home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Alis Gatal Karena Ada Ketombe? 4 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Alis Gatal Karena Ada Ketombe? 4 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Hampir semua orang menganggap jika ketombe hanya ada di rambut dan area kulit kepala. Namun, tahukah Anda jika ketombe bisa juga, lho, muncul di bagian alis. Ya, ini karena alis termasuk rambut tubuh yang bisa jadi tempat tumbuhnya ketombe. Meski jarang terjadi, tapi penting untuk mengetahui sebab hadirnya ketombe di alis Anda.

Kenapa ketombe di alis bisa muncul?

Ketombe adalah sisa-sisa kulit mati yang mengelupas di area kepala. Nah, penyebab ketombe di alis tidak jauh berbeda dengan ketombe pada rambut. Bahkan tak jarang, kedua kondisi ini bisa terjadi bersamaan dalam satu waktu.

Hanya saja, ketombe di alis memang lebih menjengkelkan karena mudah terlihat. Berikut ini merupakan beberapa penyebab munculnya ketombe di alis:

1. Kondisi kulit wajah

Alis tiba-tiba gatal dan muncul ketombe? Bisa jadi ini berkaitan dengan jenis kulit wajah Anda. Sekarang, coba perhatikan apakah kulit wajah Anda tergolong normal, kering, atau berminyak?

Pasalnya, tekstur kulit yang terlalu kering atau berminyak bisa mengakibatkan masalah baru pada kulit wajah. Salah satunya menjadi faktor risiko alis timbul ketombe setelahnya.

2. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah penyakit yang mengakibatkan kulit kering dan mengelupas. Kondisi ini umumnya terjadi pada kulit yang punya banyak kelenjar minyak, seperti punggung, kulit kepala, wajah, hingga bagian alis Anda.

Menurut Michelle Henry, M.D, seorang dokter spesialis kulit di New York, dermatitis seboroik yang mengakibatkan ketombe di alis sebenarnya sama dengan penyebab ketombe pada kulit kepala.

Tanda khasnya yakni berupa timbulnya serpihan putih seperti kerak, kulit berminyak, dan iritasi atau ruam kemerahan di sekitar alis.

3. Malassezia

Selain karena kondisi kulit yang berminyak, penyebab hadirnya ketombe juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia.

Jamur ini kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kulit, misalnya ketombe, eksim, dermatitis seboroik, dan lain sebagainya. Jika jamur Malassezia menyerang alis, tentu Anda akan mengalami gatal dan iritasi pada alis.

4. Dermatitis kontak

Penggunaan kosmetik memang bisa menunjang penampilan. Akan tetapi jika tidak hati-hati, malah bisa berakibat buruk bagi alis Anda. Ya, ketombe di alis bisa disebabkan oleh dermatitis kontak yang biasanya terjadi karena kulit terpapar bahan kimia.

Jika Anda termasuk orang yang sering memakai riasan wajah dan memiliki ketombe di alis, perhatikan kembali kosmetik yang Anda gunakan. Kemungkinan ada bahan kimia dalam kosmetik tersebut yang memicu terjadinya dermatitis kontak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Do I Have Eyebrow Dandruff? https://www.healthline.com/health/eyebrow-dandruff Diakses pada 3 Desember 2018.

Eyebrow Dandruff Is a Thing-Here’s How to Treat It. https://www.self.com/story/eyebrow-dandruff-how-to-treat-it Diakses pada 3 Desember 2018.

Eyerbow Dandruff Causes. https://www.livestrong.com/article/171775-eyebrow-dandruff-causes/ Diakses pada 3 Desember 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 05/12/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x