5 Posisi Menyusui yang Nyaman Bagi Ibu dan Bayi

Oleh Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Menyusui bisa menjadi waktu yang sangat berharga untuk membangun ikatan batin antara ibu dan anak. Meski memang terjadi secara alami, tapi penting juga untuk mencari posisi menyusui yang nyaman untuk Anda berdua. Posisi tubuh ibu yang tepat dapat mencegah pegal atau nyeri punggung selama menyusui, sekaligus membantu bayi menempel sempurna pada puting Anda. Selain itu, posisi yang tepat dapat membuat ASI Anda akan lebih mudah keluar.

Yuk, cari tahu posisi menyusui seperti apa yang tepat untuk Anda.

Yang mana posisi menyusui terbaik untuk Anda dan si kecil?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa variasi posisi menyusui yang paling umum.

1. Posisi bersandar

Sumber: https://www.thebump.com/a/breastfeeding-positions-tips

Posisi ini merupakan posisi alami yang biasanya dilakukan ketika Anda menyusui bayi pertama kali. Kebanyakan ibu menyukai posisi ini karena membuatnya lebih santai saat menyusui. Untuk menerapkan posisi ini, caranya cukup mudah. Sandarkanlah punggung Anda pada sebuah bantal. Kemudian letakkan bayi di atas perut Anda. Anda bisa melakukan posisi menyusui ini di mana saja asalkan ada tempat untuk punggung bersandar.

2. Posisi cradle hold (menimang bayi)

Sumber: https://www.thebump.com/a/breastfeeding-positions-tips

Saat Anda menyusui dengan posisi ini, bayi Anda berbaring dengan nyaman di antara lekukan lengan Anda. Agar Anda dan bayi sama-sama nyaman selama menyusui, cobalah untuk mencari tempat duduk yang nyaman. Setelah itu, topang seluruh tubuh bayi dengan salah satu tangan Anda. Jika perlu, Anda bisa meletakkan bantal atau alas yang empuk di pangkuan Anda. Biasanya posisi ini dilakukan apabila Anda sudah terbiasa menyusui dengan baik.

3. Posisi cross cradle hold

Sumber: https://www.thebump.com/a/breastfeeding-positions-tips

Sama seperti posisi cradle hold, posisikan diri Anda di tempat yang nyaman terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan bayi di atas pangkuan Anda. Bedanya dengan posisi cradle hold, Anda menggunakan kedua tangan dan lengan yang berlawanan dengan posisi kepala bayi Anda untuk menopang kepalanya saat menyusu.

Jadi begini, apabila bayi akan disusui pada payudara sebelah kiri, maka posisikan kepala bayi pada payudara kiri dengan tangan kanan menopang tubuh bayi dan leher bayi. Begitu pula sebaliknya. Posisi ini memudahkan Anda untuk melihat dan mengontrol puting susu pada mulut bayi Anda.

4. Posisi tidur miring

Sumber: https://www.thebump.com/a/breastfeeding-positions-tips

Apabila Anda merasa lelah dengan posisi duduk, posisi tidur miring bisa jadi solusinya. Biasanya posisi ini dilakukan ketika Anda menyusui bayi saat malam hari. Tidak hanya itu, posisi ini juga biasanya dilakukan apabila Anda baru saja mengalami operasi caesar.

Untuk mencoba posisi ini, Anda cukup berbaring miring dan posisi sejajar dengan bayi. Kemudian arahkan kepala bayi ke arah payudara dengan sedikit meringkuk.

5. Posisi koala

Sumber: https://www.thebump.com/a/breastfeeding-positions-tips

Seperti namanya, posisi ini dilakukan sama persis ketika koala sedang menyusi induknya. Namun, apabila Anda ingin mencoba posisi menyusui satu ini, pastikan jika ketika si kecil sudah cukup kuat untuk duduk.

Saat Anda menyusui dengan posisi ini, tempatkan bayi di salah satu paha Anda dengan posisi duduk. Kemudian, hadapkan bayi ke salah satu payudara Anda. Lalu, topang bagian lehernya dengan lembut agar si kecil merasa nyaman saat disusui.

6. Posisi football hold

Sumber: https://www.thebump.com/a/breastfeeding-positions-tips

Posisi ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh, tepatnya di bawah lengan Anda. Lengan yang digunakan adalah lengan pada sisi yang sama dengan payudara yang akan digunakan untuk menyusui. Setelah itu, sangga kepala dan leher bayi Anda menggunakan telapak tangan. Agar lebih nyaman, Anda bisa meletakkan penyangga seperti bantal pada sisi tubuh yang digunakan untuk menyusui.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca