backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang dan Susah Diatur

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 05/10/2023

9 Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang dan Susah Diatur

Rambut kusut dan mengembang dapat disebabkan oleh rambut kering yang kehilangan kelembaban. Cuaca panas dan penggunaan hair dryer dapat memperburuk kondisi ini. Untungnya, terdapat cara membuat rambut lemas sehingga menjaga kelembutan dan mengurangi kerusakan rambut.

Berbagai cara membuat rambut lemas

Di bawah ini beberapa cara melemaskan rambut yang bisa Anda coba di rumah.

1. Gunakan sampo yang cocok

rekomendasi shampo untuk rambut rontok

Menggunakan produk sampo yang tepat bisa menjadi cara melemaskan rambut yang kasar.

Jika Anda kesulitan menemukan produk yang cocok, coba beberapa produk dengan membeli kemasan sasetnya. Lihat sampo mana yang memberikan hasil terbaik.

Apabila rambut makin mengembang atau muncul gejala kerusakan rambut, seperti rambut rontok, ketombe, atau rambut kering, sebaiknya hentikan penggunaan.

Ketika sudah menemukan produk sampo yang cocok, jangan ganti-ganti varian apalagi merek. Pasalnya, setiap sampo memiliki zat aktif yang berbeda yang dapat memengaruhi kondisi rambut Anda.

2. Gunakan kondisioner

Cara terbaik membuat rambut lemas adalah memakai kondisioner ke batang hingga ujung rambut. 

Kondisioner mengandung bahan-bahan, seperti biotin dan surfaktan yang dapat membuat rambut menjadi lebih halus, lembut, dan mudah diatur.

Kondisioner juga mengandung bahan-bahan yang dapat mengunci kelembaban dalam setiap helai rambut.

Bahan pelembap mencegah rambut yang kering dan kehilangan kelembaban. Ini hal yang membuat rambut cenderung rapuh, kasar, dan mudah mengembang.

3. Membilas dengan air dingin

Tahukah Anda bahwa air hangat atau panas dapat berpotensi membuat rambut menjadi lebih kering? 

Air panas dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala dan melapisi helai rambut. Minyak ini adalah salah satu faktor alami yang menjaga rambut tetap lembut dan terlindung dari kekeringan.

Oleh karena itu, usahakan keramas dengan air dingin untuk menjaga kelembaban alami rambut. Dengan begitu, rambut akan lebih lembut, lemas, dan mudah diatur.

4. Potong rambut secara berkala

Memotong rambut bisa jadi cara mengatasi rambut kaku. Cara ini dapat menghilangkan ujung rambut bercabang dan membuat rambut terlihat lebih sehat.

Selain itu, dengan memotong rambut secara berkala, Anda dapat menjaga panjang rambut sesuai dengan keinginan Anda. 

Rambut yang tertata rapi juga menghindari penumpukan pertumbuhan rambut, yang dapat menyebabkan rambut terlihat lebih mengembang.

5. Menggunakan cuka sari apel

Normalnya, tingkat pH rambut yaitu sekitar 4,5 – 5,5. Jika pH rambut terlalu basa, kutikula atau bagian terluar rambut akan terbuka dan membuat rambut keriting dan mengembang.

Karena cuka sari apel bersifat asam, bahan alami ini bisa mengembalikan pH rambut dalam kondisi normalnya.

Bahan alami ini juga dapat menghilangkan sisa residu dari produk perawatan rambut yang membuat rambut makin mengembang.

Cara agar rambut lurus dan lemas menggunakan cuka apel yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes cuka apel dengan air hangat. Kemudian, usapkan cuka apel pada rambut sambil memijat secara lembut bagian kulit kepala.

6. Gunakan minyak kelapa

Cara membuat rambut lemas lainnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut ini berasal dari kandungan asam lauratnya yang tinggi. 

Sebuah studi dalam Scientific Reports mengatakan bahwa kandungan asam laurat pada minyak kelapa diduga memiliki aktivitas antijamur. Pasalnya, jamur yang biasanya hidup di kulit kepala yaitu Malassezia spp, dapat menghilangkan sebum alami di kulit kepala. 

Jamur inilah yang menyebabkan ketombe dan eksim di kulit kepala. Keberadaan jamur ini juga bisa menimbulkan kulit kepala kering sehingga membuat rambut mengembang.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan minyak kelapa untuk rambut.
  • Gunakan beberapa tetes minyak kelapa sebelum keramas.
  • Pijat lembut ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut.
  • Tunggu 15 menit, lalu keramas dan bersihkan rambut dari minyak kelapa.
Anda juga menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Caranya gunakan beberapa tetes minyak kelapa pada rambut sebelum tidur, diamkan semalam, lalu keramas keesokan harinya.

7. Aplikasikan minyak argan

Mengaplikasikan minyak argan pada rambut juga bisa menjadi cara membuat rambut lemas bagi pemilik rambut mengembang. 

Kandungan asam oleat dan asam linoleat dari minyak argan membantu menjaga kelembaban rambut. 

Argan oil juga mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan. Kandungan ini membantu melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, minyak argan dipercaya penggunanya sebagai pelindung rambut dari paparan panas, misalnya dari paparan sinar matahari, penggunaan hair dryer atau catokan yang berpotensi membuat rambut rusak dan kering.

8. Menggunakan alpukat

Menggunakan masker rambut yang mengandung alpukat atau membuat masker rambut sendiri merupakan salah satu cara agar rambut lemas yang bisa Anda dicoba. 

Manfaat alpukat untuk rambut diperoleh berkat kandungan vitamin A dan vitamin E yang dapat meningkatkan kelembaban dan menguatkan akar rambut.

Vitamin A juga diperlukan untuk produksi sebum, minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala. Sebum membantu menjaga kelembaban rambut, sehingga mencegah rambut kering.

Sementara itu, vitamin E bersifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel rambut dan kulit kepala dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan faktor-faktor lingkungan yang merugikan.

9. Gunakan telur

Telur bermanfaat untuk rambut karena mengandung biotin yang dapat melemaskan rambut yang mengembang. Biotin membantu memperkuat struktur rambut dan mengurangi kerapuhan. 

Meski belum ada penelitian yang secara langsung menyebutkan potensi ini, beberapa orang percaya bahwa rambutnya makin lembut, bebas kusut, dan mudah diatur setelah menggunakan masker telur.

Penting untuk diketahui jika Anda memiliki alergi telur, sebaiknya hindari penggunaan masker rambut telur untuk menghindari reaksi alergi.

Ada banyak cara membuat rambut lemas lainnya, seperti menggunakan serum rambut, menyisir menggunakan sisir lembut, dan menghindari menggosok rambut dengan handuk.

Kunci utama cara merawat rambut agar tetap lemas adalah perawatan yang berkelanjutan dan pemilihan produk yang tepat sesuai dengan jenis rambut Anda.

Oleh karena itu, selalu beri perhatian pada rambut untuk menjaga kelembaban, mencegah kerusakan, dan memastikan kesehatannya. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 05/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan