Benarkah Stiker Jerawat Ampuh untuk Mengobati Jerawat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Stiker jerawat menjadi salah satu produk perawatan jerawat yang banyak dijual di pasaran saat ini. Klaimnya, stiker ini mampu mengempiskan jerawat yang meradang. Lantas, benarkah stiker ini ampuh untuk merawat kulit yang berjerawat?

Jenis stiker jerawat

Stiker jerawat terdiri dari dua jenis, yaitu yang terdapat kandungan obat dan tidak terdapat kandungan obat di dalamnya. Biasanya stiker ini dikemas dalam lembaran tipis yang lengket berwarna bening.

Stiker jerawat yang mengandung obat

Stiker jerawat yang mengandung obat tandanya memiliki bahan aktif yang dimaksudkan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Biasanya, bahan aktif untuk mengobati jerawat ini terdiri dari tea tree oil, benzoil peroksida, dan asam salisilat. Ketiga bahan ini merupakan bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi jerawat secara umum.

Jadi stiker ini bekerja dengan cara menjaga obat pada kulit tetap menempel pada kulit dalam waktu lama (biasanya semalaman). Selain itu, stiker ini menjaga kulit yang berjerawat agar tidak terpapar dari kotoran dari luar dan mencegah bakteri berkembang biak lebih subur di bagian tersebut.

Stiker jerawat yang tidak mengandung obat

Stiker jerawat yang tidak mengandung obat biasanya terbuat dari hidrokoloid cukup tebal yang membantu melindungi jerawat yang sedang meradang. Tak hanya melindungi, Dr. Sandra Kopp, seorang dermatolog di Schweiger Dermatology Group di New York City menyatakan stiker ini juga mampu menyerap cairan berlebih sehingga dapat membuatnya kering lebih cepat.

Jadi walaupun tidak mengandung kandungan obat tertentu yang dapat meredakan jerawat, jenis stiker yang berbahan dasar hidrokoloid ini mampu merawat kulit yang berjerawat dan menghindarkan tangan Anda untuk memegangnya terus menerus yang dapat memperparah peradangan.

Apakah stiker jerawat ampuh untuk mengatasi jerawat?

Dilihat dari jenisnya, stiker jerawat yang tidak mengandung obat atau yang terbuat dari hidrokoloid efektif digunakan untuk jenis jerawat yang menonjol dan bernanah. Hidrokoloid bisa bekerja maksimal untuk menyerap cairan yang nantinya akan membantu untuk mengempiskan jerawat. Jenis jerawat yang tidak memiliki cairan seperti jerawat batu tidak bisa dirawat dengan stiker ini.

Sedangkan untuk jerawat meradang yang tidak mengandung banyak cairan, akan lebih efektif jika Anda menggunakan stiker jerawat yang mengandung obat di dalamnya. Stiker jerawat jenis ini juga biasanya teksturnya lebih tipis dibandingkan dengan hidrokoloid sehingga Anda bisa memakainya sepanjang hari.

Penggunaan di siang hari juga berguna untuk mengurangi paparan langsung sinar UV yang memungkinkan kulit berjerawat mengalami hiperpigmentasi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa stiker ini tidak bisa mengempiskan jerawat dalam satu malam. Diperlukan pemakaian berulang untuk membuat tampilan jerawat Anda lebih baik dari sebelumnya.

Stiker ini mungkin akan bereaksi berbeda-beda di kulit setiap orang. Pasalnya, tidak semua jenis jerawat bisa di atasi oleh stiker, baik yang mengandung obat maupun yang tidak. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengobati jerawat sebenarnya dengan mengonsultasikannya ke dokter. Hal ini dilakukan agar dokter bisa memberikan pengobatan yang tepat berdasarkan jenis jerawat yang Anda miliki.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Banyak yang percaya gadis perawan memiliki ciri-ciri khusus. Tapi bagaimana dengan pandangan medis soal tes keperawanan wanita? Benarkah bisa dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Masker wajah dinilai menjanjikan untuk membuat kulit terasa lebih halus dan bersih. Namun, apa manfaatnya akan sama jika pakai masker wajah setiap hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit