bulimia:

  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang selalu memberikan dukungan dan pengertian dan selalu ada bersama Anda
  • Ikuti instruksi dokter
  • Beritahukan dokter tentang gangguan kesehatan lain yang Anda temukan setelah Anda mengkonsumsi obat yang diresepkan
  • Makanlah dengan teratur dan dalam porsi normal
  • Kurangi stress
  • Terbukalah dalam mengekspresikan perasaan Anda kepada keluarga dan terapis

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 12, 2018

Yang juga perlu Anda baca