backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

11 Rekomendasi Salep yang Ampuh Hilangkan Panu

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm · Farmasi · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

11 Rekomendasi Salep yang Ampuh Hilangkan Panu

Pernah mengalami bercak putih pada kulit dengan rasa gatal dan bersisik? Bisa jadi Anda mengalami panu. Bercak ini biasanya muncul di dada, punggung, leher, dan lengan atas. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan salep untuk panu.

Cara kami memilih produk

Panu adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan dari jamur Malassezia. Infeksi ini dikenal dalam dunia medis sebagai tinea versicolor atau pityriasis versicolor.

Jenis jamur ini sebenarnya hidup secara alami pada tubuh manusia, tetapi beberapa kondisi tertentu menyebabkan pertumbuhannya berlebihan sehingga menimbulkan gejala.

Beberapa penyebab panu yaitu iklim panas dan lembap, keringat berlebihan, sistem kekebalan tubuh lemak, dan perubahan hormonal.

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengoleskan salep untuk panu. Saat membeli salep, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

  • Periksa bahan aktif obat dan pastikan efektif untuk melawan jamur.
  • Perhatikan bentuk sediaan. Salep atau krim lebih cocok untuk area yang lebih kecil dan terlokalisasi, sedangkan losion atau sampo mungkin lebih sesuai untuk area yang lebih luas atau berbulu.
  • Pilih produk dari merek yang tepercaya dan sudah teruji efektivitasnya. 
  • Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari produk yang mengandung pewangi atau bahan kimia yang keras yang bisa menyebabkan iritasi.
  • Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Kami telah mengumpulkan rekomendasi salep panu yang sesuai dengan aspek di atas. Salep pilihan kami juga efektif dan aman digunakan membasmi panu. 

Pilihan salep untuk panu

Pengobatan scabies cara mengobati kudis

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi salep yang ampuh menghilangkan panu yang mengganggu.

1. Kalpanax Cream

Kalpanax Cream merupakan pilihan untuk mengobati panu. Bahan aktif obat ini yaitu  mikonazol nitrat yang efektif melawan berbagai jenis infeksi jamur.

Kalpanax Cream bekerja dengan mengganggu membran sel jamur, yang penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan jamur. 

Dengan harga sekitar 20 – 30 ribu rupiah per tube, Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek terdekat. Jangan lupa baca instruksi pemakaian pada kemasan terlebih dulu sebelum menggunakannya.

Nomor registrasi BPOM: DTL9711628129A1

2. Salep Kulit 88

Obat panu paling ampuh dan cepat hilang selanjutnya yaitu Salep 88.

Obat oles ini mengandung bahan aktif berupa asam salisilat, sulfur, dan asam benzoat. Ketiga kandungan ini ampuh untuk menghentikan perkembangan jamur.

Manfaat ini tertulis pada salah satu penelitian dalam jurnal Drugs in Context. Penelitian mengatakan kandungan asam salisilat bekerja dengan mengganggu membran sel jamur sehingga jamur sulit berkembang biak.

Selain untuk panu, Salep 88 dapat mengobati infeksi jamur di kulit lainnya, seperti kurap dan kutu air.

Nomor registrasi BPOM: QD191716891

3. Ketoconazole Krim

Ketoconazole adalah salep panu ampuh yang bekerja dengan cara menghambat sintesis ergosterol, komponen penting dari membran sel jamur. 

Dengan menghambat produksi ergosterol, ketoconazole menyebabkan kerusakan pada membran sel jamur, sehingga jamur tidak dapat bertahan hidup dan berkembang biak.

Selain panu, ketoconazole dapat mengobati infeksi jamur pada kulit lainnya, seperti kandidiasis kulit, dermatitis seboroik, kurap, dan kutu air.

Nomor registrasi BPOM: GTL9905027729A1

4. Formyco Krim

Salep panu paling ampuh selanjutnya yaitu Formyco Krim. Obat topikal ini mengandung bahan aktif ketoconazole, yang merupakan antijamur efektif. 

Untuk menggunakannya, pastikan area kulit yang terinfeksi bersih dan kering sebelum mengoleskan krim.

Aplikasikan lapisan tipis Formyco Krim pada area yang terinfeksi dan sedikit di sekitarnya. Gunakan secara teratur hingga tanda infeksi jamur segera sembuh.

