home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Masalah yang Mungkin Terjadi Jika Anda Terlalu Sering Mengikat Rambut

Berbagai Masalah yang Mungkin Terjadi Jika Anda Terlalu Sering Mengikat Rambut

Bagi orang-orang yang memiliki rambut panjang, mengikat rambut adalah solusi menata rambut yang paling mudah dan cepat. Tapi awas, meskipun ringkas, terlalu sering mengikat rambut ternyata dapat berakibat buruk pada kesehatan rambut Anda. Terlebih jika Anda mengikat rambut saat masih basah atau saat tidur.

Terlalu sering mengikat rambut bikin rambut gampang rontok hingga bisa jamuran

Ikatan rambut yang terlalu kencang dapat membuat kulit kepala terasa perih. Anda bahkan mungkin sampai merasa sakit kepala. Rasa sakit ini dipengaruhi oleh ujung saraf yang melekat pada setiap folikel rambut Anda.

Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, rambut juga butuh istirahat. Tekanan yang diterima akar rambut dari waktu ke waktu akibat Anda terlalu sering mengikat rambut akan memicu terjadinya traction alopecia, kondisi kerontokan rambut kronis yang disebabkan oleh stres dan tegangan. Normalnya, Anda akan kehilangan sekitar seratus helai rambut dalam sehari. Akan tetapi stress dapat menyebabkan kerontokan rambut lebih banyak dari yang seharusnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penipisan rambut — bahkan kebotakan.

Selain itu, kebiasaan mengikat rambut dalam keadaan basah tak hanya bisa menyebabkan rambut gampang rontok. Mengikat rambut dengan kondisi yang masih basah membuat pori-pori kulit kepala dan helai rambut melemah karena rambut lembap terus-terusan. Akibatnya, ini akan membuat rambut jadi rapuh dan rentan rusak.

Kebiasaan ini juga rentan membuat rambut rentan berketombe dan kulit kepala terasa gatal, karena kurangnya sirkulasi udara pada rambut. Tak hanya itu, kelembaban ini juga bisa memicu munculnya jamur dan bakteri di kulit kepala. Kondisi kulit kepala yang lembap akan bertahan seharian jika Anda mengikat rambut terus-terusan selama beraktivitas. Ini akan menjadi tempat sempurna untuk bakteri berkembang biak sehingga akan meningkatkan risiko iritasi kulit kepala. Bahkan, kondisi ini juga sangat mungkin menimbulkan infeksi jamur pada kulit kepala.

Tips merawat kesehatan rambut jika rambut sering diikat

Coba untuk melakukan model tataan rambut yang lebih bervariasi. Misalnya, hari ini dikunci kuda, besok digerai, lusa dikepang. Tapi ingat jangan mengikat rambut terlalu kuat. Pastikan juga untuk membiarkan rambut tergerai di malam hari. Jangan mengikat rambut saat tidur untuk membiarkan mahkota kepala Anda bernapas sejenak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Here’s What’s Really Happening When Your ‘Hair Hurts’ http://www.huffingtonpost.com.au/2017/02/23/heres-whats-really-happening-when-your-hair-hurts_a_21720420/?utm_hp_ref=au-alopecia diakses 20 Oktober 2017.

The Claim: Tight Braids and Ponytails Can Cause Your Hair to Fall Out http://www.nytimes.com/2004/12/28/health/the-claim-tight-braids-and-ponytails-can-cause-your-hair-to-fall-out.html diakses 20 Oktober 2017.

Why You Should Not Tie Wet Hair? https://www.boldsky.com/beauty/hair-care/2013/why-you-should-not-tie-wet-hair-034233.html diakses 20 Oktober 2017.

While you were sleeping: Expert tips for turning wet hair into a stylish ‘do overnight https://www.today.com/style/how-sleep-wet-hair-wake-glam-hairstyle-yes-its-possible-t5131 diakses 20 Oktober 2017.

https://www.healthline.com/health/traction-alopecia

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 22/10/2017
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x