Nomor registrasi BPOM: DTL9322213829A1

5. Gajah Salicyl Spiritus

Dengan kandungan asam salisilat dan etanol, Gadjah Salicyl Spiritus merupakan salep buat panu yang cukup ampuh. 

Asam salisilat memiliki sifat keratolitik, yaitu membantu mengelupas lapisan atas kulit mati dan meningkatkan penyerapan bahan aktif lainnya.

Sementara itu, kandungan etanol bertindak sebagai antiseptik untuk membantu membersihkan kulit dari jamur.

Gunakan kapas atau kain bersih untuk mengoleskan Gajah Salicyl Spiritus ke area yang terkena karena obat ini berbentuk cair. 

Nomor registrasi BPOM: QD141612331

6. Daktarin Cream

Daktarin krim merupakan obat oles jamur kulit untuk meredakan panu. Dengan bahan aktif miconazole, obat ini ampuh menghentikan pertumbuhan sel jamur. 

Umumnya Daktarin digunakan dua kali sehari pagi dan malam. Namun, hal ini tergantung pada tingkat keparahan dan kondisi pasien. 

Untuk itu, sebaiknya baca petunjuk penggunaan pada kemasan sebelum menggunakan atau konsultasikan dengan dokter.

Nomor registrasi BPOM: DTL1124401729A1

7. Canesten Cream

Dengan bahan aktif clotrimazole, Canesten Krim termasuk salep panu terbaik. Obat ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan tipis di area yang mengalami infeksi jamur. Baca kemasan terlebih dulu dan keringkan kulit sebelum menggunakannya.

Selain panu, salep Canesten ampuh mengatasi athlete’s foot, kurap, dan kandidiasis kulit.

Nomor registrasi BPOM: DTL1202008629A1

8. Fungiderm Krim

Salep penghilang panu yang ampuh selanjutnya yaitu Fungiderm Krim. Mengandung bahan aktif clotrimazole, Fungiderm bekerja dengan menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu.

Kandungan ini sama efektifnya dengan ketoconazole dan asam salisilat dalam menghentikan pertumbuhan sel jamur.

Apabila Anda terkena kurap, kutu air, jamur di lipatan kulit, atau dermatitis seboroik, Fungiderm juga bisa digunakan untuk meredakan gejalanya.

Nomor registrasi BPOM: DTL8913004429A1

9. Neo Ultrasiline Cream

Neo Ultrasiline Cream merupakan salah satu salep panu terbaik. Kandungan clotrimazole di dalamnya efektif melawan infeksi jamur dengan menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur.

Cara menggunakannya cukup oleskan tipis di area kulit yang terinfeksi jamur. Gunakan secara teratur selama jangka waktu yang direkomendasikan oleh dokter.

Biasanya gejala bisa berkurang 2 – 4 minggu setelah penggunaan. Namun, hal ini tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan panu.

Nomor registrasi BPOM: DTL7808101129A1

10. Heltiskin

Heltiskin adalah krim antijamur topikal yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur.

Dengan bahan aktif betametason dan clotrimazole, salep panu ampuh ini bisa meredakan kurap, kutu air, dan kandidiasis kulit.

Gunakan Heltiskin 2 kali sehari pagi dan malam atau sesuai dengan petunjuk dokter. Biasanya gejala panu akan mereda setelah 3 – 5 hari penggunaan. Namun, tingkat kesembuhan tergantung tingkat keparahan dan kondisi seseorang.

Nomor registrasi BPOM: DKL9913018929A1

11. Omefulvin

Omefulvin adalah obat antijamur yang mengandung bahan aktif griseofulvin yang ampuh obati infeksi jamur pada kulit, rambut, dan kuku.

Griseofulvin adalah agen antijamur yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan dan reproduksi jamur.

Selain untuk panu, obat salep ini redakan kurap, infeksi jamur kuku, dan kutu air.

Obat berbentuk tablet ini harus dibeli dengan resep dokter. Selain itu, dokter akan menentukan dosis dan jangka waktu penggunaannya.

Nomor registrasi BPOM: DKL0616909310B1

Nah, itu tadi adalah beberapa pilihan salep untuk panu yang bisa Anda pilih. Sebelum menggunakan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan.

Dengan begitu, dokter bisa menentukan pilihan mana obat panu yang terbaik sesuai kondisi kesehatan Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm

Farmasi · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan